ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR BELAJAR DI RA. HIDAYATUS SHIBYAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1152Keywords:
Teacher's Role, Motivation, And StudentsAbstract
Dunia pendidikan anak usia dini adalah dimana dunia yang sangta membutuhkan motivasi dari berbagai pihak, dalam kegiatan pembelajaran di PAUD biasanya faktor motivasi sangat dibutuhkan. Siswa cenderung lebih malas belajar dikarenakan mereka jika tidak diberi perhatian. Adapun macam-macam motivasi di RA Hidayatus Shibyan, diantaranya yaitu memberi angka, hadiah, saingan/kompetisi, Ego-Involvement, memberi ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar, minat dan tujuan yang diakui. Motivasi yang diberikan adalah stimulus bagi Guru Paud pada saat mengajar. Dari segi ego-involvement, saat ada siswa yang malas mengerjakan tugas, Guru memotivasi siswa untuk bekerja keras menyelesaikan tugas, karena tugas tersebut harus dikumpulkan sesuai jadwal. Guru harus memberikan pujian kepada siswa yang diberikan pujian oleh guru bahwa hasil pekerjaannya bagus, terlihat senang ketika diberikan pujian.
Downloads
References
Arianti. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika, 11(1), 41.
Darmawan, C. (2020). Implementasi Kebijakan Profesi Guru Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Perspektif Hukum Pendidikan. Wacana Paramarta: Jurnal Ilmu Hukum, 19(2), 61–68.
Defi. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Sd Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 82–96.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.
Imam, M. (2005). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII Pada Ekstrakurikuler Di SMP Al-Qur’an Al-Mubarok Genteng. NASPA Journal, 42(4), 1.
Margi. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1), 49–60.
Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87.
Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 450107.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 189–212.
Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.
Suryan. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS IV SDN. Jurnal Ilmiah PGSD, 2(1).
Yulianto, D. E., & Umamah, F. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Sdn 1 Mimbaan Panji Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2021- 2022. Prosiding Nasional.
Yuliatin, Haslan, M. M., & Iswanti. (2018). Peran Guru Ppkn Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di Sma Negeri 2 Dompu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(1), 10–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten