PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Delgloriam Nababan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Lukman Pardede Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Monalisa Marta Siahaan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Hotmaida Simanjuntak Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Kondios Pasaribu Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.235

Keywords:

Penggunaan Teknologi Digital, Pembelajaran Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Keterlibatan Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMP Perintis Bersama Sejahtera Medan Amplas. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pesatnya perkembangan teknologi informasi yang digunakan dalam pemanfaatan secara utama dalam dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain eksperimen semu, melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran umum. Data mengenai hasil belajar dikumpulkan melalui sesudah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang penting antara kedua kelompok, di mana siswa yang mengikuti pembelajaran dengan bantuan teknologi digital menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan metode umum. Selain itu, penggunaan teknologi digital juga terbukti dapat meningkatkan pemahaman materi, motivasi belajar, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan teknologi digital dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat sekolah menengah pertama.Penelitian ini meneliti penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII, VIII, IX di sekolah SMP Perintis Bersama Sejahtera Medan Amplas sebanyak 43 siswa diambil dengan cara menghitung langsung yang terdiri dari 3 Ruangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Delgloriam Nababan, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Lukman Pardede, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Monalisa Marta Siahaan, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Hotmaida Simanjuntak, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Kondios Pasaribu, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Ahmad, A. F., & Amin, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 109–125. Https://Doi.Org/10.18860/Dsjpips.V1i2.1488

Anti, D. R., Andriani, S., & Budiman, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (Ioc) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Mts Mathla’ul Anwar Panjang. Journal Of Mathematics Education And Science, 5(2), 87–92. Https://Doi.Org/10.32665/James.V5i2.301

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35

Fakhrurrazi, Nurhafni, Ula, M., Setiawan, A. L., & Arpika, A. M. (2023). Pelatihan Dan Pengelolaan Teknologi Informasi Berkelanjutan Dalam Peningkatan Pengembangan Desa Digital Pada Bidang Pelayanan Publik Dan Kearsipan Di Gampong Reuleut Timur. Ajad : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 213–221. Https://Doi.Org/10.59431/Ajad.V3i3.196

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.

Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V7i1.1942

Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (Ai) Sebagai Respon Positif Mahasiswa Piaud Dalam Kreativitas Pembelajaran Dan Transformasi Digital. Ijigaed: Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44–56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32332/Ijigaed.V4i1.7878

Ma’arif, A. I., & Nursikin, M. (2024). Pendidikan Nilai Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 326–335. Https://Doi.Org/10.59698/Afeksi.V5i2.254

Mardinata, E., Cahyono, T. D., & Muhammad Rizqi, R. (2023). Transformasi Digital Desa Melalui Sistem Informasi Desa (Sid): Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Kesejahteraan Masyarakat. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 73–81. Https://Doi.Org/10.38043/Parta.V4i1.4402

Maryam, S., & Fatmawati, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Iklan, Slogan, Poster Kelas Viii Smpn 2 Siak Kecil. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1052–1062. Https://Doi.Org/10.30605/Onoma.V10i1.3435

Musta’in, M. M. (2022). Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Dan Kemandrian Masyarakat Era Society 5.0 Editor: Agung Anggoro Seto (Number March).

Nas, S. (2019). Pengaruh Adversity Quotient, Motivasi Belajar, Dan Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smpn Se-Kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30605/Pedagogy.V3i2.1191

Nasrah, N., & Muafiah, A. M. A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 207–213.

Prayuda, R. Z. (2022). Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah Pada Era Digital : A Mini Review Article. International Journal Of Social, Policy And Law, 3(1), 13–18.

Prema Swandewi, N. P., Wisna Ariawan, I. P., & Gede Erni Sulindawati, N. L. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Literasi Digital, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sosial Teknologi, 4(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsostech.V4i1.1094

Purba, N. A., Pane, E. P., Saragih, V. R., & Surbakti, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Guru Se-Kecamatan Jorlang Hataran Melalui Penguatan Literasi Teknologi Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Ikra-Ith Abdimas, 7(3), 59–66.

Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Pbl Pada Muatan Ipa Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(1), 155–163. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i1.47031

Saefullah, A., Aisha, N., Lesmana, A. S., Holiza, N. E., & Ibad, K. (2023). Peran Orang Tua, Masyarakat Dan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sdn 03 Sukadana. Journal On Education, 5(4), 13057–13066. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i4.2305

Seftiani, D. S., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6412–6418. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3223

Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 177–193. Https://Doi.Org/10.36406/Jam.V16i02.241

Subagio, L., Karnasih, I., & Irvan, I. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery-Learning Dan Problem-Based-Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 15–26. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jpmr.V6i2.15733

Wulandari, W., & Sakti, H. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 70–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jtp.V4i1.2260

Published

2025-06-24 — Updated on 2025-10-13

How to Cite

Nababan, D., Pardede, L., Siahaan, M. M., Simanjuntak, H., & Pasaribu, K. (2025). PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3). https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.235

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.