BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS SASTRA DRAMA DI KELAS XI SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Penulis

  • Ni Made Novia Lestari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Mas Dewantara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.277

Kata Kunci:

Bahan Ajar; Drama; Teks sastra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Jenis – jenis bahan ajar guru dalam pembelajaran teks sastra drama di kelas XI SMA Negeri 4 Singaraja, (2) Prosedur penggunaan bahan ajar guru dalam pembelajaran teks sastra drama, (3) Evaluasi bahan ajar dalam pembelajaran teks sastra drama. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 4 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) jenis-jenis bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran teks sastra drama yaitu. (a) Video dalam Youtube (b) Materi dalam Google Classroom (c) Materi dalam Web (d) Video Pembelajaran sendiri. (2) Prosedur penggunaan bahan ajar guru dalam pembelajaran teks sastra drama yang mencakup tiga tahap prosedur, diantaranya (a) Memberikan konsep dasar drama melalui video dalam youtube, (b) Menyajikan modul untuk mengecek pemahaman siswa, dan (c) Menyajikan ringkasan materi dan video pembelajaran sendiri. (3) Evaluasi bahan ajar dalam pembelajaran teks sastra drama yaitu, (a) Menyesuaikan dengan KD (b) Karakteristik siswa, dan (c) Autentik dan menarik. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan penggunaan bahan ajar teks sastra drama di kelas XI SMA Negeri 4 Singaraja sudah dilakukan dengan sangat baik.

Kata Kunci: Bahan ajar; drama; teks sastra

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annajmi, R. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Peubah Banyak Berbantuan Software Goezebra Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesia, Jurnal Imu Pendidikan.

Ayuningtiyas, C., Fitriana, S., & Dian, M. P. (2020). Regulasi Emosi Siswa Dalam pembelajaran Daring. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 107–113. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630

Budi, B. (2014). Strategi Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Di Sma Negeri 2 Surakarta. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant.

Depdiknas. (2008). DEPDIKNAS. In Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Hidayat, A. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Audio Visual MYOB dalam Pembelajaran Praktika Komputer Akuntansi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p097

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Rasyid, I. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.368

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika.

Septiani, E., & Setyowati, L. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring Terhadap Pemahaman Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Siti Lathifatus Sun’iyah. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora.

Subhan, M. (2020). Desain Soal Tes Penilaian Tengah Semester Ii Muatan Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Taksonomi Bloom Revisi Pada Kelas V. DE_JOURNAL, 1(2), 55–63. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/68

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Waruwu, M. (2020). On The Job Skill-based Servant Leadership Training Model for Principal Effectiveness. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i5/pr202035

Yusmiono, B. A. (2018). Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Di Universitas PGRI Palembang. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Zakiah, Z. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada anak tunanetra kelas I. Jurnal Pendidikan Khusus.

Diterbitkan

2021-09-27

Cara Mengutip

Lestari, N. M. N. ., Yasa, I. N., & Dewantara, I. P. M. . (2021). BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS SASTRA DRAMA DI KELAS XI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 256–264. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.277

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.