PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA STUDI LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.108Kata Kunci:
Inquiry Learning Model, Learning Outcomes, Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa hal ini dikarenakan pembelajaran monoton dan siswa kurang aktif, untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan penggunaan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan Studi Literatur terhadap model Inquiry Learning pada hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari studi literatur, Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan pendapat dan hasil penelitian dari 13 referensi yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Inquiry Learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa, hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini dengan menggunakan studi literatur adalah model Inquiry Learning dalam meningkatkan keaktifan siswa, dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Inquiry Learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa.
Unduhan
Referensi
Aprida Pane, M. D. (2017:337). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 3 No. 2.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Renika Cipta.
Chomaidi, S. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah . Jakarta: PT Grasindo.
Damayanti, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2 No 3 .
Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ijtimaiyah Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 1 No. 1.
Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ijtimaiyah Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 1 No. 1.
Fahmi Fathoni, S. H. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Juniati, N. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1 (1) pp, 20-29.
Komalasari, K. (2015). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Rafika Aditama.
M.Khairu, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Terpadu Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Ndarupita, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Muatan IPA Tentang Adaptasi Hewan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Ni Luh Putu Dani Susanti, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 5 No: 2.
Oktavia Fildayanti, d. (2017). model problem based learning, guided inquiry, dan kemampuan befikir kritis matematis. jurnal revieww pembelajaran Bahasa Indonesia, 120-130.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2 No. 1 ISSN: 2476-9703.
Rianto, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inquiri dan Problem Solving Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia.Vol. 9. No. 1. Juni 2014., 4.
Rianto, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inquiry dan Problem Solving Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 9. No. 1. Juni 2014, 4.
Rini, E. S. (2016). Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Mitra Sains, Vol .4 .No. 2. April 2016, 21.
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP , Vol.1 No.2.
Rusman. (2010). In Model-model Pembelajaran (p. 254). Bandung: PT Rajagrafindo Persada.
Rusman. (2014). Kurikulum Pendidikan Humanis Religius. Jurnal Ilmu Tarbiah At-Tajdit Vol. 3. 1. Januari 2014, 20.
Salamah, C. d. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Setianingrum, R. D. (2016). Pengaruh Penerapan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Sabranglor. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 17 Tahun ke-5, 1.670.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kuirikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Shoimin, A. (2018:93). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2014:138). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontektual. Jakarta: Prenada Media.
Umami, R. P. (n.d.). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kleas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Laring Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3 No 2 ISSN, 2345-614X.
Widyaningrum, R. (2012:109). Model Pembelajaran Tematik SD/MI. Cendikia, Vol. 10 No. 1.
Yuhitha. (2013). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Metode Inkuiri Pada Pelajaran IPS Kelas V SDN adang Sintang. Peningkatan Keaktifan Belajar Vox Edukasi Vol 4, No 2 Nopember 2013, 84.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten