PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS V SDN 20 SITIUNG
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.1835Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Blok Pecahan, Matematika, SD.Abstrak
Pendidikan matematika pada dasarnya bertujuan untuk membentuk kemampuan berpikir logis dan kritis. Di SDN 20 Sitiung ditemukan banyak peserta didik yang merasa kesulitan memahami konsep pecahan, peserta didik yang tidak fokus dalam belajar, pendidik yang hanya menggunakan buku paket dan LKS saat proses pembelajaran khusus nya pada mata pelajaran matematika dan peserta didik yang mengganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik terutama di kelas V SDN 20 Sitiung pada materi bilangan pecahan, agar peserta didik lebih tertarik dan mudah mempelajari serta memahami materi pelajaran secara mandiri. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah pengembangan media pembelajaran berupa puzzle. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang lebih sering disebut Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Iplement (implementasi), Evaluate (evaluasi). Hasil validasi media pembelajaran puzzle pada materi bilangan pecahan oleh 4 validator terdiri dari lima aspek yang dinilai, rata-rata keseluruhan dari penilaian kelima aspek tersebut mempunyai skor 0,813% dengan kategori valid. Uji praktikalitas dari pendidik mendapatkan skor 100% dengan kategori sangat praktis dan dari peserta didik mendapatkan persentase rata-rata nilai 88% dikategorikan sangat praktis sehingga dapat digunakan dan bisa diterapkan di Sekolah Dasar (SD). Sedangkan hasil uji efektivitas mendapatkan rata-rata 90,5% efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa V ini memenuhi kriteria valid, sangat praktis, dan efektif sehingga media pembelajaran puzzle ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Faizah Virgi Alifiana, & Umi Hanik. (2024). Pengembangan Media Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Kelas Iii Sdn Kraton 2 Bangkalan. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 22–27. https://doi.org/10.56127/jushpen.v3i2.1569
Filahanasari, E., & Dkk, 2024. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Menggunakan Aplikasi Canva Materi Pecahan Di Kelas Iv Sdn 02 Tiumang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X Volume 10 Nomor 02, Juni 2024, 10, 1381–
1395.
Filahanasari, E., Nopa Sari, L., & Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kosa Kata Di Kelas Iii Sdn 308 Rantau Suli. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2525– 2529. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.992
Hafshari, N. D., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Papan Sipat-Siput pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 467–479. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1643
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Rennie, F., & Smyth, K. (2024). Instructional design. In Digital Learning: The Key Concepts. https://doi.org/10.4324/9780429425240-105
Sari, E. F., Subhan, M., Dewi, F. S., Pendidikan, J., Sekolah, G., Universitas, D., & Indonesia, D. (2025). PENGARUH MEDIA DOMATH ( DOMINO MATHEMATIC ) PADA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 14 KOTO BARU. 7(2).
Sembiring, E., Sihite, M. L., Aulia, N., Silitonga, N. E., & Harahap, U. S. (2025). GALANG TERHADAP PECAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANALYSIS OF STUDENTS ’ UNDERSTANDING OF GRADE 5 OF SD MUHAMADDIYAH 22 GALANG TOWARDS FRACTIONS IN LEARNING. 4903–4911.
Zulfikri, A., Nabhar, N., & Auliya, F. (2024). Pengembangan Edugame Arisa Berbasis Android Berbantuan Adobe Animate Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas Vii. 5, 82–93.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten










