PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI SARANA AKTUALISASI DIRI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.773Kata Kunci:
Kampus Mengajar, Aktualisasi, Sekolah Dasar.Abstrak
Pada saat Pandemi Covid-19 pembelajaran tidak bisa diterapkan dengan maksimal tetapi menggunakan daring. Seiring berjalannya waktu, sekolah-sekolah sudah menerapkan era kenormalan baru dengan melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itulah yang membuat pemerintah mengadakan kegiatan Kampus Mengajar dimana mahasiswa memberi pengajaran selama masa pandemi terjadi. Pelaksanaan Kampus Mengajar angkatan 3 memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman membantu proses belajar mengajar di sekolah dasar. Tulisan ini akan menguraikan kegiatan dalam Kampus Mengajar angkatan 3 yang dilakukan di SDN 5 Pohijo Ponorogo yaitu dalam tiga aktivitas meliputi belajar mengajar, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Tulisan diuraikan dalam bentuk deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam Kampus Mengajar angkatan 3 ini adalah mahasiswa dapat mengaktualisasikan dirinya dengan maksimal sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing, dapat mentransfer ilmu pengetahuan, serta dapat membantu mempercepat guru dan siswa dalam proses adaptasi teknologi, sehingga dari hal tersebut dapat terjadi kolaborasi yang positif antara mahasiswa, dosen, dan guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di SDN 5 Pohijo Ponorogo.
Unduhan
Referensi
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/SJSBS.V7I5.15314
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) Medan.
Arifin, Z. (2017). Perubahan Perkembangan Perilaku Manusia Karena Belajar. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/116
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Fahlevi, F. (2021, February 10). Kemendikbud: Kampus Mengajar Ciptakan Kolaborasi Guru dan Mahasiswa . https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/10/kemendikbud-kampus-mengajar-ciptakan-kolaborasi-guru-dan-mahasiswa
Hanin, F. N., & Mahardhani, A. J. (2022). Pendampingan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SDN 45 Gresik. Ta’awun, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37850/taawun.v2i02.295
Mahardhani, A. J. (2021). Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 5(2), 137–155. https://doi.org/10.25139/JMNEGARA.V5I2.3522
Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90–99. https://doi.org/10.31629/KIPRAH.V9I2.3516
Riza, S. (2022). Konsep Pendidikan Islam Sepanjang Hayat. Tarbiyatul Aulad, 8(1). https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4674
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Uhansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad, 15(27). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v15i27.1595
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten