PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Yasica Hana. D Sinaga Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Radode K. Simarmata Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lisbet Novianti Sihombing Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.139

Keywords:

Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 124394 Pematangsiantar Jl. Tongkol T.A 2024/2025.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen yang menggunakan desain “one group pretest posttest design”. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V UPTD SD Negeri 124394 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pilihan berganda.Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (50,40) dan post-test (84,56). Berdasarkan analisis data nilai preteset dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 124394 Jl. Tongkol T.A 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yasica Hana. D Sinaga, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Radode K. Simarmata, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Lisbet Novianti Sihombing, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. Https://Doi.Org/10.31943/Bi.V6i2.105

Basyir, A. A. (2016). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Asimetri, Dan Kapasitas Individu Terhadap Budgetary Slack Pada Skpd Pemerintah Kota Samarinda. Akuntabel: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 13(2), 1–21.

Dadela, R., & Nurhasanah, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fabel Dengan Menggunakan Media Pop Up. Metamorfosis | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 13(1), 56–62. Https://Doi.Org/10.55222/Metamorfosis.V13i1.305

Fajri, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Sd/ Mi. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 46. Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V7i2.477

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fabel Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.339

Harahap, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv Min 5 Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/9733

Hasanah, D. (2019). Meningkatkan Karakteristik Peserta Didik Tentang Pergaulan Bebas Melalui Metode Example Non Examples. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 2(1), 18–25.

Hu, C., & Wu, Z. (2023). Online-Learning-Based Economic Mpc Of Switched Nonlinear Systems. Ifac-Papersonline, 56(2), 2840–2845. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ifacol.2023.10.1398

Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 24–35.

Liana, M., Yanuartuti, S., & Sabri, I. (2023). Proses Kreativitas Yus Wiradiredja Dalam Mengaransemen Pupuh Magatru Raehan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(6), 4156–4165. Https://Doi.Org/10.36418/Syntax-Literate.V8i6.12582

Lidya Natalia Sibarani, Jumaria Sirait, & Martua Reynhat Sitanggang Gusar. (2022). Pengaruh Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Upt Smp Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batu Bara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 5–8. Https://Doi.Org/10.57251/Ped.V2i2.645

Lisnani, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Bagi Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 76–82.

Lubis, T. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Kelas V Sd Negeri 106805 Desa Manunggal Labuhan Deli. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Marsela, C., Hutagaol, M. M., Ginting, A. B., Safitri, J., Afis, L., Sitorus, N., Pangaribuan, S. S., & Gultom, M. G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Dengan Media Game Edukasi Quiziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Natural Sciences, 2(2), 53–61. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34007/Jonas.V2i2.100

Masdar, M. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iii Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Examples Non Examples Di Sdn 010 Bayas Jaya. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 59. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V11i1.8815

Meta Natasia Br Ginting, & Boby Helmi. (2020). Peran Model Pembelajaran Example Nonexample Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 1(2), 88–94. Https://Doi.Org/10.55081/Jumper.V1i2.493

Navaratnam, S., Ngo, T., Gunawardena, T., & Henderson, D. (2019). Performance Review Of Prefabricated Building Systems And Future Research In Australia. Buildings, 9(2), 38. Https://Doi.Org/10.3390/Buildings9020038

Novitasari, L., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ipa. Janacitta, 2(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.35473/Jnctt.V2i1.187

Oktapioni, D. (2019). Pengaruh Metode Talking Stick Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Pengaruh Metode Talking Stick Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/9903

Perdana, I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 290. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V8n2.P290--306

Pröbstl-Haider, U., & Haider, W. (2013). Tools For Measuring The Intention For Adapting To Climate Change By Winter Tourists: Some Thoughts On Consumer Behavior Research And An Empirical Example. Tourism Review, 68(2), 44–55. Https://Doi.Org/10.1108/Tr-04-2013-0015

Putri, L. M., & Ramadhan, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13–30. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V5i1.316

Regianti, A. M., & Nurdyansyah, N. (2023). Pengembangan Media Interaktif Fabel Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Ketrampilan Menulis Peserta Didik. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 70–81. Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.277

Riinawati, R. (2022). Strategy Of Financing Management To Improve The Quality Of Islamic Education Institution. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2757–2768. Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V14i3.1519

Rosulawati, H., Sudirman, A., & Sarengat, S. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3).

Saiful, M. (2019). Pengaruh Model Example Non_Example (Ene) Dan Inside Outside Circle (Ioc) Dalam Pembelajaran Berbantuan Media Audiovisual. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 76–86. Https://Doi.Org/10.24176/Re.V10i1.3885

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V11i4.42052

Saragih, M. A. T. S., Wuriyani, E. P., & Hadi, W. (2020). Development Of Fabel Story Text Teaching Material Base On Local Wisdom For Seventh Grade Student. Proceedings Of The 5th Annual International Seminar On Transformative Education And Educational Leadership (Aisteel 2020), 403–407. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.201124.082

Sari, P. O. W., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 319–325. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i3.19457

Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Panjaitan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4075–4082. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1399

Shuqi, L. I. U. (2024). The Teaching Method Of Fable Class Based On Constructivism Theory In Xing’an Primary School. Siam University.

Suryani, E., Rustono, W. S., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sumber Daya Alam Di Sd. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 100–108.

Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Pencak Silat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jtpi.V6i1.1372

Wahyuni, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pkn Murid Sd Inpres Pallangga Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Https://Doi.Org/Wahyuni, Fitri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pkn Murid Sd Inpres Pallangga Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa.Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Makasar: Universitas Muhammadiyah

Zainal, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sdn 79 Parepare. Mes: Journal Of Mathematics Education And Science, 5(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Mes.V5i2.2544

Published

2025-05-02

How to Cite

Sinaga, Y. H. D., Simarmata, R. K., & Sihombing, L. N. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3). https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.139

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.