MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1336Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif , Jigsaw, Komunikasi LisanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Indikator kemampuan komunikasi lisan antara lain mampu menyimak, menyampaikan pesan secara jelas dan lawan bicara dapat memahami pesan yang disampaikan dengan alat ukur berupa observasi. Langkah pelaksanaan jigsaw antara lain pemberian penjelasan ruang lingkup muatan materi, membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang disebut kelompok asal, lalu meminta mahasiswa untuk berkumpul kedalam beberapa kelompok baru yang disebut kelompok ahli untuk mengeksplorasi muatan materi tertentu, lalu kembali ke kelompok awal untuk membagi informasi yang didapatkan di kelompok ahli. Subjek penelitian berjumlah 96 orang dengan muatan materi yang diberikan adalah terkait teori Multiple Intelligences. Adapun metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses siklus perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) dengan total 2 siklus. Adapun hasil yang ditemukan adalah peningkatan jumlah yang berkategori baik pada semua indikator dan penurunan secara drastis yang berkategori kurang pada ketiga indikator. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi lisan.
Unduhan
Referensi
Akilandeswari, V., Kumar, A. D., Freeda, A. P., & Kumar, S. N. (2015). Elements of effective communication. New Media and Mass Communication, 37, 44–47.
Azizah, S. N., Hajron, K. H., & Sukmarani, D. (2023). Pengaruh model science, environment, technology, society (sets) terhadap pengembangan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV pada pembelajaran IPA. Borobudur Educational Review, 3(1), 35–41.
Cott, J. (2020). Listening: Interviews, 1970–1989. U of Minnesota Press.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Fedesco, H. N. (2015). The impact of (in) effective listening on interpersonal interactions. International Journal of Listening, 29(2), 103–106.
Hajron, K. H., Mustadi, A., & Lutfiyatun, E. (2019). The Implementation of Conceptual Change Model to Reduce Misconception of Scientific Literacy to the Students of A7 PGSD UPY.
Halimah, L., & Sukmayadi, V. (2019). The Role of" Jigsaw" Method in Enhancing Indonesian Prospective Teachers’ Pedagogical Knowledge and Communication Skill. International Journal of Instruction, 12(2), 289–304.
Harmaala, J. T. (1977). How to communicate effectively. Sairaanhoitaja. Sjukskoterskan, 53(19), 26–27.
Hawkins, K. W., & Fillion, B. P. (1999). Perceived communication skill needs for work groups. Communication Research Reports, 16(2), 167–174.
Hayati, R., & Prima, W. (2023). MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 505–512.
Haynes, M. E. (1980). Becoming an effective listener. IEEE Transactions on Professional Communication, 2, 91–94.
Hindarwati, M., Setiyanto, D., & Hajron, K. H. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model kooperatif learning type jigsaw pada siswa kelas IV. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 467–474.
Maguire, P., & Pitceathly, C. (2002). Key communication skills and how to acquire them. Bmj, 325(7366), 697–700.
Qodarsih, F. Y., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA POSTER. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 413–425.
Sari, I. Y., Arista, Y., & Hajron, K. H. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SD Negeri Bawang. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1319–1326.
Sihotang, A. M., Sitanggang, F., Hasugian, N., & Saragih, E. (2021). The effective way to develop speaking skills. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(1).
Silliman, B. (2009). Youth views of experiences and benefits of public speaking. Journal of Youth Development, 4(2), 85–94.
Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect size model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213–222.
Weger Jr, H., Castle Bell, G., Minei, E. M., & Robinson, M. C. (2014). The relative effectiveness of active listening in initial interactions. International Journal of Listening, 28(1), 13–31.
Yadav, S., Gupta, R., & Mishra, P. (2023). Speaking Skills Help in Propagating a Message Effectually. European Economic Letters (EEL), 13(3), 1945–1951.
Young, W., Hadgraft, R., & Young, M. (1997). An application of ‘jigsaw learning’to teaching infrastructure model development. European journal of engineering education, 22(1), 11–18.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten