EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU SAKU PPKN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V

Authors

  • Dewi Anzelina Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia
  • Anak Agung Ayu Dewi Sutyaningsih Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia
  • Chindytia Chindytia Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.211

Keywords:

Efektifitas, Buku Saku, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku saku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V SD Negeri 5 Gianyar. Pada hasil penelitian ini, akan dipaparkan kesimpulan berupa rangkuman dari penelitian yang telah dilakukan: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran buku saku dengan pembelajaran konvensional di kelas kontrol sebesar 50,88571, sedangkan rerata motivasi belajar siswa dengan menggunakan buku saku dalam pembelajaran kelas eksperimen sebesar 85,23529 dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media buku saku dalam pembelajaran PPKn.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewi Anzelina, Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia

Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia

Anak Agung Ayu Dewi Sutyaningsih, Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia

Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia

Chindytia Chindytia, Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia

Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Indonesia, Indonesia

References

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Journal Of Natural Science And Integration, 2(2), 70. Https://Doi.Org/10.24014/Jnsi.V2i2.8151

Arifin, A., & Sulkifly, S. (2021). Kesiapan Sekolah Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Di Sma Kota Gorontalo. Student Journal Of Educational Management, 41–56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37411/Sjem.V1i1.878

Dewi, D. A. P. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal For Lesson And Learning Studies, 1(3), 237–242. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V1i3.15387

Hakim, L., & Lefudin. (2020). Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar Ipa Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (Jlpf), 1(01), 1–10. Https://Doi.Org/10.30872/Jlpf.V1i01.85

Harun, A., Asiah, N., Kuswanto, C. W., Iqbal, A., & Diadara, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 349–359. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V12i2.11221

Irfani, S., Riyanti, D., Muharam, R. S., & Suharno. (2021). Rand Design Generasi Emas 2045: Tantangan Dan Prospek Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Kemajuan Indonesia. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2). Https://Doi.Org/10.24832/Jpkp.V14i2.532

Kandia, I. W. (2023). Sejarah Perjalanan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Di Indonesia. Jocer: Journal Of Civic Education Research, 1(2), 65–75.

Kustanto, H., Muazza, M., & Haryanto, E. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 63–69. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1742

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/Article/View/20201%0a

Larasati, S., & Gilang, A. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Wilayah Telkom Jabar Barat Utara (Witel Bekasi). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 5(3), 200. Https://Doi.Org/10.29244/Jmo.V5i3.12167

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 265–271. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i2.966

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2021.V37.I1.P54-61

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 212–221. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V6i2.20294

Mierrina, M. (2018). Bimbingan Konseling Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus: Model Konseling Inklusi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(1), 19–34. Https://Doi.Org/10.29080/Jbki.2018.8.1.19-34

Na’im, Z., & Fakhru Ahsani, E. L. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 32–52. Https://Doi.Org/10.37411/Pedagogika.V12i1.621

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223. Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika/Article/View/2990

Nurfadillah, S., Shadiqa, C. D., Hasri, T. N., Amanda, M., Syafitri, H. A., & Tantular, L. D. (2022). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Pada Siswa Sd Negeri Sudimara Timur 2 Kota Tangerang. Tsaqofah, 2(6), 587–596. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58578/Tsaqofah.V2i6.626

Paranita, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Mewujudkan Good Citizenship Di Perguruan Tinggi Islam. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 4(1), 35–46.

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V2i1.37

Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2017). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Quantum Learning Di Sekolah Dasar. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 26. Https://Doi.Org/10.24127/Bioedukasi.V8i1.833

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 3(2), 197. Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V3i2.880

Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5994–6004. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.2953

Widodo, B., & Nugraha, Y. (2023). Internalisasi Pendidikan Qurani Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membentuk Karakter Religius Warga Negara Di Era Digital. Civics: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 360–370.

Wijaya, A. K., Gitono, U., & Adha, M. M. (2020). Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Role Playing Untuk Pengembangan Keterampilan Intelektual Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura, 1(2), 130–139.

Published

2024-12-22

How to Cite

Anzelina, D., Dewi Sutyaningsih, A. A. A. . ., & Chindytia, C. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU SAKU PPKN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 336–343. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.211

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.