PENERAPAN MODEL TEAM BASED LEARNING MELALUI PROYEK PEMBUATAN FILM DOKUMENTER DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI

Penulis

  • Amor Seta Gilang Pratama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia
  • Radius Nopiansyah Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Galuh Tulus Utama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia
  • Hanif Risa Mustafa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia
  • Dennys Pradita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1321

Kata Kunci:

Team Based Learning, Film Dokumenter, Efektivitas, Mata Kuliah Teori.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk melihat efektivitas pembelajaran mata kuliah teori melalui penerapan Team Based Learning. Hal ini berangkat dari kecenderungan mahasiswa memilih mata kuliah bersifat praktek dibandingkan mata kuliah teori, sehingga menyebabkan kurangnya pengetahuan teoritis. Perlu ada strategi untuk membuat mata kuliah teori menjadi lebih menarik bagi mahasiswa. Maka diterapkan model pembelajaran Team Based Learning untuk meningkatkan efektivitas belajar pada mata kuliah teoritis. Efektivitas pembelajaran merupakan standar mutu pendidikan yang diukur dengan tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas melalui penerapan model Team Based Learning. Pada model pembelajaran ini mahasiswa mengerjakan proyek dengan hasil film dokumenter. Penelitian ini memfokuskan observasi pada dua kelompok yang ada dalam kelas mata kuliah sosio-antropologi seni Prodi Sendratasik Universitas Jambi. Pada model Team Based Learning ini, perkuliahan dibagi menjadi empat tahapan. Yakni pengantar teoritis, fieldwork, membuat skrip, dan proses editing. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan model Team Based Learning mampu meningkatkan efektivitas mahasiswa dalam mata kuliah teori sosio-antropologi seni.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi, A. M. W., & Izza, N. A. (2023). Reconstruction Of Past Settlements In An Audio-Visual Form. Socius: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(1), 79–90. https://doi.org/10.20527/js.v12i1.12149

Bingkai Media. (2023). Pameran Budaya Makaradwipa Semesta Kebudayaan Sikok ditutup dengan pemutaran perdana film Melacak Jejak Yusuf Gayos. https://bingkaimedia.com/pameran-budaya-makaradwipa-semesta-kebudayaan-sikok-ditutup-dengan-pemutaran-perdana-film-melacak-jejak-yusuf-gayos/

Daud, S. (213 C.E.). Antara Biografi dan Historiografi (Studi 36 Buku Biografi di Indonesia. Analisis, XIII(1).

Deni, D., Fahruroji, F., & Apriliyani, N. Y. A. (2023). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO AKUN INSTAGRAM INFOJAWABARAT DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 69–80. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.910

Denzim, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Sage Publications.

Haren, S. M. (2020). Model Manajemen Produksi Film Pendek Cerita Masa Tua. Jurnal Audiens, 1(1). https://doi.org/10.18196/ja.11013

Hermasnyah, K. D. (2018). Kesalahan Pemikiran tentang Riset dalam Pembuatan Film Dokumenter. Imaji, 10(2), 93–102.

Jazuli, M. (2014). Sosiologi Seni: Pengantar Model Studi Seni (2nd ed.). GRAHA ILMU.

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.

Komariah, A., & Triatna, C. (2005). Visionary Leader Ship Menuju Sekolah Efektif. Bumi Aksara.

Lingkar Nusa. (2023). Pemutaran perdana film Melacak Jejak Yusuf Gayos Jadi Penutup Pameran Budaya Makaradwipa Semesta Kebudayaan Sikok. Pemutaran perdana film Melacak Jejak Yusuf Gayos Jadi Penutup Pameran Budaya Makaradwipa Semesta Kebudayaan Sikok

Mayona, E. L., & Irawati, I. (2010). Penerapan Model Team Based Learning Pada Mata Kuliah Pengantar Pengelolaan Pembangunan. Jurnal Universitas Negeri Solo.

Monika, K. A. L., Suastika, I. N., & Sanjaya, D. B. (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA MENINGKATKAN SIKAP GOTONG ROYONG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.890

Pradita, D., & Itawan, D. (2023). Sumber Sejarah Visual: Antara Pemosisian Sumber dan Penerapan Kajian. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 9(2).

Pratama, R. (2023). Biografi Yusuf Gayos Sebagai Pencipta Lagu Daerah di Batanghari. Universitas Jambi.

Rikarno, R. (2015). Film Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Siswa. Ekspresi: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 17(1), 129–149.

Rohmawati. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1).

Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 245–251.

Sueca, I. N., & Sri Rusmiati, N. K. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN CERITA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM KEGIATAN LITERASI DI SD NEGERI 1 RENDANG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 104–116. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1235

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparman, Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter. Dokumentasi Tradisi Lisan Tana Luwu Melalui Film Dokumenter.

Sutopo, M. P. (2021). Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Unsri Press.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-23

Cara Mengutip

Pratama, A. S. G. ., Nopiansyah, R. ., Utama, G. T., Mustafa, H. R. ., & Pradita, D. (2024). PENERAPAN MODEL TEAM BASED LEARNING MELALUI PROYEK PEMBUATAN FILM DOKUMENTER DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 325–335. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1321

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.