VISUAL DICTIONARY FOR LEARNING VOCABULARY FOR YOUNG ENGLISH LEARNERS

Penulis

  • Sugianti Somba Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
  • Winda Widyaningrum Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1669

Kata Kunci:

Pelajar Pemula, Kamus Visual, Pembelajaran Kosakata

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki efektivitas kamus visual dalam meningkatkan pembelajaran kosakata. Dengan menganalisis temuan penelitian dan praktik pedagogis, peneliti mengeksplorasi bagaimana representasi kamus visual dapat membantu dalam pengenalan, pemahaman, dan retensi kata juga untuk meningkatkan minat dan keberhasilan siswa dalam penguasaan kosakata. Kesulitan utama bagi siswa dalam mempelajari kosakata adalah memahami bagaimana kata-kata digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa pemula yang sedang belajar bahasa Inggris dapat menambah kosakatanya dengan menggunakan kamus visual dan (2) Dengan menggunakan kamus visual dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu, peneliti mempertimbangkan strategi pedagogis yang dapat mengoptimalkan penggunaan kamus visual di lingkungan kelas. Penelitian ini menyoroti potensi kamus visual sebagai alat untuk pengembangan kosakata dan pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian ini, data pra-tes menunjukkan bahwa 77% siswa mampu memahami kosakata dan 67% siswa mampu mengucapkan kosakata dengan benar. Secara keseluruhan, kemampuan penguasaan kosakata siswa pada saat pre-test adalah 72%. Data Post-test menunjukkan bahwa 80% siswa mampu memahami kosakata dan 83% siswa mampu mengucapkan kosakata dengan benar. Secara keseluruhan, kemampuan penguasaan kosakata siswa pada waktu pasca tes adalah 81,5%. Berdasarkan fakta di atas, peneliti menyimpulkan bahwa kamus visual dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agama, S., & Singaraja, H. (2020). Teaching Vocabulary for Elementary School Students. The Art of Teaching English as a Foreign Language, 1(2), 1–4. https://doi.org/10.36663/TATEFL.V1I2.56

Bear, Dr. Donald. (2015). Academic Vocabulary Study in the CCSS: Embedded, Deep and Generative Practices. New York: Mc. Graw Hill Education.

Brewster, J., Ellis, G and Girard, D. (2010). The Primary English Teacher’s Guide. New Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Carson, J. G., & Jacobs, G. M. (2022). Teaching vocabulary in context: Strategies for young learners. ELT Journal, 76(3), 345-359.

Coxhead, A. (2024). Academic vocabulary in English: A corpus-based approach. Cambridge University Press.

Dawamuddin, Y. (2021). The Effectiveness of Teaching Vocabulary by Using Picture Media toward Students’ Speaking Ability At Eighth Grade Students of Smp It Al Asror Sekampung. Journal of English Development, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.25217/jed.v1i01.1424.

Hulstijn, J. H. (2022). Connectionism and vocabulary learning: Insights from cognitive science. Language Acquisition, 30(2), 98-115.

Julaiha, S., Syahputri, D., & Prihatini, S. (2022). The Effect of Picture as Media to the Students’ Achievement in Vocabulary. Excellence: Journal of English and English Education, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.35529/JLLTE.V2I2.

Kurniati, D., Rukmini, D., Saleh, M., & Bharati, D. A. L. (2020). How is Picture Mnemonic Implemented in Teaching English Vocabulary to Students 1948 Nihta Vera Frelly Liando et al., Pictures as a Learning Media in Teaching Vocabulary with Intellectual Disability? Conference on Science, Health, Economics, Education and Technology (ICoSHEET 2019), 119–122. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/AHSR.K.200723.029.

Liando, N. V. F., Mangare, A. R. D., & Olii, S. T. (2021). Using Bright–English for Beginners Application to Enrich Students’ Vocabulary. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 9(3), 290–297. https://doi.org/10.23887/JPBI.V9I3.39126.

Nassaji, H. (2023). The role of incidental vocabulary learning in language acquisition. Language Teaching Research, 27(1), 10-29.

Richards, Jack C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Ristyani, N. A., & Nurhayati, N. N. (2020). Improving Students’ Interest by Using Picture Media at Tk Nur Assalam. Project (Professional Journal of English Education), 3(1), 1. https://doi.org/10.22460/project.v3i1.p1-4

Sagarra, N., & Alba, M. (2023). The impact of interactive multimedia on vocabulary acquisition in early English learners. TESOL Quarterly, 57(4), 944-965.

Schmitt, N. (2022). Vocabulary in language teaching and learning. Cambridge Applied Linguistics.

Scott, Ytreberg (2000). Teaching English to Children. New York: Longman.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Syafrizal, S., & Haerudin, H. (2018). The Implementation of Vocabulary Building Strategy in Teaching English Vocabulary To Young Learners. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.33394/JO-ELT.V5I1.2296.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Webb, S. (2024). Vocabulary learning and reading comprehension: A meta-analysis. Language Teaching Research, 28(2), 234-259.

Zhang, J., & Wang, L. (2023). The effectiveness of visual dictionaries for vocabulary learning in young EFL learners. Language Learning & Technology, 27(3), 45-64.

Zulkifli, Z. (2019). The Effect of Teaching Vocabulary Using Picture on the Second Grade Students’ Vocabulary Mastery. Language-Edu, 8(1).

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Somba, S., & Widyaningrum, W. (2025). VISUAL DICTIONARY FOR LEARNING VOCABULARY FOR YOUNG ENGLISH LEARNERS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1424–1433. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1669

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.