REGULASI EMOSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING

Penulis

  • Chofalina Ayuningtiyas Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.123

Kata Kunci:

Emotion Regulation, Online Learning

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 sehingga memunculkan berbagai permasalahan khususnya pemberlakuan pembelajaran jarak jauh sehingga siswa diharuskan melaksanakan pembelajaran secara daring. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana regulasi emosi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Comal dalam pembelajaran daring. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan emosi siswa apakah mampu memuncul emosi yang positif atau bahkan memunculkan emosi yang negatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Comal sebanyak 3 siswi, 3 orangtua responden, 3 teman dekat responden, 1 guru bimbingan dan konseling, serta 3 guru/wali kelas responden. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan didukung dengan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, bahwa subjek 1 dan 2 mampu meregulasikan emosi, hal ini dilihat dari ciri subjek 1 dan 2 mampu mengendalikan diri, mampu beradapasi dengan situasi pembelajaran daring. Sedangkan subjek 3 belum mampu meregulasikan emosi hal ini dilihat dari ciri subjek 3 jarang presensi, jarag mengumpulkan tugas, mengandalkan tugas ke teman, oleh karena itu subjek 3 belm mampu mengendalikan emosi nya dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan subjek 1 dan 2 memunulkan emosi positif dan subjek 3 memunculkan emosi negatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annisa, N. (2015). Regulasi Emosi Ditinjau dari Kepribadian Ekstraversi pada Guru Sekolah Luar Biasa. Skripsi, 12-13.
Chaterine, R. N. (2020). Siswa Belajar dari Rumah KPAI: Anak-anak Stres Dikasih Banyak Tugas. Jakarta: Detiknews.
Dimas, C. (2020). Efektifkah Kegiatan Belajar dari Rumh Akibat Wabah Corona. Jakarta: Kompas TV Sapa Indonesia.
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544.
Sejati, P. P. (2020). Forum Anak Banyumas Keluhkan Pembelajaran Daring, Ini dia 10 Poin Suara Anak Banyumas 2020. Banyumas: Tribun Jateng.
Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-23

Cara Mengutip

Ayuningtiyas, C. (2020). REGULASI EMOSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 107–113. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.123

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.