MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Penulis

  • Tri Sulistyowati Sulistyowati Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.938

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VI SDN Plangkrongan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus terpisah, dan di dalamnya terdapat proses perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Subjek penelitian pada kelas VI berjumlah 20 siswa SDN Plangkrongan. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Project Based Learning dapat membuat kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat. Berdasarkan data pra siklus, siswa berkategori berpikir kreatif tinggi 15%,  cukup 25% dan rendah 60%. Pada siklus I,  yang berkategori berpikir kreatif tinggi sebesar 65%, cukup 35%, dan rendah 20%. Pada siklus II, siswa yang berada pada kategori berpikir kreatif tinggi sebesar 80%, cukup 20% dan rendah 0%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus melalui pembelajaran project based learning (PjBL).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, M.,& Handayani, T. (2020).PenerapanProblem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan HigherOrder ThinkingSkills (HOTS) Ditinjau dari HasilBelajar Mahasiswa pada MataKuliah Materi IPA MI. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(1), 88–106. https://doi.org/10.19109/jip.v6i1.4330

Erisa, H. (2021). Model ProjectBased Learning untukMeningkatkanKemampuan Berpikir Kreatif dan HasilBelajar Siswa. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 44. Retrieved from https://ahlimediapress.com/index.php?route=product/product&product_id=232

Gunawan, B., Realmasira, S., & Hardini, A. (2018). PenerapanModel PembelajaranProject BasedLearning untukMeningkatkan Hasil BElajar IPA dan Kemampuan BErpikir Kreatif Siswa Kelas V SD. JTIEE, 6(1), 1–8. Retrieved from http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Hariati, R. (2013). Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1), 12–26.

Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V Mi Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804–822.

Isti, S. N. D. (2013). Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jpgsd, 1(2), 1–14.

Mokambu, F. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” (November), 56–62.

Monika, K. A., Suastika, I. N., & Sanjaya, B. D. (2023). Penerapan Projrct Based Learning Berbasi Kearifan Loka; Tri HIta Karana Meningkatkan Sikap Gotong RoyongP. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 7–15.

Nadiyah, I. M., Jannah, S. H., Difiani, A. P., & Fauzi, I. (2022). Implementasi Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas V Mi / Sd. Dharmas Education Journal, 3(2), 220–227.

Nita, surya R. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 1–13.

Sulastri, E., Supeno, S., & Sulistyowati, L. (2022). Implementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5883–5890. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3400

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Widiastuti, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2018). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1430–1440.

Wulandari, N., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 19. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.947

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Sulistyowati, T. S. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 282–288. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.938

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.