MENGUNGKAP POTENSI SELF-EFFICACY MELALUI ANALISIS LITERATUR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1214Kata Kunci:
Self-efficacy, Math LearningAbstrak
Penelitian literatur ini mengkaji konsep self-efficacy dalam pembelajaran matematika terintegrasi teknologi dan dampaknya pada prestasi belajar siswa. Self-efficacy, keyakinan seseorang dalam menyelesaikan tugas atau mencapai hasil, berhubungan erat dengan prestasi matematika, terutama dengan penggunaan teknologi sebagai alat pembelajaran. Siswa dengan self-efficacy tinggi cenderung lebih berprestasi, termotivasi, dan komitmen dalam pembelajaran berbasis teknologi. Strategi meningkatkan self-efficacy siswa meliputi umpan balik konstruktif via platform digital, pendekatan pembelajaran berbasis teknologi yang fokus pada siswa, dan penerapan tugas yang relevan dengan kehidupan nyata menggunakan simulasi dan aplikasi teknologi. Strategi ini menguatkan keyakinan siswa pada kemampuan matematikanya, memotivasi pembelajaran di lingkungan digital. Peran orang tua juga penting, dimana dukungan dan harapan positif mereka, disalurkan melalui teknologi, meningkatkan self-efficacy siswa. Persepsi orang tua terhadap integrasi teknologi di sekolah berdampak langsung pada self-efficacy siswa, menegaskan perlunya kerjasama antara sekolah, teknologi, dan orang tua dalam pendidikan matematika. Berdasarkan temuan, praktisi pendidikan disarankan mengintegrasikan teknologi, memberikan umpan balik mendukung, menerapkan strategi pembelajaran berbasis teknologi, dan mengkolaborasikan sekolah dengan orang tua menggunakan platform digital. Kesimpulannya, pendekatan holistik melibatkan self-efficacy, keterlibatan multi-pihak, dan integrasi teknologi diperlukan untuk keberhasilan pendidikan matematika.
Unduhan
Referensi
Aswin, A., & Herman, T. (2022). Hubungan antara self-efficacy dan prestasi belajar matematika: Pendekatan melalui umpan balik positif, pembelajaran kelompok, dan peer tutors. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 14(2), 123-136.
Bettany-Saltikov, J. (2012). How to do a systematic literature review in nursing: a step-by-step guide. McGraw-Hill Education (UK).
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative research in psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W. (2013). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.
Denzin, N. K. (2017). Triangulation. In The international encyclopedia of communication research methods (pp. 1-2). Wiley.
Epstein, J. L. (2001). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Westview Press.
Grant, M. & Simmons, J. (2017). Persepsi orang tua terhadap pendidikan matematika: Implikasi terhadap self-efficacy siswa. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(1), 33-47.
Grant, M. J., & Booth, A. (2009). A typology of reviews: an analysis of 14 review types and associated methodologies. Health Information & Libraries Journal, 26(2), 91-108.
Grant, M., & Simmons, M. (2017). Enhancing self-efficacy for optimized patient outcomes through the theory of symptom self-management. Cancer Nursing, 40(1), 1.
Gusteti, M. U. (2022). Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Dengan Metode Mathemagics. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 552-559.
Hancock, G. & Betts, F. (2018). Umpan balik konstruktif dan peningkatan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(3), 205-218.
Hancock, P., & Betts, L. R. (2018). The use of adaptive platforms in online learning. Education and Information Technologies, 23(5), 1843-1851.
Hancock, R., & Betts, F. (2018). The effects of adaptive learning technology on student outcomes in mathematics. International Journal of Educational Technology, 15(1), 23-37.
Hayati, R., & Prima, W. (2023). Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Pembelajaran. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 505-512.
Hoover-Dempsey, K. V., Bassler, O. C., & Brissie, J. S. (2005). Parents' motivational beliefs, parental role construction, and educational involvement. The Elementary School Journal, 106(2), 199-213.
Jansen, A. & Thompson, D. (2019). Pentingnya self-efficacy dalam pendidikan matematika: Analisis terhadap motivasi, strategi belajar, dan kinerja akademik siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 115-130.
Jansen, K., & Thompson, L. (2019). The role of virtual reality in improving mathematics achievement among secondary school students. Interactive Learning Environments, 27(7), 921-936.
Kapici, H. O., & Akcay, H. (2023). Improving student teachers’ TPACK self-efficacy through lesson planning practice in the virtual platform. Educational Studies, 49(1), 76-98.
Lai, D., Ling, L. S., & Yin, O. S. (2021). Synchronous Display and Whiteboard-Like Freehand Writing App as Teaching Tool for Virtual Classroom amidst the Pandemic. F1000Research, 10.
Li, Q., Ma, X., Wang, J., & Liu, Y. (2019). A study of the role of virtual experiments in the undergraduate engineering laboratory. Computer Applications in Engineering Education, 27(2), 363-374.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage.
Liu, Y., & Leighton, J. P. (2021). Peran keterlibatan orang tua dalam prestasi matematika siswa: Sebuah studi tentang persepsi orang tua terhadap upaya sekolah. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 15(1), 45-57.
Mathews, J. M., Yuan, X., Chen, D., & Yi, J. (2017). An interactive math app teaching elementary students fractions knowledge. Computers & Education, 108, 89-104.
Mathews, L., Patterson, K., & Johnson, M. (2017). Hubungan antara self-efficacy dengan prestasi matematika siswa: Sebuah studi komparatif. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 8(4), 242-256.
Mathews, M. S., Lewis, M. S., & Bunker, K. B. (2017). Classroom practices that support creative problem solving in mathematics. ZDM, 49(1), 107-120.
Midgley, C., Maehr, M. L., Hruda, L. Z., Anderman, E., Anderman, L., Freeman, K. E., ... & Urdan, T. (2001). Manual for the Patterns of Adaptive Learning Scales. University of Michigan.
Muslimin, A. I., Mukminatien, N., & Ivone, F. M. (2022). The Effect of Technology Based Instruction Lesson Plan on EFL Pre-Service Teachers’ TPACK Self-Efficacy. World Journal of English Language, 12(6).
Risnanosanti. (2016). Peningkatan self-efficacy siswa melalui metode 'lesson study' dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 201-212.
Rogers, B. & Middleton, J. (2020). Keterlibatan orang tua dan dampaknya terhadap self-efficacy anak dalam matematika. Jurnal Pendidikan Orang Tua dan Anak, 5(2), 110-124.
Rogers, L. E., & Middleton, V. A. (2020). Improving student self-efficacy in online learning with communication in discussion forums. Online Learning, 24(1), 249-264.
Saudelli, M. G., & Ciampa, K. (2016). Exploring the role of TPACK and teacher self-efficacy: An ethnographic case study of three iPad language arts classes. Technology, Pedagogy and Education, 25(2), 227-247.
Schunk, D. H., & Pajares, F. (2009). Self-efficacy theory. In K. R. Wentzel & A. Wigfield (Eds.), Handbook of motivation at school (p. 35–53). Routledge/Taylor & Francis Group.
Usher, E. L., & Pajares, F. (2008). Sources of self-efficacy in school: Critical review of the literature and future directions. Review of educational research, 78(4), 751-796.
Warner, J., & Schorr, R. Y. (2021). Enhancing student engagement and motivation in math through educational gaming. Education Tech Research Dev, 69, 305–325.
Warner, L. B., & Schorr, R. Y. (2021). Teaching with and for the practices: A tale of two middle school mathematics teachers' growth. Journal for Research in Mathematics Education, 52(1), 54-85.
Warner, R. & Schorr, R. (2021). Strategi pengajaran inovatif: Dampaknya terhadap self-efficacy siswa dalam matematika. Jurnal Pendidikan Inovasi, 6(1), 45-59.
Zeldin, A. L., & Pajares, F. (2000). Against the odds: Self-efficacy beliefs of women in mathematical, scientific, and technological careers. American Educational Research Journal, 37(1), 215-246.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten