ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN BACAAN ANTI BULLYING UNTUK OPTIMALISASI GERAKAN ANTIBULLYING DI SD NEGERI 1 SUMITA

Penulis

  • Putu Pradnyana Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali, Indonesia
  • Gede Adhi Pradana Putra Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1603

Kata Kunci:

Anti Bullying, Bahan Bacaan, Sekolah Dasar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan bacaan anti bullying untuk optimalisasi gerakan anti bullying di SD Negeri 1 Sumita. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru serta pegawai SDN 1 Sumita dengan jumlah Guru serta pegawai 11 orang yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas guru menyatakan bahwa bullying jarang terjadi, sementara Kepala Sekolah mengidentifikasi bahwa bullying sering terjadi. Guru setuju bahwa bahan bacaan anti-bullying sangat penting dalam membantu siswa memahami dampak negatif bullying dan menanamkan nilai-nilai anti-kekerasan. Penelitian ini menyarankan pengembangan bahan bacaan anti-bullying yang menarik, mudah dipahami, dan didukung dengan gambar agar dapat meningkatkan kesadaran serta minat siswa dalam memahami isu bullying. Hasil ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan inklusif. Selain temuan penelitian tersebut, dapat menjadi best practice dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut: Pengembangan Bahan Bacaan yang Menarik dan Relevan, Pelibatan Guru dalam Proses Literasi Anti-Bullying, Penggunaan Bahan Bacaan sebagai Alat Diskusi, Kombinasi dengan Program Bimbingan Konseling, Kolaborasi Antara Sekolah dan Orang Tua, dan Mengembangkan panduan khusus yang berisi langkah-langkah praktis dalam menangani kasus bullying di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ainulhaq, N., Purnawati, F. N., & Hikmatullah, H. (2024). Pendampingan Edukasi Anti Bullying Kepada Siswa SD Melalui Kegiatan Pengembangan Literasi Dengan Dongeng. DEDIKASI PKM. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:269994394

Arianto, J., Alfarizi, H., Gustia, D., Mohan, M., Fanni, M., Yoga, J. M., Syafitri, D., Nurjannah, N., Wulandari, Y. A., Ramadhan, M. A., & Lestary, Z. (2024). Peningkatan Citra Desa dan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi dan Sosialisasi Anti-Bullying di Desa Simpang Tiga Daratan. Karya Nyata : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:272537830

Chai, X. (2023). Definition, Intervention and Solutions of School-bullying. Lecture Notes in Education Psychology and Public Media. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:264513201

Dini, U., & Al-Quraniyah Manna, S. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. In Journal of Education Research (Vol. 2, Issue 3).

Lia Sihite, D., Indah Sari, T., Bungana Beru, R. P., & Setiawan, D. (2023). Tantangan Guru dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa Generasi Z Kasus Bullying di Sekolah Dasar. In Indonesian Journal of Learning and Educational Studies (Vol. 1, Issue 2). www.jurnal.piramidaakademi.com/index.php/ijles

Lydia, P., Salman, C. M., Dani, A., & Kuntardi, M. S. (2024). EDUKASI ANTI-BULLYING MELALUI PEMBUATAN PRODUK KEMAS ULANG INFORMASI BUKU CERITA MEWARNAI DI SD KEBON DALEM 2 SEMARANG.

Natalia, A., Alfarizki, F., Ayu Mitari, I., Adiatma Widada, M., Handayani, M., Kholiqoh, N., Mutiara Wijayani, R., & Hernanda, R. (2024). SOSIALISASI ANTI BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN PADA PESERTA DIDIK. JMA), 2(9), 3031–5220. https://doi.org/10.62281

Saifullah, F. (2015). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN BULLYING. 3(3), 289–301.

Shen, J. (2023). Definition of Campus Bullying Concept and Reference of Prevention and Control. Global Journal of Addiction & Rehabilitation Medicine. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266445087

Smith, P. (2016). Bullying: Definition, Types, Causes, Consequences and Intervention. Social and Personality Psychology Compass, 10, 519–532. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:152045813

Sukawati, A., Abdul Muiz, D. L., & Ganda, N. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Fenomena Bullying Berkelompok di Sekolah Dasar. In All rights reserved (Vol. 8, Issue 2). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Sukmawati, R., & Aliyyah, R. R. (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Perundungan di Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 2, Issue 6).

Vindhian Ningtyas, P., & Sumarsono, R. B. (n.d.). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi (Vol. 4, Issue 2).

Visty, S. A. (2021). The Impact of Bullying on Youth Behavior Today. In Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP) (Vol. 2). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JISP

Wahidmurni. (2017). MEMAHAMI STUDI DOKUMEN DALAM PENELITIAN KUALITATIF (Issue 2). http://fisip.untirta.ac.id/teguh/?p=16/

Wikantari, N. W. P., Numertayasa, I. W., Sueca, I. N., Pendidikan, P. S. M., & Bahasa. (2024). Implementasi Kegiatan Literasi Ratu Dongeng Untuk Pendidikan Karakter Anti Bullying Pada Taman Kanak-Kanak. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:269699213

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Pradnyana, P., & Pradana Putra, G. A. . (2025). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN BACAAN ANTI BULLYING UNTUK OPTIMALISASI GERAKAN ANTIBULLYING DI SD NEGERI 1 SUMITA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 998–1005. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1603

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.