PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF SISPERMA DENGAN PENDEKATAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS 5 SD

Penulis

  • M. Anas Thohir Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Putri Dataliya Jatayu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rahma Islamiati Wilujeng Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rifdah Nadia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rizqi Nurul Hidayah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Sinta Dwi Miranti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Selin Dita Rahma Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1619

Kata Kunci:

Multimedia Interaktif, Diferensiasi, Sistem Pernapasan Pada Manusia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar multimedia interaktif dengan pendekatan diferensiasi guna meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran Ilmu Pengembangan Alam dan Sosial (IPAS) materi Sistem Pernapasan Manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang mempertimbangkan gaya belajar siswa yang beragam. Bahan ajar SISPERMA ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di sekolah dasar yang masih kekurangan pengadaan bahan ajar multimedia interaktif. Instrumen yang digunakan meliputi angket minat belajar, lembar observasi untuk menilai keaktifan siswa, wawancara untuk menggali umpan balik dari guru maupun siswa, serta dokumentasi proses dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pengisian angket, wawancara, serta analisis hasil dokumentasi dan implementasi bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penggunaan bahan ajar ini signifikan dalam minat peningkatan belajar siswa, dengan antusiasme yang lebih tinggi selama pembelajaran. Pendekatan diferensiasi memungkinkan siswa belajar sesuai dengan gaya belajar mereka, menjadikan materi lebih menarik dan dinamis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar SISPERMA berbasis diferensiasi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS, khususnya pada materi sistem pernapasan siswa kelas 5 SD.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, R. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif di Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 2(1), 120-134. https://journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/download/19/21

Apriati, L., Mulawarman, W. G., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan bahan ajar menyimak berbasis multimedia interaktif pada pelajaran tematik dengan tema “indahnya kebersamaan” untuk siswa kelas iv sekolah dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13-22.

Dr. Ina Magdalena, M.Pd. Nurfida Azhari, Devina DH, D. (2020). Desain Pembelajaran Sekolah Dasar (p. 252). CV Jejak, anggota IKAPI. https://doi.org/978-623-247-827-5

Lestari, Ika (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata

Magdalena, Ina, Amanda Khofifah, and Fitri Auliyah. "BAHAN AJAR." Sindoro: Cendikia Pendidikan 2.6 (2024): 21-30.https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/1758

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi2, 5(2).https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/6416

Panen, P & Purwanto, 1997. Penulisan Bahan Ajar Jakarta Ditjen Dikti Depdikbud.

Putra, H. K. (2021). Monograf Model Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman dan Daya Tarik Pembelajaran. Lakeisha.

Rulismi, D., & Kurniah, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dan Kognitif. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 352-361.

Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII. https://repository.ut.ac.id/6555/1/TING2016ST2-32.pdf

Syupriyanti, L., & Desyandri, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Adobe Flash di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 149-159.

Winaryono, D. (2016). Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Fikih Kelas IV di MI Miftahussalam Bandung Berbasis Dekstop [Universitas Komputer Indonesia]. https://repository.unikom.ac.id/20238/

Arikunto, Suharsimi. (1989). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Degeng, I.N.S. (1997). Strategi Pembelajaran: Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP Malang dan IPTPI.

Dick, Walter, Lou Carey,& James O. Carey. (2001). The Systematic Design of Instructional (6th ed). USA. Harver Collins Publisher.

Joni, T.R., dan Wardani, I.G.K. (1984). Pengembangan Paket Bahan Ajar. Jakarta : Depdikbud. Ditjen dikti. Proyek pembinaan tenaga kependidikan.

Susilo, Nyoman Sudana Degeng, Susilaningsih Susilaningsih (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Kelas V SD POKOK BAHASAN ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 18-31.

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Thohir, M. A. ., Jatayu, P. D. ., Wilujeng, R. I. ., Nadia, R., Hidayah, R. N. ., Miranti, S. D. ., & Rahma, S. D. . (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF SISPERMA DENGAN PENDEKATAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS 5 SD. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1302–1315. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1619

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.