LITERATUR REVIEW : POLA ASUH ORANG TUA UNTUK MENUNJANG PERKEMBANGAN ANAK TERHADAP IDENTITAS REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1172Kata Kunci:
Pola Asuh, Remaja, Identitas Diri.Abstrak
Remaja merupakan sosok yang sedang dalam keadaan rasa ingin tahu yang tinggi dan sedang berada di fase mencari identitas dirinya. Orang tua mempunyai peranan penting dalam cara remaja mencari jati diri dan kemandiriannya. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk memahami model-model pola asuh untuk mendukung pembentukan identitas remaja. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa model orang tua yang mengoptimalkan jati diri remaja adalah pola asuh otoritatif, pola asuh yang sabar, orang tua dinilai lebih demokratis dalam berkomunikasi, memberikan remaja kemandirian dalam berpikir dan bertindak serta berinvestasi dalam hal-hal yang menyangkut kehidupannya dan generasi muda sebagai pusat pendidikan keluarga. Metode yang digunakan dalam pembuatan artikel ini adalah literature review dengan mengumpulkan beberapa jurnal sebagai sumber. Pembentukan identitas dan kemandirian bukanlah proses individual melainkan proses bersama dan saling bergantung dimana remaja dan orang tuanya ikut ambil bagian. Gaya pengasuhan yang berbeda mempunyai peranan yang berbeda pula dalam pembentukan identitas seorang remaja.
Unduhan
Referensi
Adijanti. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Perilaku Menjalin Persahabatan Pada Remaja Di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 20–29.
Agustriyana, N. A. (2017). Fully Human Being Pada Remaja Sebagai Pencapaian Perkembangan Identitas. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 2(1), 9.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102.
Dasril. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sosial Anak Usia Dini dan Implikasinya Dalam Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133.
Ernawati, J. (2011). Faktor-Faktor Pembentuk Identitas Suatu Tempat. Local Wisdom-Jurnal Ilmiah Online, III(2), 1–9.
Hijrianti, S. (2020). Tinjuan Yuridis Normatif Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Zenith Carnopen yang Dilakukan oleh Remaja. Jurnal Sagacious, 6(2), 15–28.
Hubbul. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Medan Agama, 12(2), 57.
Nurhayati T. (2016). Perkembangan Perilaku Psikososial pada masa Pubertas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Permatasari, B. I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motovasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MtsN Se-Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 1–8.
Putri. (2023). Pengaruh Penggunaan Financial Technology, Gaya Hidup dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 51–72.
Retno. (2017). MODEL KOMUNIKASI TEMAN SEBAYA. Aspikom, 3(3), 447–456.
Rochaniningsih, N. S. (2014). Dampak Pergeseran Peran Dan Fungsi Keluarga Pada Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 59–71.
Rohmi. (2019). Akulturasi dan asimilasi dalam konteks interaksi antar etnik. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(1).
Soares, S. (2015). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Happiness Pada Remaja Panti Asuhan. JIPT, 3(1).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.
Sumanto. (2014). Psikologi perkembangan. In Media Pressindo.
Vira. (2017). Dinamika penerimaan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. 4(1), 18–23.
Yulianto. (2017). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas. Interaksi-Online, 1(2), 1–12.
Yuliati. (2022). Kecemasan, Efikasi Diri Akademik, Motivasi Belajar: Analisis Jenis Kelamin pada Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 15(3), 251–263.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten