LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS DARING SELAMA MASA PANDEMIK COVID 19

Penulis

  • Wilda Kamalia Universitas PGRI Semarang
  • Tri Suyati Universitas PGRI Semarang
  • Desi Maulia Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.125

Kata Kunci:

Bimbingan Klasikal, Pembelajaran Daring

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bagaimana proses pelaksanaan pemberian layanan bimbingan klasikal yang dilakukan secara daring sebagai sarana alternatif selain pemberian layanan bimbingan klasikal secara tatap muka langsung selama masa pandemik Covid 19, pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berbentuk deskriptif yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam proses pengumpulan data dari informan, teknik penentuan informan yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan mempertimbangkan ciri-ciri atau kriteria tertentu yaitu seorang guru BK yang memberikan layanan bimbingan klasikal berbasis daring dan dua orang siswa SMK Texmaco Semarang kelas X Tata Busana dengan latar belakang aktif dan tidak pernah absen dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal berbasis daring selama masa pandemik Covid 19. Hasil penelitian menunjukkan layanan bimbingan klasikal yang diberikan secara daring dapat berjalan namun kurang efektif karna terdapat berbagai macam keterbatasan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmad Badaruddin. (2015). Langkah Awal Sistem Konseling Pendidikan Nasional: Analisis
Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar
dan Menengah. from https://books.google.co.id/books?id=e01UDwAAQBAJ&printsec= frontcover&dq=Achmad+Badaruddin.+2015.
Ainu Rosidah. 2017. Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa
Underachiver. Jurnal Fokus Konseling. 3(2): 158.
Albert Efendi Pohan. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. from
https://boo
ks.google.co.id/books?id=s9bsDwAAQBAJ&pg=PA10&dq=Albert+Efendi+Pohan.+(2020).
Dewi Nur Fatimah. 2017. Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Self Control Siswa
SMP Negeri 5 Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 14(1): 29.
Eko Sugiarto. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: CV Solusi
Distribusi
Fanistika Lailatul Makrifah, Wiryo Nuryono. 2014. Pengembangan Paket Peminatan Dalam Layanan
Bimbingan Klasikal Untuk Siswa Di SMP. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA. 4(3): 1.
Firman, Sari Rahayu Rahman. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian
Journal of Education Science (IJES). 2(2): 86.
Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, Fathoroni. 2020. Variations of Models and Learning Platforms for
Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education. 1(2): 69.
Maya Theofany Kesitawahyuningtyas, Sumardjono Padmomartono. 2014. Meningkatkan Komunikasi
Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Getasan, Kabupaten Semarang. Satya Widya. 30(2): 67.
Milya Sari. (2019). Mengenal Lebih Dekat Model Blended Learning dengan Facebook (MBL FB) : Model
Pembelajaran untuk Generasi Digital. from https://books.google. co.id/books?id=2VO6 DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Milya+Sari.+(2019).
Novi Andriati. 2015. Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk
Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan Konseling. 4(1): 37.
Nur Rohim Yunus, Annissa Rezki. 2020. Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi
Penyebasan Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. 7(3): 227.
Ridwan Sanjaya. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. from
https://books.google
.co.id/books?id=tpLcDwAAQBAJ&pg=PR2&dq=Ridwan+Sanjaya.+2020.+21+RefleksiPembelajaran+Daring+di+Masa+Darurat
Wahyu Aji Fatma Dewi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di
Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1): 56.
Wahyuni Rahma. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Window Shopping Terhadap
Partisipasi Bimbingan Konseling Klasikal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 2(2): 1.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-21

Cara Mengutip

Kamalia, W., Suyati, T. ., & Maulia, D. . (2020). LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS DARING SELAMA MASA PANDEMIK COVID 19. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 96–106. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.125

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.