PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP MELALUI METODE INKUIRI BEBAS TERHADAP PEMAHAMAM KONSEP KIMIA

Authors

  • Anita Debora Simangunsong Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Hamela Sari Sitompul Universitas Deli Sumatera, Indonesia
  • Golda Novatrasio Sauduran Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1284

Keywords:

Chemo-Entrepreneurship, Ikuiri Bebas, Konsep Kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan anatar pemahaman konsep kimia pada pendekatan chemo-entrepreneurship melalui metode inkuiri bebas; (2) ada tidaknya pengaruh kemampuan pemahaman konsep kimia yang diajarkan dengan pendekatan chemo-entrepreneurship melalui metode inkuiri bebas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau quasi eksperimen, Instrumen penelitian ini menggunkan tes tertulis dengan bentuk tes essay sebanyak 10 soal. Teknik analisis dilakukan dengan membandingkan hasil tes kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Pengujian hipotesis yang dilakukan adalah uji-t pihak kanan dengan α = 0,05 dan dk= n-1. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan chemo-entrepreneurship melalui metode inkuiri bebas dapat mengingkatkan pemahaman konsep kimia mahasiswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis kedua maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep kimia yang diajarkan dengan pendekatan chemo-entrepreneurship melalui metode inkuiri bebas. Kesimpulannya adalah terdapat pemahaman konsep kimia menggunkan pendekatan chemo-entrepreneurship melalui metode inkuiri bebas dari pada pembelajaran konvesional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anita Debora Simangunsong, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Hamela Sari Sitompul, Universitas Deli Sumatera, Indonesia

Universitas Deli Sumatera, Indonesia

Golda Novatrasio Sauduran, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

References

A.M, S. (2019). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Gravindo Persada.

Amelia, M. (2021). Analisis Life Skill Siswa Dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship Pada Materi Asam Basa. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/41943

Ap, A. (2024). Kreativitas Belajar Kimia Dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship. Jawa Pos.

Christiana, L. (2022). Pemanfaatan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Kimia Di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 73–83. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51878/Teacher.V2i1.1112

Dewi, C. A., Anggriani, M., & Pahriah, P. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ctl Berbasis Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Minyak Bumi. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (Lpp) Mandala, 129–141. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.1234/.V0i0.391

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Handaka, A., Sukarmin, S., & Sunarno, W. (2018). Pembelajaran Fisika Melalui Konstruktivisme Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Ipa, 7(2), 190–198.

Haryati, S. P. (2014). Peningkatan Kreativitas Berwirausaha Siswa Kelas Xii Jasa Boga 1 Dalam Pengolahan Limbah Bandeng Sebagai Peluang Usaha Melalui Unit Produksi Di Smk Negeri 3 Pati. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2).

Hayati, I. (2023). Pengembangan Modul Chemo-Entrepreneurship Prodi Pendidikan Kimia Ftk Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Janawi. (2013). Metodologi Dan Pendekatan Pembelajaran. Ombak (Anggota Ikapi).

Kusuma, E., & Siadi, K. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Life Skill Mahasiwa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1).

Mursalin, E. (2020). Peningkatan Minat Kewirausahaan Berbasis Penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Hidrokarbon Berorientasi Chemoentrepreneurship (Cep). Amal: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(01). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33477/Eksy.V2i01.1378

Nirwana, E., & Yenti, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Kimia Dengan Pendekatan Chemo-Enterpreneurship (Cep) Berorientasi Green Chemistry Pada Materi Asam Basa. Jurnal Konfigurasi, 5(1), 49–56. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24014/Konfigurasi.V5i1.14031

Prayitno, M. A., Wijayati, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kimia Berbasis Chemoentrepreneurship (Cep) Terhadap Life Skill Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 686–690.

Rafifa, N., Bakar, A., & Afrida, A. (2019). Pengembangan E-Lkpd Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Materi Pokok Hidrokarbon Untuk Kelas Xi Mia Sma Negeri 5 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Rahayu, R., Fikroh, R. A., Sari, D. R., & Ridzaniyanto, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Bermuatan Chemo-Entrepreneurship Pada Materi Gugus Fungsi Senyawa Karbon. Lantanida Journal, 10(2), 95–108. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Lj.V10i2.14496

Rahmawanna, R., Adlim, A., & Halim, A. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (Cep) Terhadap Sikap Siswa Pada Pelajaran Kimia Dan Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (2), 113–117.

Rezeki, W. (2023). Pengembangan Website Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Materi Koloid. Universitas Jambi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/48685

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sari, M. N. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Chemo-Entrepreneurship (Cep) Pada Materi Laju Reaksi Di Mas Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh. Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Sari, W. P. (2024). Pengembangan Website Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Materi Green Chemistry. Universitas Jambi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/63606

Saselah, Y. R. (2021). Pengembangan Media Pugar Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berorientasi Chemo-Enterpreneurship (Cep) Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 4(2).

Sitompul, H. S, Situmorang, I., & Ginting, Y. F. B. (2023). Application Of Discovery Learning Model To Improve Learning Outcomes In Materials Of Changing Objects In Class V. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(6), 976–982.

Sitompul, Hamela Sari, Situmorang, I., & Tuty, T. (2024). Sustainability Learning: Project Based Learning Integrated Chemo-Entrepreneurship Approach To Understanding Chemistry And Interest In Entrepreneurship. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1355–1361. Https://Doi.Org/10.55681/Jige.V5i2.2712

Supartono. (2006). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kreatifitas Siswa Sma Melalui Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (Cep). Prosiding Seminar Nasional Jurusan Kimia Fmipa Unnes.

Wibowo, T., & Ariyatun, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Berorientasi Chemoentrepreneurship (Cep) Terhadap Kreativitas Siswa Sma Modern Pondok Selamat Pada Materi Kelarutan Dan Ksp (Translation:The Application Of Chemoentrepreneurship-Oriented Learning (Cep) To The Creativity Of Modern Hi. Jtk (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 62–72.

Published

2025-04-28

How to Cite

Simangunsong, A. D. ., Sitompul, H. S. ., & Sauduran, G. N. . (2025). PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP MELALUI METODE INKUIRI BEBAS TERHADAP PEMAHAMAM KONSEP KIMIA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 531–536. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1284

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.