KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEKNIK INKUIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.41Kata Kunci:
Karangan Narasi, Pendekatan Kontekstual, Teknik InkuiriAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual teknik inkuiri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Karangan narasi ekspositoris yang baik apabila sudah (1) memperluas pengetahuan, (2) menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian secara kronologis, (3) bahasanya lebih cendrung bahasa informatif dengan menitikberatkan pada pemakaian kata-kata denotatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 120 siswa dan dijadikan sampel sebanyak 25 siswa. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 20% per kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, ditinjau dari unsur memperluas pengetahuan tergolong sempurna (S), dengan rata penguasaan siswa 96%. Kedua,ditinjau dari unsur menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian secara kronologis tergolong baik sekali (Bs), dengan rata-rata penguasaan siswa 90,66%. Ketiga, ditinjau dari unsur bahasanya lebih condong kebahasa informatif dengan mentikberatkan pada pemakain kata-kata denotatif tergolong cukup (C), dengan rata-rata penguasaan siswa 58,60%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual teknik inkuiri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto Baru kabupaten Dharmasraya tergolong baik (B) dengan rata-rata penguasaan siswa 81,96%.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmazaki. 2007. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang. UNP: Press
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual [Contextual Teaching and Learning (CTL)]. Jakarta: Depdiknas.
------------. 2002. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nazir, Moh.2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Semi, M. Atar. 2003. Menulis efektif. Padang: Angkasa Raya.
Sonata, Nora. 2009. Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sugestif Siswa Kelas X SMA N 2 Bayang Pesisir Selatan. Skripsi. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Sastra dan Seni Universitas Negeri Padang.
Subana, dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Suryamurni. 2008. Kemampuan Siswa Kelas VII SMP N 3 Lubuk Basung Menulis Narasi. Skripsi. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Sastra dan Seni Univeritas Negeri Padang.
Thahar, Harris Efendi. 2008. Menulis Kreatif. Padang: UNP Press.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten