PENGEMBANGAN BAHAN CERITA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM KEGIATAN LITERASI DI SD NEGERI 1 RENDANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1235Kata Kunci:
Bahan Cerita, Kearifan Lokal, Literasi.Abstrak
Kemampuan literasi pada tingkat sekolah dasar memiliki signifikansi besar karena menjadi fondasi bagi perkembangan kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis mereka.Namun dalam pelaksanaan kegiatan literasi, khususnya di sekolah dasar masih banyak permasalahan seperti kurangnya persediaan buku. Buku pelajaran dan buku cerita kebanyakan berisi kisah-kisah dari luar wilayah, yang membuat siswa kesulitan untuk memahaminya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami kebutuhan siswa dan guru dalam melakukan kegiatan literasi di lingkungan sekolah, serta menambahkan materi bacaan yang mendukung aktivitas literasi bagi siswa kelas rendah di SD Negeri 1 Rendang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi literasi bagi siswa kelas rendah dengan menggunakan cerita berbasis kearifan lokal, khususnya cerita tentang Ngelawang di Bali, dengan menerapkan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dibatasi pada empat tahap pengembangan yang terdiri atas : 1) Identifikasi potensi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Penyusunan materi ajar, dan 4) Validasi materi literasi. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa skor muatan isi dari pengembangan materi literasi siswa kelas rendah dengan cerita Ngelawang di Bali adalah 73, yang dalam kategori rumus skala Likert mendapatkan penilaian sebagai sangat valid. Selain itu, skor rata-rata dari aspek ilustrasi buku adalah 70, juga memperoleh penilaian sebagai sangat valid berdasarkan rumus skala Likert
Unduhan
Referensi
Artini, P. &. (2022). PEMBERDAYAAN RUMAH BACA “PELANGI” SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA ANAK DI DESA PALAAN. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3. file:///D:/UserData/Downloads/Article+Text,+jurnal+pengabdian+masyarakat+bernaz.pdf
Dafit, F. (2023). MANDAU PGSD , Universitas Islam Riau , Indonesia. 4(2), 465–473.
Demonstrasi, M., & Puisi, M. (2023). PENGARUH STRATEGI MODELLING THE WAY DISERTAI METODE Program Pascasarjana , Universitas Terbuka. 4(2), 910–921.
Fathonah. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/990/pdf
Mastiah, M., Mutaqin, N. S., & Tirsa, A. (2021). Pengembangan Buku Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Randuk. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 7(1), 53. https://doi.org/10.30872/calls.v7i1.5113
Muhyidin. (2018). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. jurnal autentik, 2. https://www.autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/view/22
Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 1–11. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6007
Sibarani. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT ACEH BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP DI KOTA LANGSA. Jurnal Metamorfosa, 7, 112. file:///D:/UserData/Downloads/265-Article Text-444-1-10-20200311.pdf
Sugiyono. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN SISWA KELAS RENDAH DENGAN MEMANFAATKAN CERITA OGOH –OGOH BALI. 3, 451–452. https://jurnal.markandeyabali.ac.id/index.php/deiksis/article/view/61/56
Tabrani. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI KELAS RENDAH. file:///D:/UserData/Downloads/8689-Article Text-14506-18095-10-20190808 (1).pdf
Ulum, H. K. (2021). tradisi ngelawang. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-denpasar/baca-artikel/14549/Tradisi-Ngelawang-di-Bali.html#:~:text=Ngelawang merupakan tradisi yang ditujukan,sembari menarikan tarian barong Bangkung.
Zinnurain, & Muzanni, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 63–69. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/viewFile/192/181
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten