ANALISIS PENGETAHUAN PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN SEKADAU HILIR KALIMANTAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1472Kata Kunci:
Pedagogik, Perencanaan, Pelaksanaan, EvaluasiAbstrak
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh seorang guru. Pedagogik merupakan suatu keahlian atau kemampuan yang harus dimiliki guru dalam mengajar anak. Penguasaan kompetensi pedagogik guru pendidikan anak usia dini dapat membedakan dari profesi lainnya dan dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Kecamatan Sekadau Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru PAUD yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar anak di Kecamatan Sekadau Hilir, Kalimantan Barat. Populasi penelitian ini sebanyak 74 orang dengan metode pengambilan sampel teknik probability sampling yaitu jenis simple random sampling. Kemudian, diperoleh jumlah sampel sebanyak 63 orang, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan bentuk uraian objektif (BUO), kemudian dilakukan perhitungan persentase untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik di Kecamatan Sekadau Hilir yang mendapatkan skor “Cukup” berjumlah 41 guru, skor “Baik” berjumlah 16 guru, dan skor “Kurang” berjumlah 6 guru. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas guru PAUD di Kecamatan Sekadau Hilir memiliki pemahaman dan keterampilan yang cukup mengenai pengetahuan pedagogik, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan pada perencanaan pembelajaran yang perlu ditingkatkan lagi.
Unduhan
Referensi
Abdillah, R., & Nirwana, E. S. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Non Linier Terhadap Proses Pembelajaran Pada TK/RA di Kelurahan Fajar Baru Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Jendela Bunda, 2, 10.
Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain (Vol. 5, Issue 1).
Ananda, F. (2022). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam. PENDALAS : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(14), 61–67.
Anggraini, E. S. (2021). Pola Komunikasi Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 27.
Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, D.N., Jalal, N.M., Ma’arif, M., Suwenti, R., Yenni., Puspitasari, D., Aprina., Rahmawati, H.K., Rahmat, A., & Dewi, N. W. R. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (A. Masruroh, Ed.). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Bukhari, S. A. R. (2021). Sample Size Determination Using Krejcie and Morgan. Kenya Projects Organization (KENPRO), February, 1. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11445.19687
Cahya, N., & Kuntari, S. (2022). Dampak Peranan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dI SMPN 3 Pandeglang. Yasin, 2(3), 307–315. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i3.397
Cahyani, D., & Sari, M. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jcmc, 5(1), 73–86.
Fadhilla, S. A. (2022). Apresiasi Pentingnya Guru Terhadap Dunia Pendidikaan.
Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–10.
Firdausi, L., Hidayah, N., & Pramono. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Kelompok A dengan Media Buku Halo Balita The Role of The Teacher in Establishing The Independent Character of Group A Students Using The Hello Book Media. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 9(2), 147–161.
Habiduddin., Burhanuddin. , A. D. (2022). Kompetensi Sosial Guru dalam Membangun Kesadaran Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 337.
Haerudin, D. A. (2022). Anak PAUD Berkarakter Menurut Teori Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 78–83. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2475
Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Paud. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51–56. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/4698
Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran dikan Anak Usia Dini.
Irchamni, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM Dan Media Berbahan Loose Parts Di Lembaga Paud. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 1–12.
Isnanto, Nurjanah, E., Larasati, R., & Purwaningsih, E. (2021). Faktor Internal Dan Eksternal Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 3(2), 612–618. https://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/article/view/781/0
Karta, I. W., Buahana, B. N., & Sativa, F. E. (2023). Evaluasi Kemampuan Menyusun RPPH PAUD pada Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1867
Lasari, D. M. (2023). Analisis Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Pendidik pada Sekolah Luar Biasa. 29, 123–129. https://doi.org/10.37064/nadwah.v29i1.15686
Marfu, S., Kusbiantari, D., Hikmawati, F., & Widyastuti, N. (2024). Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini dalam Menggambar Geometri pada TK BA Aisyiah Kalibanger Temanggung. 4, 1–6.
Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384–390. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108
Nurhaqia, S., Eriani, E., Kencana, R., & Siagian, S. (2023). Analisis Kompetensi Guru PAUD Dalam Mengajar Dan Kompetensi Penunjang. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 74–87.
Puteri, N., & Lingude, S. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Tematik di MIN 2 Manado Teacher ’ s Pedagogic Competence in Preparation of Thematic Lesson Plans at Min 2 Manado. 1(1), 27–33.
Rakhmania, R., Purwanti, M., & Riyanti, B. P. D. (2023). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Memahami Teori dan Praktik Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6591–6608. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5340
Rohmah Susiani, I., & Diny Abadiah, N. (2021). Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia.
Sesmita, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Bowling Angka di Kelompok BI Taman Kanak-kanak. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 3(2).
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–8.
Syahroni, M. I. (2023). Analisis data kuantitatif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 79–84. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/78
Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845
Wulandari, D. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 27–30. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.535
Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503
Yeni Verawati Wote, A., & Oxianus Sabarua, J. (2020). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar di Kelas. Kamboti, 1–12.
Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2).
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrume Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten