SEQUENCER SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS PADA MUSIK IRINGAN IBADAH GEREJA KARISMATIK DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.348Keywords:
Sequencer, kreativitas, musik gereja, gereja KarismatikAbstract
Sequencer merupakan program aplikasi yang memiliki kemampuan untuk merekam, mengedit dan memutar kembali data yang sudah masuk berbentuk MIDI ataupun audio. Alat-alat yang harus dipersiapkan dalam menunjang penggunaan sequencer adalah laptop, sound card, MIDI controller, speaker monitor, headphone dan alat-alat musik yang ingin dimasukkan ke dalam layer sequencer. Musisi gereja dapat mengoptimalkan penggunaan sequencer dalam hal; (1) media kreatif; (2) iringan musik; (3) menciptakan suasana musik dalam ibadah; (4) sebagai layer tambahan atau sebagai backing layer; dan (5) sebagai acuan tempo atau metronome
Downloads
References
Akbar, M. A., & Latif, B. (2023). Penerapan Rudiment Pada Teknik Ghost Note Dalam Lagu Hungry Ghost Karya Dari Grup Mehliana. Idea: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(2). Http://Repo.Isi-Dps.Ac.Id/Id/Eprint/4206
Ambaraningrum, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop" Thamrin Coffee" Melalui Bauran Pemasaran. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2). Https://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Sldrts/Article/View/6601
Artista, L. J. (2024). Strategi, Kreativitas, Dan Kompetensi Teknis Musisi Muda Dalam Penggunaan Daw Di Era Digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 13063–13071. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V5i6.39651
Azis, W. P. (2022). Proses Kreatif Aditya Pratama Dalam Karya Aransemen Lagu Buah Kawung. Swara, 4(3), 57–68.
Christianus, B. A. G., I Komang, D., & Ni Wayan, A. (2022). Pembuatan Musik Bumper Dan Ilustrasi Program Acara Grand Final Brtv Bali Tv 2021. Http://Repo.Isi-Dps.Ac.Id/Id/Eprint/4752
Crispin, A. R. (2024). Virtual/Augmented Reality: Konsep, Implementasi Dan Pengujian. Publish Buku Unpri Press Isbn, 1(2). Https://Doi.Org/10.51622/Pengabdian.V2i1.192
Erlangga, D. M., Hernanda, A. H., & Pamungkas, B. (2024). Penggunaan Ableton Live Dalam Proses Kreatif Lagu Elegi Sijobang Karya Sako Serikat. Journal Of Music Education And Performing Arts, 4(2), 60–74.
Eunike Sihombing, C. (2021). Kreativitas Direktur Musik Pada Gereja Bethel Indonesia Keluarga Allah Yogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Http://Digilib.Isi.Ac.Id/Id/Eprint/9705
Gan, C. B. A., Darmayuda, I. K., & Ardini, N. W. (2022). Pembuatan Musik Bumper Dan Ilustrasi Program Acara Grand Final Brtv Bali Tv 2021. Melodious : Journal Of Music, 1(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.59997/Melodious.V1i1.1790
Gigin Hananta, F. (2023). Pergeseran Instrumentasi Dan Karakteristik Musik Dangdut Era Digital Di Jawa Timur. Repertoar Journal, 4(1), 14–25. Https://Doi.Org/10.26740/Rj.V4n1.P14-25
Hendrawan, D. (2024). Peran Penggunaan Sequencer Dalam Pertunjukan Musik Langsung Band Nineteenninex. Journal Of Music Science, Technology, And Industry, 7(2), 170–178. Https://Jurnal.Isi-Dps.Ac.Id/Index.Php/Jomsti/Article/View/3053
Karyawanto, H. Y., Widodo, W., Wahyudi, A., & Chayono, A. (2023). Pelatihan Musik Sequencer Menggunakan Virtual. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 350–355.
Latif, B., & Akbar, M. A. (2023). Metric Modulation Untuk Solo Drumset Pada Lagu Synergy Karya Anika Nilles. Idea: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(2).
Lestari, C., Kom, S. I., Lestari, M. I. K. C., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2023). Memahami Praktek Produksi Audio Orang Dengan Gangguan Penglihatan. Pro Film Jurnal, 4(4), 92–111. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56849/G36t7t61
Lyrananda, K. S., & Syahputri, N. I. (2022). Pembuatan Rpg Horror Survival Game Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia Menggunakan Unity Dan C. Snastikom, 1(01), 304–311.
Naramessakh, A. A. (2022). “Amazing Joy”: Sebuah Kolaborasi Musikal Dari Musik Gospel Dan Musik Sasando Sebagai Refleksi Dari Roma 15: 7-13. Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest.
Natalia, L. (2022). Pemanfaatan Kaleng Bekas Sebagai Media Kreativitas Anak Sekolah Minggu Kelas Kecil Di Gereja Toraja Jemaat Tonglo. Institut Agama Kristen Negeri (Iakn) Toraja.
Ni Luh Putu, D. A. M., Ketut, S., & Desak Made, S. L. (2021). Infinite: Visualisasi Kisah Cinta Jayaprana Dan Layonsari Ke Dalam Garapan Musik.
Nugroho, T. D. S. (2024). Produksi Musik Digital Dalam Kurikulum Pembelajaran Smk Seni Musik. Sendikraf Jurnal Pendidikan Seni Dan Industri Kreatif, 5(1), 25–31. Https://Doi.Org/10.70571/Psik.V5i1.130
Panggabean, A., & Simangunsong, E. (2021). Media Digital Dan Musik Ibadah Di Gereja Pada Masa Pandemi. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 58–65. Https://Doi.Org/Http://Digilib-Iakntoraja.Ac.Id/Id/Eprint/2508
Pusung, J. R. E., Suweca, I. W., & Wiyati, W. S. (2022). Senja: Komposisi Musik Pop Senja. Melodious : Journal Of Music, 1(1), 28–42. Https://Doi.Org/10.59997/Melodious.V1i1.1793
Setiawan, H. (2021). Penggunaan Software Musik Fruity Loops Dalam Pertunjukan Musik (Troya Band). Universitas Islam Riau.
Setiawati, H. M. P., Octavianus, S., & Sari, D. N. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pengajaran Sekolah Minggu Di Gereja Kemah Tabernakel, Bumiayu, Salatiga. Jurnal Efata: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 8(1), 59–70. Https://Doi.Org/10.47543/Efata.V8i1.58
Sinaga, J. C., Prasetyo, R. A., & Prakosa, M. B. (2023). Efek Penerapan Teknik Legato Terhadap Karakter Suara Gitar Pada Lagu Edm (E-Dependent Mind). Idea: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1). Http://Eprint.Hits.Ac.Id/Id/Eprint/68
Welly, A., & Dermawan, W. (2025). Eksperimentasi Penciptaan Musik Tari The Body And Society. Jurnal Dance And Art, 2(01), 7–16.
Winyana, I. N., Sukadana, I. W., Sudiarsa, I. W., & Widiantara, I. K. A. (2024). Metode Pembelajaran Tabuh Baleganjur Dengan Media Fruity Loops Studio Di Banjar Tiying Tutul Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Widyanatya, 6(2), 14–29.
Witin, B. L. (2023). Telaah Kritis Fl Studio Dalam Perspektif Autentisitas Menurut Heidegger. Iftk Ledalero. Http://Repository.Iftkledalero.Ac.Id/Id/Eprint/1672
Yudhistira, I. G. R., Wiyati, W. S., & Sudirana, I. W. (2021). Pentagram: Komposisi Musik Hibrid Dengan Konsep Modulasi Berbentuk Pentagram. Journal Of Music Science, Technology, And Industry, 4(2), 279–292. Https://Doi.Org/10.31091/Jomsti.V4i2.1798
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten