Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SD Negeri 01 Manokwari

Penulis

  • Lorini Duma Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Siti Muflihah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Siti Fatimahtun Zahra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Aristanto Aristanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i2.2000

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Analisis, Penerapan, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 01 Manokwari dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan murid kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar murid, termasuk aspek kesiapan belajar, minat, dan profil belajar. Penerapan ini diawali dengan asesmen awal melalui tes membaca dan menulis serta observasi gaya belajar murid. Diferensiasi konten dilakukan dengan menyediakan materi ajar pada tingkat kesulitan yang berbeda serta menggunakan media yang bervariasi. Diferensiasi proses tercermin dari penggunaan metode pembelajaran yang beragam seperti diskusi kelompok, kerja berpasangan, dan tugas individu. Diferensiasi produk diwujudkan dengan memberikan pilihan kepada murid untuk menyampaikan hasil belajar mereka, baik secara presentasi lisan, gambar, maupun membuat ringkasan. Lingkungan belajar yang kondusif juga mendukung proses pembelajaran dengan memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi murid dalam belajar. Meski sudah berjalan cukup baik, penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini masih menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu, minimnya sumber belajar, dan kurangnya pelatihan bagi guru. Oleh karena itu, diperlukan dukungan lebih dalam hal sumber daya dan pelatihan guru agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berlangsung lebih optimal dan berkelanjutan, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi keberagaman kebutuhan belajar siswa dengan kebutuhan belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 1). (P. Rapanna, Ed.) Makassar: CV Syakir Media Press.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 95-101.

Aristanto, & Darsinah. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 46–51. Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/9

Aristanto, A., Zahra, S. F., & Muflihah, S. (2024). Analysis of Teachers’ Creativity in Designing and Managing Mathematics Learning in Primary School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1685–1693. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6252

Bahasa, B. P. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). Jakarta: Balai Pustaka.

Chantika, H. B., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Teori Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Pengaruhnya Dalam Mengidentifikasi Gaya Belajar Murid Sekolah Dasar. Journal Of Social Research, 4. Retrieved from https://j- innovative.org/index.php/Innovative

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indoensia kelas IV Sekolah Dasar Di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. JPGSD, 11, 1783. Retrieved from https:ejournal.unesa.ac.id

Fiantika, F. R., & Dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Vol. 1). Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (Vol. 1). Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi (Vol. 35). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. doi:doi.org/10.21009/PIP.332.1

Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003 No. 78, Tambahan Lembaran Negara No. 4301.

Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara RI. Retrieved from https://peraturan.go.id

Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Retrieved from https://peraturan.go.id

Isnaini, N. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka di Kelas IV SD Negeri 1 Bojongsari Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi, Purbalingga.

Kristiani, H., & Dkk. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Puskur dan BSKAP Kembdikbudristek.

Kusuma, O. D., & Luthfah, S. (2022). Pendidikan Guru Penggerak. In Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. Kemdikbudristek.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di sekolah Inklusif (Vol. 1). (A. Santika, Ed.) Afifa Utama.

Nurbaity, A. L. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Garis Kelas IV SD. Jakarta: Perpustakaan UPI.

Nurhayati, D., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2024). Analisis Penerarapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV SD. Jurnal Kependidikan Dasar, 39-56.

Purba, M. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (1 ed.). Pusat Kurikukulum dan Pembinaan BSKAP Kemdikbudristek.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (Vol. 1). Yogjakarta: Media Pustaka.

Ruwaida, H., Mauizdati, N., & Nasir, M. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar ( SD ). Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 62.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (Vol. 1). (H. Upu, Ed.) Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sanulita, H. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Bahasa. Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 7, 202. doi:10.26418/jurnal.v7i2.69035

Since Ullo, S., Fatimahtun Zahra, S., & Kartini. (2025). STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV di SD YPK 20 GUEINTUY. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 4(1). Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/33

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi.

Sugiarti, N. (2022). Strate (Sumaryamti, 2023) Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Intan Mulya Kota Baru Driyono Gresik. BAPALA, 158. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/48938

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori - Teori Belajar dan Pembelajaran (1 ed.). (H. Azmi, Ed.) Jawa Barat: Cv. Adanu Abimata.

Yuono, T. A., Toharudin, M., & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II dI SDN Klampok 01. Pendidikan SEROJA, 2, 286.

Zami, S. Q., Rofek, A., & Bramantha, H. (2024, November). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di kelas IV SD Negeri 3 Patokan Situbondo. Cendekia Pendidikan, .doi:https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i4.5520

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Duma, L., Muflihah, S., Zahra, S. F., & Aristanto, A. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SD Negeri 01 Manokwari. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1479–1489. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i2.2000

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.