PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN MUATAN IPS TEMA 4 MENGGUNAKAN MODEL MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS IV MIN 3 KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1000Kata Kunci:
Proses Pembelajaran, IPS, Kooperatif GIAbstrak
Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan instruksional yang memadukan berbagai mata pelajaran menjadi suatu pengalaman pendidikan yang kohesif dan bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan Proses Pembelajaran Muatan IPS Tema 4 Menggunakan Model Model Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas IV MIN 3 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 3 Kota Padang yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 11 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus II aspek dengan persentase sebesar 99% dengan sangat baik. Sedangkan pada SIKLUS I nilai persentase sebesar 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe GI dapat meningkatkan proses pembelajaran isi IPS siswa kelas IV.
Unduhan
Referensi
Ani Widayati. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Ani. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA, VI(1), 87–93.
Erita, Y. (2022). Pengembangan Lkpd Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Nearpod Di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1308–1317.
Fahmi, Z. (2013). Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem). Al-Ta Lim Journal, 20(1), 278–284. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.24
Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 2580–3069.
Handayani, I. P., & Hasrul, H. (2021). Analisis kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 1–12.
Jonas. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Kertas Origami Siswa Kelas Iv Sdn Kaligesing Kabupaten Purworejo. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 121–130. https://lib.unnes.ac.id/22842/1/1401411048.pdf
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.
Laila, N., Hariyono, H., & Sumarmi, S. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 123–129.
Luther, N., & Erita, Y. (2023). Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(3), 262–274.
Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Jurnal Pendidikan, 1(2), 186.
Nurlaeli, N. P., Hidayati, S. N., & Nurita, T. (2013). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA.
Sari, N. A., & Akbar, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(2018), 1572–1582.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.
Sukasni, N. K. (2019). Model Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS/Sejarah Siswa Kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(2), 122.
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139.
Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(11), 56–68.
Yusra Nst, F. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 68–81.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten