HUBUNGAN SELF CONCEPT DENGAN SELF CONFIDENCE PADA GENERASI Z PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.911Keywords:
self Concept, Self Confidence, Aplikasi TiktokAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Self Concept Dengan Self Confidence Pada Generasi Z Pengguna Aplikasi Tiktok Di Medan. dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Terdapat korelasi positif yang signifikan antara konsep diri (self concept) dan kepercayaan diri (self confidence) dengan koefisien korelasi sebesar 0.721 dan nilai signifikansi p = 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa semakin positif self concept seseorang, semakin tinggi pula self confidence yang dimiliki. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan self concept dalam meningkatkan self confidence di kalangan generasi muda. Mayoritas responden menunjukkan tingkat self confidence yang sedang (67.3%) dan self concept yang positif (62.8%). Ini menunjukkan bahwa meskipun banyak responden merasa percaya diri, masih ada ruang untuk meningkatkan kedua aspek tersebut. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa generasi Z memiliki potensi yang baik, namun perlu dukungan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.Pada variabel self concept, mayoritas responden berada pada kategori positif, khususnya pada aspek Harapan (77,7%). Ini menunjukkan bahwa Gen Z memiliki optimisme dan pandangan yang positif terhadap tujuan hidup mereka. Meskipun demikian, ditemukan pula bahwa aspek Penilaian memiliki persentase negatif tertinggi (35%), yang mengindikasikan adanya kerentanan terhadap kritik atau evaluasi diri yang negatif. Dalam kategorisasi status/pekerjaan, kelompok pekerja menunjukkan persentase self confidence kategori rendah yang lebih tinggi (28,9%) dibandingkan kelompok lain, sementara kelompok pengangguran justru memiliki persentase self confidence tinggi yang paling besar (33,3%).
Downloads
References
Andhini, D. P., Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Concept Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 879–891. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V4i2.352
Anis, M., & Anwar, C. (2020). Self-Organized Learning Environment Teaching Strategy For Elt In Merdeka Belajar Concept For High School Students In Indonesia. Jees (Journal Of English Educators Society), 5(2), 199–204. Https://Doi.Org/10.21070/Jees.V5i2.869
Ashari, N. (2021). Konsep Diri Waria (Fenomena Waria Di Akademi Pariwisata Makassar). Jiva : Journal Of Behavior And Mental Health, 2(2). Https://Doi.Org/10.30984/Jiva.V2i2.1769
Azwar, B. (2022). Peran Layanan Konseling Realitas Untuk Membangun Kepercayaan Diri Warga Binaan Mantan Pemakai Narkoba Di Lapas Klas Ii A Curup. Konseling Edukasi : Journal Of Guidance And Counseling, 6(2), 183–211. Https://Doi.Org/10.21043/Konseling.V6i2.15842
Bin Muhammad Yusoff, M. F. (2023). Tracing The Tracts Of Qaṣaṣ: Towards A Theory Of Narrative Pedagogy In Islamic Education. Religions, 14(10). Https://Doi.Org/10.3390/Rel14101299
Cahyani, R. T. (2021). Symbolic Interactions Among Gamers In The Community Of Call Of Duty Mobile Zombiesky E-Sport (A Study Of Interpersonal Communication). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 46–60. Https://Doi.Org/10.35326/Medialog.V4i2.1131
Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V1i1.5
Ellinger, J., Mess, F., Bachner, J., Von Au, J., & Mall, C. (2023). Changes In Social Interaction, Social Relatedness, And Friendships In Education Outside The Classroom: A Social Network Analysis. Frontiers In Psychology, 14(February), 1–12. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2023.1031693
Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Confidence Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Desa Sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: Powermathedu, 1(2), 139–148. Https://Doi.Org/10.31980/Powermathedu.V1i2.2226
Hawkins, R. (2021). The Use Of Drama To Help Children Build Confidence And Self Image. Https://Digitalscholarship.Tsu.Edu/Frj/21
Jones, J. M. (2016). The Looking Glass Lens: Self-Concept Changes Due To Social Media Practices. The Journal Of Social Media In Society, 4(1), 100–125.
Kannangara, C. S., Allen, R. E., Waugh, G., Nahar, N., Noor Khan, S. Z., Rogerson, S., & Carson, J. (2018). All That Glitters Is Not Grit: Three Studies Of Grit In University Students. Frontiers In Psychology, 9(Aug), 1–15. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2018.01539
Laman, I., Ma’ruf, M. A., Sakka, R., & Meidiyansyah, W. (2023). Pengaruh Fatherless Terhadap Akhlak Anak Dalam Kajian Hukum Keluarga Islam. Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam, 10(2), 135–158. Https://Doi.Org/10.24252/Al-Qadau.V10i2.39203
Legere, A., & Kang, J. (2020). The Role Of Self-Concept In Shaping Sustainable Consumption: A Model Of Slow Fashion. Journal Of Cleaner Production, 258, 120699. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Jclepro.2020.120699
Namaziandost, E., & Çakmak, F. (2020). An Account Of Efl Learners’ Self-Efficacy And Gender In The Flipped Classroom Model. Education And Information Technologies, 25(5), 4041–4055. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-020-10167-7
Nederhand, J., Bekkers, V., & Voorberg, W. (2016). Self-Organization And The Role Of Government: How And Why Does Self-Organization Evolve In The Shadow Of Hierarchy? Public Management Review, 18(7), 1063–1084. Https://Doi.Org/10.1080/14719037.2015.1066417
Novianti, R., & Merida, S. C. (2021). Self-Concept Dengan Citra Tubuh Pada Mahasiswi. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 11. Https://Doi.Org/10.30872/Psikostudia.V10i1.4516
Oktaviana, M., & Kristinawati, W. (2022). Self Disclosure Dengan Resiliensi Pada Remaja Dengan Orang Tua Tunggal. Jurnal Ilmiah Psyche, 16(2), 83–92. Https://Doi.Org/10.33557/Jpsyche.V16i2.2093
Peiffer, H., Ellwart, T., & Preckel, F. (2020). Ability Self-Concept And Self-Efficacy In Higher Education: An Empirical Differentiation Based On Their Factorial Structure. Plos One, 15(7), E0234604. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0234604
Putri, D. R., Nasir, F., & Maharani, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Pada Materi Spldv. Jarme: Journal Of Authentic Research On Mathematics Education, 5(1), 55–65.
Sari, M., & Oktafia, M. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Knisley Berbasis Kontruktivisme Dalam Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 18–26. Https://Doi.Org/10.30605/Proximal.V7i1.4283
Sergeeva, N., & Kortantamer, D. (2021). Enriching The Concept Of Authentic Leadership In Project-Based Organisations Through The Lens Of Life-Stories And Self-Identities. International Journal Of Project Management, 39(7), 815–825. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijproman.2021.09.001
Simanjuntak, M., Sitepu, C. P., Ginting, P. V. B., & ... (2023). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Outcome Based Education (Obe) Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Smp Negeri …. Innovative: Journal Of …, 3, 7013–7027.
Suherman, D. P., Purwianingsih, W., & Diana, S. (2018). Analisis Hubungan Self-Efficacy Dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Berdasarkan Gender Pada Konsep Genetika. Assimilation: Indonesian Journal Of Biology Education, 1(1), 14–20. Https://Doi.Org/10.17509/Aijbe.V1i1.11450
Tiwari, M., Narula, S., & Mathur, G. (2022). Looking-Glass-Self: Tale Of Happiness, Self-Esteem, And Satisfaction With Life Among Transgender From Kinner Community. Journal Of Public Affairs, 22(3), 1–9. Https://Doi.Org/10.1002/Pa.2519
Utami, W. B., Dewi, A. P., & Widodo, S. A. (2024). Students’ Errors In Problem-Solving Reviewed From The Perspective Of Math Resilience. Johme: Journal Of Holistic Mathematics Education, 8(1), 59. Https://Doi.Org/10.19166/Johme.V8i1.8230
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N., Pramiarsih, E., & Mariani, M. (2020). Integration Of E-Learning For Mathematics On Resource-Based Learning: Increasing Mathematical Creative Thinking And Self-Confidence. International Journal Of Emerging Technologies In Learning (Ijet), 15(6), 60–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten