PERBANDINGAN METODE MAUT DAN OCRA DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU BERPRESTASI DENGAN PEMBOBOTAN ROC (SDN 101883 PASAR XIII)

Penulis

  • Taufan Sitanggang Universitas Budi Darma, Sumatera Utara, Indonesia
  • Berto Nadeak Universitas Budi Darma, Sumatera Utara, Indonesia
  • Fadlina Fadlina Universitas Budi Darma, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1547

Kata Kunci:

Perbandingan, SPK, MAUT, OCRA.

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi dalam Menentukan Guru Berprestasi sering muncul suatu kendala yaitu kurang efektifnya hasil yang didapat ataupun hasil yang diperoleh dalam melakukan pemilihan guru berprestasi dikarenakan perhitungan nilai dari beberapa guru yang sering salah dan terkadang juga pihak sekolah sering melakukan kecurangan dalam pemberian nilai dikarenakan faktor sogokan dari peserta guru yang akan dipilih. Maka solusi yang dapat memecahkan masalah ialah menggunakan Metode MAUT dan OCRA dengan menggunakan Pembobotan ROC dalam Sistem Pendukung Keputusan. Dengan mencari nilai tertinggi hingga terendah. Hasil Nilai dari metode MAUT (0,00610) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai dari metode OCRA (0,00243). Dalam konteks ini, nilai yang lebih rendah biasanya menunjukkan hasil yang lebih optimal atau lebih baik sesuai dengan kriteria yang digunakan. Secara keseluruhan, hasil dari OCRA menunjukkan nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan MAUT, yang dapat menunjukkan bahwa metode OCRA memberikan solusi yang lebih optimal atau lebih baik dalam konteks yang diukur. Namun, pemilihan metode terbaik juga harus mempertimbangkan konteks spesifik dan kriteria evaluasi yang relevan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362

Apriani, W. (2019). istem Pendukung Keputusan Pemilihan Pimpinan Dengan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) di PT. Sagami Indonesia. Jurnal Mantik Jurnal Mantik, 3(2), 10–19.

Bakar, M. Y. A., Nayyiroh, A. A., & Kamila, K. I. (2024). Kedudukan Dan Peranan Guru Dalam Pandangan Islam. Indonesian Journal of Education, Language, and Cognition, 1(1), 1–16.

Civciristov, S., Ellisdon, A. M., Suderman, R., Pon, C. K., Evans, B. A., Kleifeld, O., Charlton, S. J., Hlavacek, W. S., Canals, M., Halls, M. L., Rao, D. D., Vorhies, J. S., Senzer, N., Nemunaitis, J., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., ACIS, C., Schultz, J. E. J., Witt, S. A., Glascock, B. J., … Rifkin, D. B. (2023). PENERAPAN Multi Atribut Decision Making dalam Pengangkatan Guru Tetap Menggunakan Rumus didalam Excel. In Science Signaling (Vol. 11, Issue 551).

Djollong, A. F. (2017). Kedudukan guru sebagai pendidik. ISTIQRA, 4(1), 122–137.

Fikri, M. I., Haerani, E., Afrianty, I., & Ramadhani, S. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1271. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.4791

Indini, D. P., Puspa, N. D., & Siregar, T. A. (2021). Penerapan Metode OCRA dalam Menentukan Media Pembelajaran Online Terbaik di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pembobotan ROC. Jurnal Siskom, 3(1), 60–66.

Kajian, R., Kecamatan, B., & Kab, M. (2024). Strategi Kepala Raudhatul Athfal Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. EFERENSI | Kajian Manajemen Dan Pendidikan, 4(1).

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 524–532.

Sari, R. N., & Hayati, R. S. (2019). Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Pemilihan Rumah Kost. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 3(2), 243.

Siringoringo, F., & Purba, N. O. D. (2019). Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen dengan Metode Maut (Multi Attribute Utility Theory). (Sensasi), x, 406–411.

Suryadi. (2022). Menjadi guru profesional dan beretika. In CV Jejak (Jejak Publisher).

Tanjung, D. M. S., Al-Adawiyah, R., & Saputra, I. (2023). Implementasi Metode OCRA Penentuan Dosen Terbaik Dimasa Pandemi Covid-19. Journal of Informatics, Electrical and Electronics Engineering, 3(1), 146–152. https://doi.org/10.47065/jieee.v3i1.1607

Tanjung, D. M. S., Giawa, S. M., Tinambunan, M. P. H., & Utomo, D. P. (2022). Penerapan metode OCRA dalam menentukan aplikasi investasi online terbaik dengan menerapakan pembobotan ROC. Jurnal KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 6(1), 824–830. https://doi.org/10.30865/komik.v6i1.5776

Toruan, N. T. L. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pembawa Acara Berita Terbaik Menerapkan Metode OCRA. BULLETIN OF COMPUTER SCIENCE RESEARCH, 1(3), 71–78.

Vrachmadhani, V. V., Risky, B. A., & Surabaya, U. N. (2024). Analysis of the Performance of Management of Educators and Educational Staff at SDN Lontar II Surabaya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 600–620.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Sitanggang, T., Nadeak, B. ., & Fadlina, F. (2025). PERBANDINGAN METODE MAUT DAN OCRA DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU BERPRESTASI DENGAN PEMBOBOTAN ROC (SDN 101883 PASAR XIII). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1124–1133. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1547

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.