EKSPLORASI KEMAMPUAN BERORGANISASI SANTRI MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1218Kata Kunci:
Kepemimpinan Perempuan, Kepemimpinan Transformasional, Organisasi SantriAbstrak
Penelian ini bertujuan menganalisis metode yang digunakan kepemimpinan transformasional perempuan dalam meningkatkan kemampuan berorganisasi santri di wilayah Az-Zainiyah pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Penelitian ini menelusuri dampak peran kepemimpinan transformasional perempuan terhadap kemampuan berorganisasi santri, menekankan relevansi keterampilan ini dalam konteks pendidikan Islam yang inklusif dan berkelanjutan. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan jenis studi kasus. Pemilihan objek di wilayah Az-Zainiyah didasarkan atas pertimbangan karena telah banyak melahirkan alumni yang sukses dan berkecimpung dalam organisasi pemerintahan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian terdiri dari wawancara mendalam, observasi partisipan, serta dokumentasi. Dimana data penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh dari beberapa informan penelitian yaitu kepala wilayah, tiga pengurus wilayah Az-Zainiyah, lima santri Az-Zainiyah dan lima alumni Az-Zainiyah. Sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal nasional dan internasional yang relevan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan berorganisasi santri dilakukan dengan menyediakan organisasi santri, mengadakan pelatihan dan pengembangan kompetensi, memberikan pengalaman praktis melalui berbagai kegiatan, serta menyediakan fasilitas. Kepemimpinan transformasional perempuan memberikan dampak yang signifikan dalam peningkatan santri berorganisasi.
Unduhan
Referensi
Agustina, D. (2020). Peran dan Kuasa Kyai Dalam Pendidikan Spiritual Lansia di Pondok Sepuh Payaman Magelang. ARISTO, 9(1), 72. https://doi.org/10.24269/ars.v9i1.2134
Aini, M. Q. (2020). Peran Kepemimpinan Kyai dalam Manajemen Strategi Pendidikan Pesantren. Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 184. https://doi.org/10.32478/leadership.v1i2.445
Almaududi Ausat, A. M., Suherlan, S., Peirisal, T., & Hirawan, Z. (2022). The Effect of Transformational Leadership on Organizational Commitment and Work Performance. Journal of Leadership in Organizations, 4(1). https://doi.org/10.22146/jlo.71846
Alwi, M. (2022). Kepemimpinan Transformasional: Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 87–97. https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss2.227
Amanah, I. L., Ahmad, F., Jannah, N., & Wardani, T. (2022). Pola Kepemimpinan Kyai dalam Mengembangkan Pendidikan Berbasis Karakter di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 3(2), 31–44. https://doi.org/10.32665/alaufa.v3i2.1206
Aprilia, L., & Lubis, H. (2023). Gaya Kepemimpinan Transformatif dalam Membangun Budaya Organisasi Pesantren. Jurnal Pesantren, 1(1), 1–16.
Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104
Asbari, M., Novitasari, D., Silitonga, N., Sutardi, D., & Gazali. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan: Peran Kesiapan untuk Berubah Sebagai Mediator. Jurnal Manajemen, 10(2), 84–99. https://doi.org/10.30656/jm.v10i2.2371
Bahri, S. (2020). Strategi Penanaman Karakter Semangat Kebangsaan Dan Keterampilan Organisasi Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(2), 96–105. https://doi.org/10.54471/njis.2020.1.2.96-105
Basirun, B., & Turimah, T. (2022). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.28
Halim, A., & Rofiki, Moh. (2022). The Transformative Leadership Strategy: Efforts to Improve The Positive Image of School. Jurnal Basicedu, 6(4), 5785–5793. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3175
Harini, S., Damayanti, C., & Hutami, S. S. (2021). Penguatan Kelembagaan Forum Perempuan Melalui Nilai-Nilai Kepemimpinan dalam Budaya Surakarta. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 369. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.33619
Hariyadi, A. (2020). Kepemimpinan Karismatik Kiai dalam Membangun Budaya Organisasi Pesantren. Equity In Education Journal, 2(2), 96–104. https://doi.org/10.37304/eej.v2i2.1694
Hidayah, H., & Baharun, H. (2023). Inspiring Leadership Dalam Membangun Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Pondok Pesantren. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 49–64.
Hilton, S. K., Madilo, W., Awaah, F., & Arkorful, H. (2023). Dimensions of transformational leadership and organizational performance: The mediating effect of job satisfaction. Management Research Review, 46(1), 1–19. https://doi.org/10.1108/MRR-02-2021-0152
Holid, I., & Wahyudiati, D. (2022). Maksimalisasi Pemberdayaan Optami Dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Bayan Lombok Utara. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 65–76. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5594
Junaedi, A., Akhyar, I., Salvita, K., Abellia, M., & Sania, N. (2023). Pengaruh Keterlibatan dalam Organisasi Mahasiswa terhadap Perkembangan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa. IJM: Indonesian Journal of Multidisiplinary, 1(2), 683–696.
Kaur Bagga, S., Gera, S., & Haque, S. N. (2023). The mediating role of organizational culture: Transformational leadership and change management in virtual teams. Asia Pacific Management Review, 28(2), 120–131. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2022.07.003
Khoiriyah, R., Masruroh, D., & Aisyah, N. (2022). Analisis Kebijakan Kiai dalam Penanaman Nilai- Nilai Trilogi Santri dan Panca Kesadaran Santri di Pondok Pesantren. Afkarina: jurnal Pendidikan Agama Islam, 07(01), 1–10.
Kurniati, M., Surur, M., & Rasyidi, A. H. (2019). Peran Kepemimpinan Kyai dalam Mendidik dan Membentuk Karakter Santri yang Siap Mengabdi Kepada Masyarakat. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Hadist, 2(2), 194–203. https://doi.org/10.35132/albayan.v2i2.80
Muhamad, D., Sujiarto, H., & R. Rosa, A. T. (2021). Manajemen Revitalisasi Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Produktif di SMKN 13 Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 668–672. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.330
Nasikhah, K., Maunah, B., & Patoni, A. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan kerjasama Guru: Analisis Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 130–143.
Perawironegoro, D., Widodo, H., Suluri, S., & Harahap, Z. (2019). Workshop sistem organisasi santri di pondok modern Darul Arqam Patean Kendal Jawa Tengah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 1–13. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.926
Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 25. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042
Prasetyo, M. A. M., Salibi, A. S., & Muadin, A. (2021). Mengelola Efektivitas Organisasi Pesantren: Model Kesesuaian Budaya Organisasi. Fenomena: Jurnal Penelitian, 13(1), 41–62.
Pratiwi, R., Wardhani, W. N. R., Prabowo, S., Amaniyah, F., & Rohim, F. (2022). Pemberdayaan Santripreneur di Pesantren: Kajian Kepemimpinan Perempuan (Nyai) dalam Meningkatkan Keterlibatan Santriwati dalam Berwirausaha. Jurnal Iqtisaduna, 8(2), 98–110. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.31321
Purba, J. A., & Subroto, M. (2023). Analisis Tipe-Tipe Kepemimpinan di Lembaga Pemasyarakatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2168–2172. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1858
Ridwan, M. A., Hasanudin, H., & Masturoh, I. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Islam dalam Organisasi Santri Pesantren (Penelitian di Pesantren Ibnu Siena Mulia Cikoneng Kabupaten Ciamis). Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(2), 209. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i2.514
Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Manegggio: Jurnal ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 213–223.
Rizal, S. (2019). Servant Leadership dalam Implementasi Nilai-Nilai Trilogi dan Panca Kesadaran Santri. Journal EVALUASI, 3(2), 162. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i2.251
Rozi, F., Abdullah, A., & Khalifatunnisa, K. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Trilogi dan Panca Kesadaran Santri Perspektif Imam Ghazali dalam Kegiatan Kepesantrenan. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 142–157. https://doi.org/10.52431/murobbi.v6i1.627
Sabiq, A. (2022). Peran Pesantren dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.118
Safutri, & Siregar, D. R. S. (2022). Spritual Leadership Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 168–177. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.168-177
Shobirin, A., & Siharis, A. K. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Motivasi Kinerja Karyawan: Studi Literatur. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 235–246. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.188
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417
Zahroh, S. F. (2023). Hasil wawancara dengan kepala wilayah Az-Zainiyah pondok pesantren Nurul Jadid.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten