PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM SEKOLAH, DAN KEMAMPUAN TIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN BLORA

Penulis

  • Miftah Sri Wahyudi Program Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Widya Kusumaningsih Program Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Soedjono Soedjono Program Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1392

Kata Kunci:

Program Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian adalah mengehaui pengaruh supervisi akademik, iklim sekolah, dan kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Jumlah sampel penelitian adalah 173 guru. Uji prasyarat analisis penelitian ini meliputi uji normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 39,393 + 0,690X1 dan besarnya pengaruh adalah 39,0%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 25,174 + 0,894X2 dan besarnya pengaruh adalah 38,8%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 18,110 + 0,678X3 dan besarnya pengaruh adalah 68,2%; dan (4) terdapat pengaruh yang tidak signifikan supervisi akademik, iklim sekolah, dan kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 9,173 + 0,033X1 + 0,189X2 + 0,589X3 dan besarnya pengaruh adalah 68,8%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7639

Andriani, N., & Hidayat, M. (2023). Pengelolaan Administrasi Sekolah. Jurnal Pelita Nusantara. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.195

Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. In Rineka Cipta. Rineka Cipta.

Azizah, E. N., & Roesminingsih, E. (2021). Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan.

Fatimah, T., Sitepu, Y. M. R., Agustina, A., Hasni, M., & Nasution, N. A. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN MENGHAMBAT KINERJA GURU (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan). MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i2.244

Faujiah, S., Syaifuddin Syaifuddin, & Syahraini Tambak. (2023). FUNGSI DAN URGENSI SUPERVISI PENDIDIKAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1367

Jamun, Y. M. (2018). DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Maslahah, N. (2022). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dengan Media Interaktif : Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.24269/silogisme.v7i1.3243

Mohammad Salleh, A. A. H. Bin, & Halim, L. B. (2023). Pelaksanaan Pendidikan STEM: Pengetahuan Pedagogi Isi Kandungan, Sikap, Kemahiran Pedagogi dan Penilaian guru. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH). https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i2.2146

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight.” https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Nurdin, S. M., Azizah, V., & Veronica, Z. (2023). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogi Guru Sekolah Dasar dengan Implementasinya pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar dan Sekolah Penggerak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2133

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Purwanto, P. (2021). PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALIAS GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah. https://doi.org/10.51874/jips.v2i2.24

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling.

Sujarwo, M. R. (2018). KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMAN 2 BERASTAGI KABUPATEN TANAH KARO TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i2.35

Sumarno. (2015). Sumarno, D. 2015. Gerakan Disiplin Nasional Tata Tertib Sekolah. Negeri/Swasta SMTP / SMTA. CV Mini Jaya Abadi.

Yunitasari, N., Nugroho, P. J., & Siram, R. (2020). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SDN 5 MENTENG PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1684

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Wahyudi, M. S., Kusumaningsih, W. ., & Soedjono, S. (2025). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM SEKOLAH, DAN KEMAMPUAN TIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN BLORA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 795–803. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1392

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.