MENINGKATKAN NILAI KEBHINEKAAN GLOBAL MELALUI BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KELAS TIGA SD BALI BILINGUAL SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1618Kata Kunci:
Kebhinekaan global, bahan ajar, budaya lokalAbstrak
Penelitian ini meneliti bagaimana siswa kelas tiga di SD Bali Bilingual School dapat meningkatkan nilai kebhinekaan global dengan menggunakan bahan ajar berbasis budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data dari observasi kelas, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen kurikulum. Siswa yang menerima pelajaran yang berbasis budaya lokal memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keberagaman budaya dan lebih toleran. Bahan ajar ini memperkaya wawasan siswa tentang budaya lokal dan mengajarkan mereka untuk menghargai keberagaman di seluruh dunia karena menggabungkan berbagai keberagaman yang ada di Indonesia. Menurut penelitian ini, pendidikan berbasis budaya lokal adalah alat yang efektif untuk membangun kebhinekaan global sejak usia dini. Bahan ajar yang bertema meningkatkan nilai kebhinekaan global melalui bahan ajar berbasis budaya lokal di kelas tiga SD Bali Bilingual School memiliki tingkat kesesuaian yang optimal. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan bahwa nilai post-test siswa meningkat secara signifikan. Nilai rata-rata siswa adalah 65% pada tahap pretest. Namun, setelah bahan ajar berbasis budaya lokal dan metode pembelajaran interaktif diterapkan, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 90% pada tahap posttest. Peningkatan sebesar 25% ini menunjukkan betapa efektifnya bahan ajar dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap kebhinekaan global.
Unduhan
Referensi
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084
Azzahrah, A. A., & Dewi, D. A. (2021). Toleransi Pada Warga Negara di Indonesia Berlandaskan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(6), 173–178. https://doi.org/10.56393/decive.v1i6.229
Eko, S. (2022). Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android Dengan Metode Rad. Jurnal Ilmu Komputer JIK, 5(01), 30–39.
Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Gultom, R. A. T. (2022). Dari mata turun ke hati: Mengembangkan sikap menghargai perbedaan dalam bingkai moderasi beragama. Kurios, 8(1), 260–268. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.300
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 85–93. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v2i2.48
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815
Muzaki, A. N., & Mutia, T. (2023). BUSPERAK: Menilik Kebaharuan Kurikulum Merdeka Melalui Pengembangan Bahan Ajar. Jambura Geo Education Journal, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i1.18288
Nurhayati, L. (2022). U. M. S. M. P. M. P. K. D. P. D. H. J. P. A. D. K. I. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Menghargai Perbedaan Melalui Proses Keterbukaan Diri Peserta Didik | Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam. Hawari Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 2(2), 68–77. https://doi.org/10.29313/tjpi.vxix.xxx
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
R, N., & Susanti, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Literasi Matematika. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i1.633
Ramadan, F., Awalia, H., Wulandari, M., Nofriyadi, R. A., Sukatin, & Amriza. (2022). Manajemen Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(4), 70–82.
Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490
Sungkono, 2007. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten