PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X

Authors

  • Soffi Agrestin Mutiara Sitorus Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Medan, Indonesia
  • Martina Asiati Napitupulu Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.1249

Keywords:

Media Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran LKPD yang dikembangkan pada materi keanekaragaman hayati berdasarkan dosen ahli materi biologi 1 orang, dosen ahli desain 1 orang, dosen ahli pembelajaran 1 orang, tanggapan guru bidang studi biologi 1 orang dan repon peserta didik kelas X sebanyak 36 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli desain, ahli pembelajaran, tanggapan guru bidang studi dan respon peserta didik terhadap media LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi dengan presentase skor 78,84% Layak, penilaian ahli desain dengan presentase skor 85,5% sangat layak, penilaian ahli pembelajaran dengan presentase skor 92,85%sangat layak, tanggapan guru bidang studi biologi menunjukkan skor presentase 5,83%) sangat layak, uji coba kelompok kecil dengan sampel 6 orang presentase skor 91,6% layak dan uji coba kelompok terbatas dengan sampel 36 orang presentase skor 94% sangat layak. Penggunaan media pembelajaran berbasisProblem Based Learning ini sangat efektif, dikarenakan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 49,25% (rata-rata nilai pretest 53,61 dengan rata-rata nilai posttest 80,00 ).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Soffi Agrestin Mutiara Sitorus, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Medan, Indonesia

Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Medan, Indonesia

Martina Asiati Napitupulu, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Medan, Indonesia

Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Medan, Indonesia

References

Ariyani, R. (2021). Model Problem Base Learning Berbantuan Media Serbaneka. Nubin Smart Journal, 1(1), 69–81.

Arwita, W., Amin, M., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2017). Integrating The Social Interaction System Of Dalihan Na Tolu Inti The Problem Based Learning On Biology Subjects To Increase Students Achievement. International Joaurnal Of Science And Research (Ijsr), 1(5). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21275/Art20164342

Awaludin, A., Wibawa, B., & Winarsih, M. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted By Hypermedia-Based E-Book. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 224. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V9i2.23106

Brutu, J. H. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Uin Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. Https://Doi.Org/10.55215/Pedagogia.V14i2.6611

Diani, R., Irwandani, I., Al-Hijrah, A., … Y. Y.-J. P., & 2019, Undefined. (2018). Physics Learning Through Active Learning Based Interactive Conceptual Instructions (Albici) To Improve Critical Thinking Ability. Jurnal.Untirta.Ac.Id.

Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (Pbl) – Qr-Code Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225–236. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V8i1.1894

Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating Augmented Reality Into Problem Based Learning: The Effects On Learning Achievement And Attitude In Physics Education. Computers & Education, 142, 103635. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2019.103635

Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 912–917.

Hardika. (2014). Model Pembelajaran Transformatif Berbasis Learning How To Learn Untuk Peningkatan. Jurnal Madrasah, 06(2), 151–164.

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.

Kamid, K., & Sinabang, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127–139.

Listianah, A., Isdaryanti, B., & Azizah, L. N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas Vb Sdn Bendan Ngisor Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Worldwall. Joyful Learning Journal, 13(1), 9–18.

Marshal, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning. Universitas Negeri Padang.

Maskur, R., Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Kinarya Palupi, E. (2020). The Effectiveness Of Problem Based Learning And Aptitude Treatment Interaction In Improving Mathematical Creative Thinking Skills On Curriculum 2013. European Journal Of Educational Research, 9(1), 375–383. Opgehaal Van Http://Www.Eu-Jer.Com

Ng, K. K., Wang, F. L., Luk, L., & Kwan, R. (2016). Leveraging Education Of Information Technology In Business: The Application Of A Project-Based, Problem-Based, And Flexible Learning Model. International Journal Of Innovation And Learning, 19(4), 377–396. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1504/Ijil.2016.076796

Oktavia, Y., & Zaim, M. (2023). Development Of A Learning Model For Writing Scientific Articles Based On Blended Learning Integrated Creative Problem Solving. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 239–250. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Kembara.V9i1.22787

Purba, E. P., Sinaga, B., Mukhtar, M., & Surya, E. (2017, Oktober). Analysis Of The Difficulties Of The Mathematical Creative Thinking Process In The Application Of Problem Based Learning Model Bt - Proceedings Of The 2nd Annual International Seminar On Transformative Education And Educational Leadership (Aisteel 2017). 266–269. Atlantis Press. Https://Doi.Org/10.2991/Aisteel-17.2017.55

Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. Aksioma, 11(1), 667–682.

Sagala, A. F. H., Mariani, M., & Mansyur, A. (2023). Pengembangan Media Truth Or Dare Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 11 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1571–1581. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V7i2.2336

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 4(3), 281–288. Https://Doi.Org/10.55215/Jppguseda.V4i3.4864

Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability And Self-Efficacy Through Guided Discovery Learning In Local Culture Context. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(1), 61–72. Https://Doi.Org/10.12973/Iejme/3966

Simaremare, J. A., & Purba, N. A. (2021). Teacher’s Competence: Applying The Problem-Based Learning Model Through Academic Supervision. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46966/Ijae.V2i4.203

Situmorang, A. Suarman, Tambunan, H., Purba, Y. J. R., & Purba, K. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Balok Di Kelas Viii Smp Gajah Mada Medan T.P. 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97. Https://Doi.Org/10.29408/Jel.V3i1.317

Sulistyaratih, N. I., Adnan, A., & Sehalyana, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Dan Window Shopping Untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(2), 77–87.

Suryadi, D., Samodra, Y. T. J., Gustian, U., Yosika, G. F., B, P. S., Dewintha, R., & Saputra, E. (2023). Problem-Based Learning Model: Can It Improve Learning Outcomes For Long Serve In Badminton. Edu Sportivo: Indonesian Journal Of Physical Education, 4(1), 29–36. Https://Doi.Org/10.25299/Es:Ijope.2023.Vol4(1).10987

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (Pbl). Buku, 1–92.

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan Rpp Ipa Sekolah Dasar Berbasis Problem-Based Learning Untuk Siswa Learning Disabilities. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 4(2), 191–202.

Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Soal-Soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 9(01), 1–14. Https://Doi.Org/10.24952/Logaritma.V9i01.2782

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.348

Zetriuslita, Z., & Ariawan, R. (2020). Students’ Mathematical Thinking Skill Viewed From Curiosity Through Problem-Based Learning Model On Integral Calculus. Infinity Journal, 10(1), 31. Https://Doi.Org/10.22460/Infinity.V10i1.P31-40

Published

2025-06-24

How to Cite

Sitorus, S. A. M., & Napitupulu, M. A. (2025). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1). https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.1249

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.