EVALUASI PROGRAM MUHADAROH DI SMK NEGERI 4 PAYAKUMBUH DENGAN MODEL EVALUASI CIPP

Penulis

  • Dennis Haruna Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ahmad Rifki Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Dori Rusyunizal Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Nadir Nadir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1839

Kata Kunci:

Muhadaroh, Evaluasi CIPP, Public Speaking Siswa

Abstrak

Program Muhadaroh di SMK Negeri 4 Payakumbuh merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan menumbuhkan keterampilan public speaking dan karakter siswa, namun efektivitas pelaksanaannya belum pernah dievaluasi secara sistematis. Penelitian ini berfokus pada evaluasi program Muhadaroh menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk mengetahui relevansi, kesiapan sumber daya, pelaksanaan, dan hasil kegiatan secara menyeluruh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan wawancara terhadap siswa dan guru pembina. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa dari aspek konteks, program ini sangat relevan dengan kebutuhan siswa; pada aspek input, program didukung oleh sumber daya yang cukup namun belum optimal; aspek proses menunjukkan pelaksanaan rutin tetapi belum maksimal dalam partisipasi siswa; dan pada aspek produk, program berdampak positif terhadap kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi siswa meskipun belum merata. Kesimpulannya, Muhadaroh merupakan program strategis yang patut dikembangkan lebih lanjut melalui peningkatan pembinaan guru, penyediaan sarana pendukung, serta sistem evaluasi berkelanjutan untuk menjangkau seluruh peserta secara adil dan menyeluruh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Faizin, A. R., Mundir, M., & Rodliyah, S. (2024). Pembentukan Karakter Mandiri, Tanggung Jawab Dan Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh Di Mi Mambaul Ulum Curahputih, Jember. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 101. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i2.14518

Anggraeni, N. D., & Nurhadi, D. (2024). Pengaruh Communication Skills , Problem Solving Skills , Career Decision Making Skills dan Self Management terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4185–4192.

Aristya, S. (2023). CIPP: Implementasi Model Evaluasi Pendidikan. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(1), 1–72.

Fauyan, M., & Wati, K. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pola Pendekatan Pembelajaran Tematik Integralistik. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 57–74. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2862

Hidayah, N., & Rohman, F. (2024). Aktivitas muhadharah dalam pengembangan soft skill siswa di madrasah tsanawiyah mamiyai al-ittihadiyah bromo Medan. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 566–574.

Maimun, M. F. (2024). Metode Muḥāḍarah dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Santri. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 4(1), 304–314. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v5i1.6263

Rahmat, A., Mirnawati, M., Fadjarajani, S., Zaenab, S., Ely Satiyasih Rosali, Mulawarman, W. G., Haekal, T. M., Utami, P. P., Sari, R., Elizabeth, Hartanti, M., Rismantojo, S., Fatmasari, R., Asmawati, Masaong, K., Mas, S. R., & Liriwati, F. Y. (2020). Era Baru Manajemen Pendidikan: Aplikasi, Strategi dan Inovasi. http://repository.stkipkusumanegara.ac.id/wp-content/uploads/2020/10/era-baru-manajemen.pdf

Rama, A., Ambiyar, A., Rizal, F., Jalinus, N., Waskito, W., & Wulansari, R. E. (2023). Konsep model evaluasi context, input, process dan product (CIPP) di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 82. https://doi.org/10.29210/30032976000

Resta, C. A., Nur, T., & Herdiana, Y. (2022). Pembiasaan Kegiatan Muhadharah sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa di MAN 2 Karawang. Islamika, 4(4), 743–753. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2118

Sadiah, T. L., & Nur DS, Y. (2022). Evaluasi Program Ekstrakulikuler di Sekolah MI Ar-Rahmah. P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 155–160. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.3487

Umam, K. A., & Saripah, I. (2018). Using the Context, Input, Process and Product (CIPP) Model in the Evaluation of Training Programs. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(July), 183–194. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.26086

Wahyuni, T., Sari, Y. Y., & Suparno, S. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Religius dalam Meningkatkan Sikap Keagamaan Peserta Didik. DE_Journal (Dharmas Education Journal), 4(3), 142–154.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Haruna, D., Rifki, A., Rusyunizal, D., Nadir, N., & Ilmi, D. (2025). EVALUASI PROGRAM MUHADAROH DI SMK NEGERI 4 PAYAKUMBUH DENGAN MODEL EVALUASI CIPP. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 195–203. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1839

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.