Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Argomuyo Lampung)
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1876Keywords:
Sorogan Method, Understanding Of Fiqh, Islamic Boarding School, Yellow Book, Individual LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi metode sorogan dalam meningkatkan pemahaman materi fikih di Pondok Pesantren Darussalam Argomulyo Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari santri dan ustadz yang terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran sorogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan efektif dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca, menerjemahkan, dan memahami kitab-kitab fikih berbahasa Arab gundul. Interaksi langsung antara santri dan ustadz memberikan ruang klarifikasi materi secara intensif dan mendorong tumbuhnya kepercayaan diri serta kemandirian belajar santri. Faktor pendukung dalam implementasi metode ini mencakup motivasi belajar yang tinggi, kompetensi ustadz, ketersediaan kitab syarah, serta lingkungan belajar yang kondusif. Sementara itu, kendala yang ditemukan meliputi ketidaktertiban waktu, keterbatasan dasar bahasa Arab, dan jumlah ustadz yang terbatas. Temuan ini merekomendasikan agar metode sorogan terus dikembangkan sebagai strategi pembelajaran efektif dalam pendidikan fikih di pesantren.
Downloads
References
Al-Baghdadi, Al-Khatib. (1996). Al-Faqih Wal Mutafaqqih. Hal. 89.
Arifin, Imron. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Universitas Negeri Malang (UM).
Dhofier, Zamakhsari. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3Es.
Dhofier, Zamakhsyari. (1980). The Pesantren Tradition: A Study of the Role of the Kyai in the Maintenance of the Traditional Ideology of Islam in Java. Canberra: Australian National University.
Eliyawati & Widiyati, Evita. (2022). “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Kitab Matan Al-Ghoyah Wattaqrib (Fathul Qorib)”, EL-ISLAM, 4(2), hal. 44.
Faris, Rofiatul Hosna. (2024). “Peran Kiai Pondok Pesantren Dalam Membentuk Sikap Istiqomah Mengaji Santri Di Pondok Pesantren Faidlul Qur’an Bendungrejo”, Multidisciplinary Science, 2(1), hlm. 181–186.
Hosna, Rofiatul. (2013). Pendahuluan. Hal. 1–298.
Hosna, Rofiatul. (2020). “Teori Belajar Mengawal Era Society 5.0”, Journal GEEJ, Vol. VII.
Husna, Ziyada Nailil. (2023). “Konsep Metode Sorogan Pada Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan”, Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), hlm. 142–148. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.843
Mubarok, Muhamad Sofi et al. (2022). Prosiding Mu’tamad Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, hlm. 1582.
Mustafida & Hosna, Rofiatul. (2021). “Pengaruh Internalisasi Nilai Keagamaan Pada Kitab Risalah Al-Mahid Terhadap Pemahaman Fiqih Wanita Santri Putri Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang”, Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 6(2), hlm. 1–6. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i2.417
Solichin, M. M. (2012). Rekonstruksi pendidikan pesantren sebagai character building menghadapi tantangan kehidupan modern. KARSA Journal of Social and Islamic Culture, 58–74.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten