REVOLUSI PEMBELAJARAN: MENGKUR EFEKTIFITAS DISCOVERY LEARNING PADA PRESTASI SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1134Kata Kunci:
Discovery Learning, Prestasi Belajar, Pembelajaran Ekonomi, Quasi-Experimental, Efektivitas PembelajaranAbstrak
Rendahnya prestasi belajar peserta didik masih menjadi tantangan utama dalam sistem pendidikan Indonesia, khususnya dalam pembelajaran ekonomi di tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Menggunakan desain quasi-experimental dengan nonequivalent control group, penelitian dilakukan terhadap 60 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Indrajaya yang terbagi dalam kelompok eksperimen (n=30) dan kontrol (n=30). Pengumpulan data dilakukan melalui pretest-posttest, observasi sistematis, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas Levene, dan uji hipotesis menggunakan uji Z dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (Z-hitung 3,484 > Z-tabel 2,957, p < 0,05). Analisis N-Gain menunjukkan peningkatan prestasi belajar pada kelompok eksperimen sebesar 78,87% (kategori tinggi) dibandingkan kelompok kontrol sebesar 69,18% (kategori sedang). Temuan ini mengindikasikan bahwa implementasi model discovery learning berkontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi
Unduhan
Referensi
Ali, M., & Iqbal, M. (2020). Achievement Motivation Orang Tua Siswa Di Sekolah Sukma Bangsa Pidie. Jurnal Real Riset, 2(3).
Amelia, S., & Sukma, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sdn 04 Cupak Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4159–4165.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V2i1.13851
Astari, F. A. … Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10.
Astuti, T. I. … Yennita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa Smp. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.2.1.5-9
Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: Jppp, 1(2), 13. Https://Doi.Org/10.30596/Jppp.V1i2.4948
Dewi, I. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Melalui Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Pokok Hukum Newton Siswa Kelas X Mia-1 Sma Negeri 3 Sibolga Tahun Ajaran 2021-2022. Jurnal Estupro, 6(3), 53–63.
Fithriyah, R. … Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907–1914. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.894
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. Https://Doi.Org/10.56248/Educativo.V1i1.54
Iqbal, M. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Menyusun Modul Ajar Pada Sekolah Penggerak Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (Ampoen): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 136–143. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32672/Ampoen.V1i3.845
Iqbal, M. … Beltran, J. A. (N.D.). Interplaying Factors Of Students Personal Characteristics In Online Learning Modality: Evidence In Asian Context.
Iqbal, M. … Rahmah, N. (2022). Mb-Km Curriculum Planning In Improving The Quality Of Graduates In Era 5.0 (Case Study At Jabal Ghafur College Of Health Sciences). Proceedings Of International Conference On Education Technology And Social Science, 1, 16–21.
Iqbal, M. … Silahuddin, S. (2024). Development Of 3cm T-Merdeka Media To Enhance Creative Thinking Skills. International Conference On Educational Technology And Social Science (Icoets 2023), 76–87. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.2991/978-2-38476-200-2_14
Khoiroh, S. U. … Rohmah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih Kelas Vii Mts Rahmat Said Bongkot. Joems (Journal Of Education And Management Studies), 3(3), 43–48.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31932/Jpdp.V2i1.25
Musdalifa, M. … Danial, M. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo Pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 21(1), 59–69.
Oktari, N., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Tema 8 Kelas V Sd. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4), 87–96.
Prasasti, D. E. … Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V7i1.20
Rahmi, N., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2715–2722. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V4i3.765
Reinita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas V Sdn 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13–24.
Simanjuntak, M. P. … Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (Inpafi), 7(4), 25–33. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/43273
Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. (2021). Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113–133. Https://Doi.Org/10.46244/Tunasbangsa.V8i2.1642
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.348
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten