PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI SARANA AKTUALISASI DIRI

Penulis

  • Rusmi Rusmi SDN 5 Pohijo Ponorogo
  • Adelia Dwi Cahyani Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Katiyah Katiyah Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nada Laili Zayyani Yumna Universitas Negeri Malang
  • Ardhana Januar Mahardhani Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.773

Kata Kunci:

Kampus Mengajar, Aktualisasi, Sekolah Dasar.

Abstrak

Pada saat Pandemi Covid-19 pembelajaran tidak bisa diterapkan dengan maksimal tetapi menggunakan daring. Seiring berjalannya waktu, sekolah-sekolah sudah menerapkan era kenormalan baru dengan melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itulah yang membuat pemerintah mengadakan kegiatan Kampus Mengajar dimana mahasiswa memberi pengajaran selama masa pandemi terjadi. Pelaksanaan Kampus Mengajar angkatan 3 memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman membantu proses belajar mengajar di sekolah dasar. Tulisan ini akan menguraikan kegiatan dalam Kampus Mengajar angkatan 3 yang dilakukan di SDN 5 Pohijo Ponorogo yaitu dalam tiga aktivitas meliputi belajar mengajar, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Tulisan diuraikan dalam bentuk deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam Kampus Mengajar angkatan 3 ini adalah mahasiswa dapat mengaktualisasikan dirinya dengan maksimal sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing, dapat mentransfer ilmu pengetahuan, serta dapat membantu mempercepat guru dan siswa dalam proses adaptasi teknologi, sehingga dari hal tersebut dapat terjadi kolaborasi yang positif antara mahasiswa, dosen, dan guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di SDN 5 Pohijo Ponorogo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/SJSBS.V7I5.15314

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) Medan.

Arifin, Z. (2017). Perubahan Perkembangan Perilaku Manusia Karena Belajar. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/116

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Fahlevi, F. (2021, February 10). Kemendikbud: Kampus Mengajar Ciptakan Kolaborasi Guru dan Mahasiswa . https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/10/kemendikbud-kampus-mengajar-ciptakan-kolaborasi-guru-dan-mahasiswa

Hanin, F. N., & Mahardhani, A. J. (2022). Pendampingan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SDN 45 Gresik. Ta’awun, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37850/taawun.v2i02.295

Mahardhani, A. J. (2021). Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 5(2), 137–155. https://doi.org/10.25139/JMNEGARA.V5I2.3522

Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90–99. https://doi.org/10.31629/KIPRAH.V9I2.3516

Riza, S. (2022). Konsep Pendidikan Islam Sepanjang Hayat. Tarbiyatul Aulad, 8(1). https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4674

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Uhansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad, 15(27). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v15i27.1595

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-11

Cara Mengutip

Rusmi, R., Cahyani, A. D., Katiyah, K., Yumna, N. L. Z. ., & Mahardhani, A. J. . (2022). PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI SARANA AKTUALISASI DIRI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 172–179. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.773

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.