TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS : PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1750Kata Kunci:
Ice Breaking , Konsentrasi , Motivasi ,Tinjauan, JurnalAbstrak
Penelitian ini menelaah pengaruh aktivitas ice breaking (ice-breaking) terhadap konsentrasi dan motivasi siswa sekolah dasar, menekankan bahwa strategi yang lebih hidup dan praktis dapat meningkatkan minat dan perhatian akademis. Melalui tinjauan sistematis penelitian yang ada, studi ini berupaya menetapkan lingkungan belajar yang dinamis dan merangsang, yang secara signifikan meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Pendekatan tinjauan literatur sistematis (SLR) digunakan untuk mengumpulkan data melalui pengumpulan, analisis, dan sintesis literatur berdasarkan penelitian empiris yang secara langsung berkaitan dengan aktivitas ice breaking terhadap konsentrasi dan minat belajar siswa sekolah dasar, serta memanfaatkan literatur dari berbagai basis data akademik seperti Google Scholar dan Science Direct dengan penerapan penyaringan PRISMA dan diikuti dengan analisis konten untuk mengidentifikasi pola dari tren yang dapat membantu praktik berbasis bukti dalam pendidikan. Studi ini menyimpulkan bahwa aktivitas ice breaking memainkan peran penting dalam meningkatkan konsentrasi, motivasi, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penerapan tinjauan sistematis memungkinkan verifikasi temuan, mencatat bahwa aktivitas interaktif dan fisik tampaknya memiliki dampak tertinggi. Teknik-teknik tersebut telah mengurangi kecemasan dan meningkatkan lingkungan belajar yang positif, serta membangun hubungan guru-siswa yang lebih kuat yang penting untuk prestasi siswa. Kesimpulannya, studi ini menyoroti pentingnya penerapan aktivitas ice breaking dalam sistem pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Unduhan
Referensi
. N. A., . R. W., & . F. (2023). Kegiatan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Fokus Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(1), 187–190. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.695
Dasar, S. S., & Harianja, M. M. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar May Muna Harianja 1 , Sapri 2. 6(1), 1324–1330.
Dewi, S. L., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 755–764. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.755-764
Elfara Puri Fauziah, Alda Rizki Amalia, Noor Mustaqim, Fina Fakhriya, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literatur Review : Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 203–212. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1979
Eriyanti, R. W., Rofiq, A., Huda, A. M., & Estimurti, E. S. (2023). Systematic Literature Review: Teachers’ Educational Interaction with Students in Learning in Indonesia. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.33084/tunas.v9i1.6197
Fatchuroji, A., Yunus, S., Jamal, M., Somelok, G., Yulianti, R., & Sihombing, M. (2023). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 05(04), 13758–13765.
Isnaini, B. B. S. (2019). Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di X IIS 3 SMAN 1 Pundong. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 8(5), 2–15.
Muharrir Syahruddin, M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179–186. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318
Nurdin, M., Mujahidah, M., & Karmila, A. T. S. (2022). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 309. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.35400
Pendidikan, J. (2024). PEDAGOGIK. 2(2), 86–93.
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886
Yulianti, R. P., Siregar, E. S., & Hidayat, I. M. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan kognitif terhadap kinerja siswa. Jurnal Ilmiah Korpus, 6(2), 117–128.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten