PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM SEKOLAH, DAN KEMAMPUAN TIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1392Kata Kunci:
Program Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, IndonesiaAbstrak
Tujuan penelitian adalah mengehaui pengaruh supervisi akademik, iklim sekolah, dan kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Jumlah sampel penelitian adalah 173 guru. Uji prasyarat analisis penelitian ini meliputi uji normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 39,393 + 0,690X1 dan besarnya pengaruh adalah 39,0%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 25,174 + 0,894X2 dan besarnya pengaruh adalah 38,8%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 18,110 + 0,678X3 dan besarnya pengaruh adalah 68,2%; dan (4) terdapat pengaruh yang tidak signifikan supervisi akademik, iklim sekolah, dan kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 9,173 + 0,033X1 + 0,189X2 + 0,589X3 dan besarnya pengaruh adalah 68,8%.
Unduhan
Referensi
Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7639
Andriani, N., & Hidayat, M. (2023). Pengelolaan Administrasi Sekolah. Jurnal Pelita Nusantara. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.195
Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. In Rineka Cipta. Rineka Cipta.
Azizah, E. N., & Roesminingsih, E. (2021). Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan.
Fatimah, T., Sitepu, Y. M. R., Agustina, A., Hasni, M., & Nasution, N. A. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN MENGHAMBAT KINERJA GURU (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan). MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i2.244
Faujiah, S., Syaifuddin Syaifuddin, & Syahraini Tambak. (2023). FUNGSI DAN URGENSI SUPERVISI PENDIDIKAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1367
Jamun, Y. M. (2018). DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54
Maslahah, N. (2022). Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dengan Media Interaktif : Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.24269/silogisme.v7i1.3243
Mohammad Salleh, A. A. H. Bin, & Halim, L. B. (2023). Pelaksanaan Pendidikan STEM: Pengetahuan Pedagogi Isi Kandungan, Sikap, Kemahiran Pedagogi dan Penilaian guru. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH). https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i2.2146
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight.” https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Nurdin, S. M., Azizah, V., & Veronica, Z. (2023). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogi Guru Sekolah Dasar dengan Implementasinya pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar dan Sekolah Penggerak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2133
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Purwanto, P. (2021). PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALIAS GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah. https://doi.org/10.51874/jips.v2i2.24
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling.
Sujarwo, M. R. (2018). KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMAN 2 BERASTAGI KABUPATEN TANAH KARO TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i2.35
Sumarno. (2015). Sumarno, D. 2015. Gerakan Disiplin Nasional Tata Tertib Sekolah. Negeri/Swasta SMTP / SMTA. CV Mini Jaya Abadi.
Yunitasari, N., Nugroho, P. J., & Siram, R. (2020). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SDN 5 MENTENG PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1684
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten