STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU DI MADRASAH ALIYAH AMANATUL UMMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1281Kata Kunci:
Strategi Kepala sekolah, Budaya Mutu, Madrasa AliyahAbstrak
Madrasah Aliyah Amanatul Ummah merupakan sekolah berbasis agama yang modern serta memiliki kurikulum yang terintergrasi dengan kairo mesir. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana peran dan hambatan kepala sekolah sebagai manajer, supervisor, edukator, administrator, leader, pencipta iklim kerja, wirausahawan dalam meningkatkan budaya mutu madrasah. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan wali murid. Teknik analisis data dengan kondensasi data, Penyajian data, dan pengumpulan data yang ditampilkan. Hasil pada penelitian ini memiliki dua tema utama yaitu Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya mutu dan hambatan penerapan budaya mutu. Strategi kepala sekolah antara lain peningkatan mutu, adaptasi baru, Kesadaran Penerapan Budaya Mutu di sekolah , kualitas lulusan, perbaikan mutu, pengembangan potensi SDM, Peran pemimpin, menciptakan lingkungan positif, komunikasi yang efektif, membentuk stigma positif di masyarakat, target yang perlu direalisasikan, mendorong peningkatan kinerja dan kemampuan SDM, Keterlibatan stakeholder. Pada Hambatan penerapan budaya mutu adalah padatnya jam mengajar dapat mempengaruhi performa dan mutu sehingga perlu penanggulangan untuk penyesuaian waktu pendampingan. Strategi Kepala Sekolah Sebagai seorang pemimpin sangat diperlukan dalam mengelola secara baik SDM dan SDA untuk meningkatkan mutu sekolah.
Unduhan
Referensi
Al Rasyid, H., Zainal, V. R., Arafah, W., Subagja, I. K., & Saad, R. A. J. (2020). Effect of effectiveness of principle leadership and implementation of teacher quality improvement strategies in school quality and quality of graduates in junior high school tourism hospitality accommodation west Java-Indonesia. Journal of Critical Reviews, 7(04), 50–56.
Asrin, A., Haryati, L. F., Syazali, M., Umar, U., & Amrullah, L. W. Z. (2021). Pelatihan Implementasi Budaya Mutu Berbasis Kearifan Lokal Di Sdn Gugus I Pemenang Lombok Utara. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 488. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6484
Bukhori, A. A. A. R., & Fahmi, I. (2022). Optimalisasi Budaya Mutu Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Di Madrasah Tsanawiyah Al- Hurriyyah. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 5, 171–181.
Fadillah, M. H., Sanusi, S., & Efendi, P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Manajemen Sekolah Model. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 111–124.
Faiqoh, D. (2019). Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 7(1), 98–110.
Faqihudin, M. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 1(1), 51–63.
Gafur, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.
Gulo, S., Nadeak, B., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Nias Barat. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 1–12.
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.
Habiba, R. A., & Adriani, M. (2017). Hubungan Depresi, Asupan, dan Penampilan Makanan dengan Sisa Makan Pagi Pasien Rawat Inap (Studi di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya). Amerta Nutr, 1, 198–208.
Hasanah, M. (2020). Rekrutmen Dan Seleksi Tenaga Pendidikan (Guru) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Unggulan Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Pacet. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), Article-1.
Hendrawan, A., Laras, T., Sucahyowati, H., & Cahyandi, K. (2020). Peningkatan kepemimpinan transformasional dengan organizational citizenship behavior (OCB). Prosiding University Research Colloquium, 78–89.
Hidayat, R., Suharyati, H., Patras, Y. E., Harjanto, S., & Andi, H. (2018). Optimalisasi budaya mutu sekolah untuk meningkatkan komitmen guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 595–606.
Khairiah, K. (2022). Peran Fungsi Evaluasi dalam Lembaga Pendidikan (Program Pembelajaran). Nuansa, 15(1), 31–39.
Komariah, A. (2019). Metodologi penelitian kualitatif.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Laili, A. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar, Dan Pembelajaran. Jurnal Ppkn Dan Hukum. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i2.65
Mayoni, N. K. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Wali Murid Dimasa Pandemi Pada Sd Negeri Sesake Kec. Praya Tengah Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2).
Nisa, A. C., & Mahardika, M. C. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran D’Lawu Bistro Dalam Meningkatkan Pengunjung. UIN RADEN MAS SAID.
Pujiyati, W. (2020). Strengthening of School Quality Through School Principal Leadership. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(2), 151.
Puspita, D. G., & Andriani, D. E. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama dan Permasalahannya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 21–37.
Puspitasari, H. (2018). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim Heritage, 2(2), 339–368.
Rahmatullah, A. S., Mulyasa, E., Syahrani, S., Pongpalilu, F., & Putri, R. E. (2022). Digital era 4.0: The contribution to education and student psychology. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 89–107.
Rangkuti, A. T. (2021). Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa Bermasalah. Persepsi: Communication Journal, 4(1), 43–59.
Rohman, N. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di Sdut Bumi Kartini Jepara. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).
Stapa, Y. (2023). Evaluasi Implementasi Budaya Mutu Madrasah Ibtidaiyah Manggarai Barat Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. EDUNET-The Journal of Humanities and Applied Education, 1(1), 75–86.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sukarni, S., Lian, B., & Eddy, S. (2021). The influence of principal leadership and teacher performance on student learning. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 215. https://doi.org/10.29210/021029jpgi0005
Suryati, S. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership, Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus Pada Kantor Bpkad “Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah) Kabupaten Mappi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1002–1018.
Thahir, M. (2022). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah di Makassar. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 19(1), 1–11.
Widodo, H. (2018). Revitalisasi Sekolah Berbasis Budaya Mutu. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 473–486.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten