PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Christina Hasibuan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Asahan, Indonesia
  • Anim Anim Pendidikan Profesi Guru, Universitas Asahan, Indonesia
  • Erika Aritonang SMP Negeri 2 Kisaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.238

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Penelitian ini dilakukan di kelas IX-3 pada SMP Negeri 2 Kisaran selama 2 siklus dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Project Based Learning. Peningkatan ini ditunjukkan melalui peningkatan skor tes kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata meningkat dari 30 pada Parsiklus menjadi 65 pada siklus I, dan mencapai 82 pada siklus II, serta pengamatan terhadap partisipasi aktif dan kemampuan analisis peserta didik selama kegiatan proyek. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Christina Hasibuan, Pendidikan Profesi Guru, Universitas Asahan, Indonesia

Pendidikan Profesi Guru, Universitas Asahan, Indonesia

Anim Anim, Pendidikan Profesi Guru, Universitas Asahan, Indonesia

Pendidikan Profesi Guru, Universitas Asahan, Indonesia

Erika Aritonang, SMP Negeri 2 Kisaran, Indonesia

SMP Negeri 2 Kisaran, Indonesia

References

Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik: Dampak Pjbl-Stem Pada Materi Ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 7(2), 158–170. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V7i2.42441

Anjarini, D. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilomiah Geografi Sma. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/Id/Eprint/62404

Aprianti, N. P. C. D. … Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Mengwi Badung Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10738

Arikunto, S. … Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Pt Bumi Aksara.

Ariyanto, M. … Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jgk (Jurnal Guru Kita), 2(3), 106–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Jgk.V2i3.10392

Avico, I. … Putri, D. H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Cooperative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Di Sman 1 Kepahiang. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 17–24. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.2.1.17-24

Fahrezi, I., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408.

Fitri, H. … Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal Of Education, 3(1), 7. Https://Doi.Org/10.26737/Jpmi.V1i1.76

Kamaruddin, I. … Sri Sudewi Maschun Sofwan Kawasan Sentiong Kec Sungai Bungkal, J. D. (2024). Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis. Journal On Education, 06(03), 17734–17743.

Nida Winarti … Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i3.2419

Patri, N. K. (2019). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Ika, 17(1), 34–49.

Permana, E. P. (2015). Penerapan Metode Problem Solving Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1). Https://Doi.Org/10.29407/Jpdn.V1i1.152

Purwanti, P. … Dewi, R. S. I. (2022). Application Of Project Based Learning Model For Class V Students Theme 5 Sub Theme 1 Ecosystem Materia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Ritonga, N. … Zega, Y. K. (2021). Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. Jurnal Shanan, 5(1), 29–42. Https://Doi.Org/10.33541/Shanan.V5i1.2622

Rusmansyah, R. … Sofia, H. N. (2023). Improving Students’ Scientific Literacy And Cognitive Learning Outcomes Through Ethnoscience-Based Pjbl Model. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 4(1), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V4i1.382

Sergeeva, N., & Kortantamer, D. (2021). Enriching The Concept Of Authentic Leadership In Project-Based Organisations Through The Lens Of Life-Stories And Self-Identities. International Journal Of Project Management, 39(7), 815–825. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijproman.2021.09.001

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(2). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V3i2.117

Sumarni, W. … Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1).

Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V1i2.10141

Syahputra, W. I., & Sinaga, B. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Kognitif: Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 4(1), 1–26.

Unaenah, E., & Rahmah, N. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 1–12.

Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 280138.

Published

2024-10-23

How to Cite

Hasibuan, . C. ., Anim, A., & Aritonang, E. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 396–404. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.238

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.