Hubungan Perencanaan Karir Dengan Konsep Diri Siswa Kelas XII di SMAN 1 Ciledug - Cirebon Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.199Kata Kunci:
IndonesiaAbstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah masih bingungnya siswa dalam merencanankan karir kedepannya, setelah mereka lulus nanti, Bukan hanya perencanan karir mereka juga masih mengalami kebingungan terhadap konsep dirinya, mereka merasa memiliki konsep diri yang rendah, memandang dirinya lemah, merasa ragu,tidak bisa memanfaatkan bakat atau potensi yang dimiliknya dan kurang percaya diri sehingga mereka selalu memandang konsep diri mereka negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perencanan karir dengan konsep diri siswa kelas XII di SMAN 1 Ciledug. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara menghubungan atau data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud untuk membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Sampel diambil menggunakan sampel jenuh sebanyak 167 siswa. Dari hasil penelitian, menunjukan koefisien sebesar 36,7% yang berarti konsep diri memberikan sumbangan sebesar 36,7% terhadap perencanan karir. Konsep diri memiliki hubungan yang kuat terhadap perencanaan karir. Siswa mampu mempertimbangkan keputusan karirnya untuk masa depan setelah lulus nanti karena mampu merencanakan karir dengan baik.
Unduhan
Referensi
Afriwinanda, E. (2012). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Siswi Kelas XII SMK Negeri 4 Surakarta [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Vol. 7). http://eprints.ums.ac.id/21229/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
Anis & Kelik Purwanto. (2020). Penggunaan Pembelajaran Model Word Square Bagi Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 08 Sitiung. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 209–219.
Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 58–68. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4466
Augst, B. (2016). Hubungan Konsep Diri dengan Rencana Pilihan Karier Pada Siswa Kelas XI SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG Tahun Ajaran 2016/2017.
Bariyyah Hidayati, K., & . M. F. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730
Mulyadi, R., Hidayati, T., & Maria, S. (2018). Pengaruh perencanaan karir pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan. KINERJA. https://doi.org/10.29264/jkin.v15i1.1999
Pratiwi, Y., & Wardana, I. (2016). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. None.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suyono, N. A. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Unsiq). Jurnal PPKM II.
Syaodih, N. (2014). Penelitian Deskriptif Kualitatif. Tripven.
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Widiarti, P. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. INFORMASI. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035
Winangun, K. (2017). Pendidikan Vokasi Sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1493
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten