INCREASING THE STUDENTS’ WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT THROUGH PLEASE STRATEGY AT THE TENTH GRADE OF SMK NEGERI 1 ULU MOROO IN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1139Kata Kunci:
Writing, Descriptive Text, PLEASE StrategyAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif khususnya mendeskripsikan kepribadian melalui strategi PLEASE. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMK Negeri 1 Ulu Moroo yang terdiri dari 18 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, evaluasi dan catatan lapangan. Dalam evaluasi, peneliti menggunakan menulis esai sebagai tes untuk mengevaluasi kemampuan menulis siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks deskripsi. Pada Siklus I siswa gagal mencapai KKM dan rata-rata nilai siswa adalah 67.22. Namun pada Siklus II para siswa berhasil mencapai KKM, rata-rata nilai siswa adalah 82.5. Karena nilai siswa pada siklus II lebih tinggi dari siklus I, oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa strategi PLEASE dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks deskripsi di kelas sepuluh SMK Negeri 1 Ulu Moroo pada tahun 2022/2023.
Unduhan
Referensi
Aminatun, D., Ngadiso, N., & Marmanto, S. (2019). Applying PLEASE Strategy to Teach Writing Skill on Students with Different Linguistic Intelligence. Teknosastik, 16(1), 34. https://doi.org/10.33365/ts.v16i1.120
Autila, R., & Theresia, M. (2018). Improving Students’ Writing Skill of Recount Text Through Diary Writing and Peer Editing Technique. Proceedings of the Sixth International Conference on English Language and Teaching.
Habeb Al-Obaydi, L., Fathu Rahman, F., & Ode Achmad Suherman, L. (2021). The Use of Action Research in EFL Socio-professional Context: Students-teachers’ Perceptions. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 4(2), 2021. https://doi.org/10.34050/elsjish.v4i2.10876
Hasan. (2018). Improving Students English Vocabulary by Using Tic Tact Toe Game at The second Year of SMP Negeri 7 Satap Maiwa Kabupaten Enrekang. Edumaspul, 2, 50–60.
Ismayanti, E., & Kholiq, A. (2019). an Analysis of Students’ Ability and Difficulties in Writing Descriptive Text. Jurnal JOEPALLT (Journal of English Pedagogy, Linguistics, Literature, and Teaching), 7(1), 10–20. https://doi.org/10.35194/jj.v7i1.534
Jayanti, A. D. (n.d.). Students’ Writing Ability on English Descriptive Texct at Grade VIII in SMPN 33 Padang. 3(1).
Mahdiyah, Lestari, S., & Ardini, S. N. (2018). The use of bio-poem strategy in teaching writing descriptive text on tenth grade students. 4(2), 39–47.
Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom Action Research-based Instruction: The Sustainable Teacher Professional Development Strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98–110. https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0008
Putri, A. R., & Al Hafizh, M. (2020). An Analysis of The Second Year Students’ Ability in Writing a Narrative Text in English Department of Universitas Negeri Padang. Journal of English Language Teaching, 9(4), 777–788. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i4.110624
Saputra, R. (2020). Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 220–231.
Urquhart, V., & McIver, M. (2005). Teaching Writing in the Content Areas. Original work published.
Vera, B., Haryudin, A., & Herdiyanti, W. (2019). Error Analysis on the Students Writing of Simple Present Tense in a Descriptive Text. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(4), 514. https://doi.org/10.22460/project.v2i4.p514-520
Widyawati, W. Y. (2018). the Students ’ Ability To Identify the Generic. Scope : Journal of English Language Teaching, 03(01), 68–73. http://dx.doi.org/10.30998/scope.v3i1.2981
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten