ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN: PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1640Keywords:
Education System, Indonesia, MalaysiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis komparatif yang mendalam antara sistem pendidikan di Indonesia dan Malaysia melalui pendekatan studi literatur yang menyeluruh. Dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan, studi ini menyajikan pemahaman komprehensif mengenai perbedaan dan persamaan dalam berbagai aspek penting dari kedua sistem pendidikan. Fokus utama penelitian ini meliputi analisis pada beberapa elemen kunci: pertama, struktur sistem pendidikan di Indonesia dan Malaysia; kedua, tujuan utama pendidikan di masing-masing negara yang dipengaruhi oleh konteks sosial-budaya yang berbeda; ketiga, kebijakan kurikulum yang mencerminkan pendekatan pedagogis dan prioritas pembelajaran di kedua negara; keempat, kebijakan pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional; dan kelima, evaluasi sistem pendidikan masing-masing negara berdasarkan efektivitas dalam mencapai standar pendidikan global. Melalui kajian komparatif ini, diharapkan dapat diperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana setiap negara membentuk sistem pendidikannya dalam menghadapi tantangan kontemporer, sekaligus memberikan rekomendasi kebijakan yang relevan bagi pengembangan pendidikan di kawasan Asia Tenggara.
Downloads
References
Apriansyah, Z. (2024). Telaah Sistem Dan Kebijakan Pendidikan Di Negara Malaysia (Studi Perbandingan Pendidikan). 3.
Awang, S. (2010). Sistem Pendidikan Baru Malaysia: Suatu Pendekatan Holistik-Komprehensif.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1).
Hajri, P. (2023). Kajian Komparasi Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia Dan Malaysia. 14.
Khairunnisa, S. (2023). Perbandingan Sistem Pendidikan Islam Di Negara Indonesia Dan Malaysia.
Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar Di Indonesia Dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146–1156. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1696
Mustika, D., Fitri, A. H., Ananda, A., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2022). Kajian Perbandingan Kebijakan Pendidikan Dasar Di Indonesia Dan Amerika Serika. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4356–4362. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2799
Noor, H. (2022). Implementasi Pendidikan Islam Di Indonesia Dan Malaysia (Studi Komparasi). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 706. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V6i3.1075
Putri, D. D., & Rahayu, S. (N.D.). Sistem Pendidikan Di Negara-Negara ASEAN (Malaysia, Singapura, Filipina Dan Brunei Darussalam).
Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi Kepemimpinan Pendidikan Di Indonesia Dan Malaysia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164. Https://Doi.Org/10.21831/Jamp.V8i2.32362
Sari, E. C. (2022). KURIKULUM DI INDONESIA: TINJAUAN PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN. Inculco Journal Of Christian Education, 2(2), 93–109. Https://Doi.Org/10.59404/Ijce.V2i2.54
Sibuea, H. Y. P. (2017). PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: PERKEMBANGAN DAN TANTANGAN. 22(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten