GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI PAUD KB ALMALIKI DAWUHAN LOR SUKODONO LUMAJANG

Penulis

  • Wijaya Adi Putra Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Riza Wahyu Utami Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nurul Jamilah Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1155

Kata Kunci:

Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Abstrak

Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah  di masing-masing wilayah tersebut. Peneliti memilih Paud KB Almaliki Dawuhan Lor Sukodono Lumajang yang berada di Desa Dawuhan Lor Sukodono Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah di PAUD KB Almaliki Dawuhan Lor Sukodono Lumajang. Gaya kepemimpinan yang mungkin diterapkan oleh kepala sekolah terdiri dari 4 macam, yaitu otokratis, laissez-faire, demokratis dan pseudo-demokratis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskripsi dengan lokasi penelitian di PAUD KB Almaliki Dawuhan Lor Sukodono Lumajang, dimulai sejak bulan Juli tahun 2023 dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru, komite, dan pengawas sekolah masing-masing. Data-data penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian diuji keabsahannya dengan pengujian kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Selanjutnya, data dianalisis dengan model interaktif yang proses analisisnya dibagi ke dalam 4 tahap, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah di PAUD KB Almaliki Dawuhan Lor Sukodono Lumajang adalah gaya kepemimpinan yang demokratis yang selalu menekankan pada keterbukaan informasi, kebebasan berpendapat, kebebasan terkontrol dalam menjalankan pembelajaran, dan bersama-sama dengan semua pihak dalam setiap pengambilan keputusan.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 435–449.

Bagir. (2019). Memulihkan sekolah memulihkan manusia. In Noura Books.

Ernest. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. JURNAL PENDIDIKAN, 5(1), 27–34.

Fazira, Y. (2019). ENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA DUMAI. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(1).

Ginting. (2012). Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIVIS, II(2), 1–17.

Hasan. (2010). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningk atk an Kualitas Pendidik an Islam di MAN Pesanggaran Banyuwangi. In Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95.

Ikhsandi, M. R. H., Ramadan, Z. H., & Riau, U. I. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1312–1320.

Meilina. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 2(1).

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revis. In Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, H. A., & Trisandi, T. (2021). Masyarakat Madani dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam (Telaah Filosofis). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(2), 55–65.

Normina. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume, 14(26), 71–85.

Prananda, G. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningk atan Keterampilan Berpik ir Kritis dan Self-Confidence Peserta Didik Terna 3 di Kelas IV Sek olah Dasar. In Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.

Sahadi. (2020). Karakter Kepemimpinan Ideal. Jurnal MODERAT, 6(1), 513–524.

Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 7(1), 1–11.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-27

Cara Mengutip

Putra, W. A., Utami, R. W. ., & Jamilah, N. . (2024). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI PAUD KB ALMALIKI DAWUHAN LOR SUKODONO LUMAJANG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 436–442. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1155

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.