PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI KELAS VIII

Authors

  • Agnes Lorenza Parapat Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Hotmaida Simanjuntak Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Rince Marpaung Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Lukman Pardede Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Monalisa Siahaan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1701

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Nasionalisme, Mata Pelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berperan dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pancur Batu. Latar belakang dari penelitian ini adalah urgensi penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam menghadapi era globalisasi yang dapat mengancam identitas nasional generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran PPKn memainkan peran signifikan dalam menanamkan sikap nasionalisme pada siswa. Guru turut andil aktif dengan menyampaikan materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari serta menerapakan metode yang interaktif dalam proses pembelajaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap nasionalisme antara lain adalah peran guru, strategi pembelajaran, lingkungan keluarga, pengaruh teman sebaya, serta media sosial. Secara umum, sikap nasionalisme siswa tergolong baik, yang tercermin dari partisipasi mereka dalam kegiatan sekolah bernuansa kebangsaan, penghormatan terhadap simbol negara, serta semangat menghargai kebangsaan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn berperan penting dalam menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme di kalangan siswa. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama yang erat antara guru, orang tua, dan pihak sekolah untuk memperkuat sikap nasionalisme siswa agar mereka tumbuh menjadi warga negara yang mencintai tanah air dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agnes Lorenza Parapat, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Hotmaida Simanjuntak, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Rince Marpaung, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Lukman Pardede, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Monalisa Siahaan, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Adha, M. K., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 917–924. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.2008

Apriani, A.-N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). Pengaruh Living Values Education Program (Lvep) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa Sd Dalam Pembelajaran Tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 1(2), 102–112. Https://Doi.Org/10.30738/Tc.V1i2.1947

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V24i1.17467

Cipta Prakasih, R., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Nilai Nasionalisme Dan Anti Radikalisme Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 294–303. Https://Doi.Org/10.59141/Japendi.V2i02.103

Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). No Title 済無no Title No Title No Title. 76–78.

Dewi, S. M. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Rasa Nasionalisme Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Jurnal Sekolah Dasar, 3(1). Https://Doi.Org/10.36805/Jurnalsekolahdasar.V3i1.407

Habibah, S. M., & Florence, C. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial Indonesia Sebagai Upaya Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 13(2), 88. Https://Doi.Org/10.33172/Jpbh.V13i2.4819

Hamid, S. I., Dewi, D. A., Salsabila, H., Nurnazhiifa, K., & Sati, L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Keberhasilan Pelajaran Pkn Dalam Membangun Rasa Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5288–5295. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1616

Hasibuan, H. A., Handoko, T., Susanti, R. S., & Putra, Y. (2025). Strategi Dan Inovasi Pendidikan Pancasila Abad 21 Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme. Innovative: Journal Of Social Science Research Volume, 5, 4497–4510.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. Https://Doi.Org/10.33369/Juridikdas.4.1.18-23

Hutubessy, F. K., & Engel, J. D. (2019). Sakralitas Nasionalisme Papua: Studi Kasus Pergerakan Aliansi Mahasiswa Papua. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 77. Https://Doi.Org/10.22146/Jps.V6i1.47468

Indriati, D., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2022). Modul Nusantara: Mengembangkan Karakter Mahasiswa Dalam Kelas Multikultural. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(1), 142–147. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i1.46036

Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya Mengatasi Pengaruh Negatif Budaya Asing Terhadap Generasi Muda Di Indonesia. Universitas Slamet Riyadi Surakarta, 23(1), 148–160.

Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P. K. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Adil Indonesia Journal, 1(1).

Nugraha, R. P. (2022). Konstruksi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu “Bendera”). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(3), 290–303.

Priyantoro Widodo, K. (2019). Pasca: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Moderasi Agama Dan Pemahaman Radikalisme Di Indonesia. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 15(5), 9–14.

Putri, V. Z. E. (2019). Representasi Nasionalisme Di Daerah Perbatasan Dalam Film “Tanah Surga... Katanya”. Ilmu Komunikasi, 2(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Lektur.V2i1.15798

Sholihatin, E., Kusnarto, K., & Warsiman, W. (2020). Harmonisasi Nilai-Nilai Bela Negara Dengan Sistem Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Untuk Meningkatkan Nasionalisme. Public Administration Journal Of Research, 2(2), 139–151.

Suargana, L., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Wawasan Kebangsaan Di Era Globalisasi. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 49–58. Https://Doi.Org/10.33061/Jgz.V10i2.5584

Susilawati, T. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Nasionalisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Ppkn Kelas Iv Mi Almadaniyah Jempong Tahun Pelajaran 2019/2020. Uin Mataram. Http://Etheses.Uinmataram.Ac.Id/Id/Eprint/1867

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. Https://Doi.Org/10.20527/Kewarganegaraan.V10i2.9304

Yuliana, A., Hamdani, H., & Suparjan, S. (2022). Deskripsi Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Siswa Kelas Iii Sd Tema 7 Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 4667–4674. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i5.7156

Published

2025-08-24

How to Cite

Parapat, A. L., Simanjuntak, H., Marpaung, R., Pardede, L., & Siahaan, M. (2025). PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI KELAS VIII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1). https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1701

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.