TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK AL-HUDA BUMIAYU DI MASA PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.639Kata Kunci:
Kemandirian Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19Abstrak
Pandemi Covid-19 lalu mengakibatkan perubahan pada pengelolaan sistem pendidikan di Indonesia. Pemerintah memberi kebijakan untuk menerapkan pembelajaran daring (online) agar proses pembelajaran tetap dapat dilaksanakan. Tujuan yang ingin diraih dari penelitian salah satunya agar mengetahui tinggi atau rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa dimasa pembelajaran daring. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif survey. Populasi penelitian antara lain semua siswa kelas XII SMK Al-Huda Bumiayu. Sampel yang diambil 106 siswa dengan memanfaatkan teknik Sampling Jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kemandirian belajar melalui google form. Hasil penelitian menunjukan 77,3% siswa memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi, bisa dilihat dari persiapan sebelum mengikuti pembelajaran seperti membuat jadwal belajar tambahan untuk memenuhi target belajar tercapai, membuat ringkasan materi, mempelajari materi dari berbagai referensi, menganggap tugas yang diberikan guru merupakan tantangan yang harus diselesaikan. Jika dilihat dari jenis kelamin perempuan cenderung memiliki kemandirian yang tinggi dibanding laki-laki sebanyak 55 responden. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat kemandirian belajar dimasa pembelajaran daring dengan kategori tinggi. Meskipun dari keseluruhan siswa mampu secara mandiri mengatur proses pembelajarannya tetapi masih ada sebagian siswa yang masih belum bisa mengatur waktu belajarnya. Guru masih menjadi pusat dalam proses pembelajaran dan mendominasi aktivitas belajar mengajar.
Unduhan
Referensi
Ahmad, F., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring. In Qahar Publisher.
Ali, M., & Asrori, M. (2008). Psikologi Perkembangan Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara,. Hal.
Ciotti, M., Ciccozzi, M., Terrinoni, A., Jiang, W. C., Wang, C. Bin, & Bernardini, S. (2020). The COVID-19 pandemic. In Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences. https://doi.org/10.1080/10408363.2020.1783198
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Firdaus, F. (2020). IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19. Utile: Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009
Handayani, A. S., & Ariyanti, I. (2020). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Disaat Pandemi Covid-19. UrbanGreen Conference Proceeding ….
Kusuma, D. A. (2020). DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF-REGULATED LEARNING) MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504
Marhayani, D. A. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Secara Daring Pada Masa Pademi Covid-19. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia). https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2156
Mariana, D. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Muhali. (2018). Membangun Pendidikan yang Mandiri dan Berkualitas pada Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Onah, D. F. O., & Sinclair, J. E. (2017). Assessing Self-Regulation of Learning Dimensions in a Stand-alone MOOC Platform. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP). https://doi.org/10.3991/ijep.v7i2.6511
Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Epistema. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40129
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE).
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sumarmo, U. (2002). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik Oleh: Utari Sumarmo, FPMIPA UPI. Academia.Edu.
Sundari, S., Fuadi, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Kemandirian Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2233
Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. JKelola: Journal of Islamic Education Management.
Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu.
Yusri, D., Dausat, J., & Yukl, A. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring ( Studi Tentang Model dan Penerapannya di MTs Swasta Zakiyun Najah Sei Rampah ). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten