THE USE OF CONJUNCTIONS IN STUDENTS’ WRITTEN NARRATIVE TEXTS: A CASE OF THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMP PGRI 01 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.888Kata Kunci:
Konjungsi, Teks Naratif, MenulisAbstrak
Dalam menulis teks naratif, siswa harus menggunakan konjungsi untuk membuat koherensi dan kohesi dalam teks. Sebagian besar siswa kurang pengetahuan dalam menggunakan konjungsi untuk menulis teks naratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis konjungsi yang digunakan siswa dalam menulis teks naratif, kesalahan konjungsi yang ditemukan di dalamnya, dan cara guru mengatasi kesalahan tersebut. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah pengetahuan siswa tentang penggunaan konjungsi dalam menulis teks naratif di kelas sembilan SMP PGRI 1 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Data diperoleh melalui observasi, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teori Miles et al dengan teknik analisis data yaitu pemadatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan 161 konjungsi koordinatif, dan 96 konjungsi subordinatif. Ada dua jenis kesalahan konjungsi dalam penulisan teks naratif siswa yaitu omission dan misuse.. Untuk mengatasi kesalahan konjungsi guru memberikan umpan balik terhadap pekerjaan siswa, hal ini mendukung bahwa siswa juga perlu memahami penggunaan konjungsi. Guru perlu memberikan motivasi kepada siswa, sedangkan siswa harus lebih banyak belajar menganalisis ketika mereka menulis teks naratif.
Unduhan
Referensi
Andani, M., & Miliha, L. (2019). The Use of Conjunction in Students’ Writing Recount Text at Second Grade of SMA N 1 Tongkuno. JTE Journal of Teaching English, 4(4).
Ardanellia, A. S., Pasaribu, A. (2019). The Use of Conjunctions in High School Students’ Descriptive Paragraphs. English and Literature Journal, 6(2), 173-185
Geraldine, V. (2011). Error Analysis on The Use of Conjunction in Students’writing Recount Text At Vocational State School 41 Jakarta. Journal of Language and Literature, 6(2), 97-104
Kurniawan, F. (2019). An Error Analysis of Subordinate Conjunction in Recount Text Written by Students at The Second Grade RPL-1 of SMK Wikrama 1 Kab. Semarang (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Melyane, U. D. (2016). Error Analysis of Conjunction Usage in Students’written Recount Text. Retain, 1(1).
Miles, Mathew B., A. M. H. (1994). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publisher.
Nurbaidah, N. (2019). An Error Analysis of Using Conjunction in Writing Narrative Text (A Study at the First Grade Students of MTs YPKS Padangsidimpuan 2018/2019 Academic Year).Jurnal Education and Development, 7(3), 97-97.
Ong J. (2011). Investigating The Use of Cohesive Devices by Chinese EFL Learners. Asian EFL Journal, 13(3), 42–65.
Peter, H. (2016). The Farlex Grammar Book: Complete English Grammar Rules. Ireland: Farlex Inernational.
Seaton & Mew. (2017). Basic English Grammar for English Language Learner. United States: Saddleback Educational Publishing.
Unubi, A. S. (2016). Conjunctions in English: Meaning, Types and Uses. International Journal of Social Science and Humanities Research, 4(3), 202–2013.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten