PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.105Kata Kunci:
Tiktok, Hasil Belajar, SiswaAbstrak
Media sosial merupakan salah satu sarana yang sering digunakan oleh seluruh masyarakat dunia. Salah satu nya adalah aplikasi TikTok. TikTok adalah sebulah aplikasi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai usia. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dokumentasi. Jumlah responden yang ingin di teliti yaitu 30 responden. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati hasil belajar siswa terhadap penggunaan aplikasi TikTok di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 01 Medan menganggap bahwa TikTok dapat menggangu waktu belajar mereka. Hal ini terlihat dari data yang bersumber kuesioner yang didapatkan dari responden.
Unduhan
Referensi
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1288
Amelia, N. P., & Ma’arif, S. (2022). Pengaruh Pengguna Media Sosial Tiktok Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Kelas Iv Di Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1201–1207. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i4.2885
Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 346–352. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58401/Dirasah.V6i2.923
Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim Di Smp Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61–73. Https://Doi.Org/10.25299/Althariqah.2018.Vol3(2).2322
Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa Ma Miftahul Ishlah Tembelok. Islamika, 4(3), 421–432. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V4i3.1977
Bal-Taştan, S., Davoudi, S. M. M., Masalimova, A. R., Bersanov, A. S., Kurbanov, R. A., Boiarchuk, A. V, & Pavlushin, A. A. (2018). The Impacts Of Teacher’s Efficacy And Motivation On Student’s Academic Achievement In Science Education Among Secondary And High School Students. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 14(6), 2353–2366. Https://Doi.Org/10.29333/Ejmste/89579
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran: Analisis Dampak Penggunaan Media Tiktok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112–127. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30659/Pendas.10.2.112-127
Daniati, N., Darliana, E., & Alwina, S. (2022). Korelasi Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ips Semester V Stkip Al-Maksum Langkat. Jurnal Berbasis Sosial, 2(1), 38–44.
Dunn, T. J., & Kennedy, M. (2019). Technology Enhanced Learning In Higher Education; Motivations, Engagement And Academic Achievement. Computers & Education, 137, 104–113. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2019.04.004
Falck, O., Mang, C., & Woessmann, L. (2018). Virtually No Effect? Different Uses Of Classroom Computers And Their Effect On Student Achievement. Oxford Bulletin Of Economics And Statistics, 80(1), 1–38. Https://Doi.Org/10.1111/Obes.12192
Goudeau, S., Sanrey, C., Stanczak, A., Manstead, A., & Darnon, C. (2021). Why Lockdown And Distance Learning During The Covid-19 Pandemic Are Likely To Increase The Social Class Achievement Gap. Nature Human Behaviour, 5(10), 1273–1281. Https://Doi.Org/10.1038/S41562-021-01212-7
Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36835/Attalim.V7i1.426
Hwang, G.-J., Wang, S.-Y., & Lai, C.-L. (2021). Effects Of A Social Regulation-Based Online Learning Framework On Students’ Learning Achievements And Behaviors In Mathematics. Computers & Education, 160, 104031. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2020.104031
Mariati, M. (2023). Analisis Dampak Media Sosial Tik-Tok Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Afektif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(1), 38–44. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59584/Jundikma.V2i1.9
Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smpn 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah. Uin Raden Intan Lampung.
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V6i2.2592
Noviana, N. E., & Solichin, M. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online (Whatsapp Dan Zoom) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 9(2), 60–64. Https://Doi.Org/10.26740/Jupe.V9n2.P60-64
Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2019). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V28i2.345
Rahmat, A. Y. (2018). The Effect Of Using Educational Multimedia In Dictation On Students’ Listening Comprehension At Ma Darul Hikmah Pekanbaru. J-Shmic : Journal Of English For Academic, 5(1), 1–19. Https://Doi.Org/10.25299/Jshmic.2018.Vol5(1).1096
Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 13 Kerinci. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.31851/Juang.V2i1.2647
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). Https://Doi.Org/10.30651/Didaktis.V20i2.4772
Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. Http://Repository.Uki.Ac.Id/Id/Eprint/2595
Turan, Z., Meral, E., & Sahin, I. F. (2018). The Impact Of Mobile Augmented Reality In Geography Education: Achievements, Cognitive Loads And Views Of University Students. Journal Of Geography In Higher Education, 42(3), 427–441. Https://Doi.Org/10.1080/03098265.2018.1455174
Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X Otkp Di Smkn1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V8i2.26902
Wumbu, Y. L. E. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Gaya Komunikasi Siswa Sdn 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (Jkomdis), 1(3), 92–99. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47233/Jkomdis.V1i3.193
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten