PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS)

Penulis

  • Patmanidar Patmanidar SD Negeri 161/VIII Sidorukun

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.232

Kata Kunci:

Hasil Belajar, IPA, Think Pair And Share (TPS)

Abstrak

Sidorukun Kec. Rimbo Ulu Kab. Tebo, dimana terdapat sebagian dari siswa yang belum mampu mencapai batas nilai yang ditentukan. Ini disebabkan karena siswa belum terlalu aktif dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki hasil belajar siswa di kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas V SD Negeri 161/VIII Sidorukun Kec. Rimbo Ulu Kab. Tebo yang berjumlah 18 orang. Desain penelitian ini adalah model Kemmis dan Taggart (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi). Teknik Analisis data kualitatif berupa lembar observasi, sedangkan data kuantitatif adalah hasil belajar yang diperoleh dari tes. Penelitian ini telah berhasil memperbaiki hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 44,4%  rata-rata 72,8,  kemudian naik pada siklus II sebesar 94,4% rata-rata 83,4 kenaikan nilai pada siklus I ke siklus II adalah 50. Dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mampu membuat hasil belajar IPA siswa pada materi pesawat sederhana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Aqib, Z. dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Yrama Widya.

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Meidawati, S., Rani, Bayu, & N, S. A. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship.

Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Strategi Pembelajaran Aktif, Hasil Belajar.

Prananda, Giingga. Dkk. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8(2), 304–314.

Ricky, Z. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Bola Basket Melalui Pendekatan Bermain Siswa Sman 1 Pulau Punjung Dharmasraya. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1045

Ricky, Z., Prananda, G., Triana, E., Education, R., Training, T., Faculty, E., Indonesia, U. D., Sumatra, W., Training, T., Faculty, E., Indonesia, D., & Sumatra, W. (2020). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Development Of Plyometric Exercises In Learning. 4(2).

Saudagar. (2009). Pengembangan Profesionalitas Guru. Gaung Persada (GP Press).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s11116-011-9347-8

Suharsimi, Arikonto. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Peelitian Suatu Penekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syofyan, Harlinda; Vebryanti; Yeni, R. (2020). Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Patmanidar, P. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 79–90. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.232

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.