UPAYA MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL DALAM PEMBELAJARAN PPKN DENGAN MODEL RADEC PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.939Kata Kunci:
RADEC, PPKn, kemampuan berpikir kritisAbstrak
Critical thinking skill yang dimiliki oleh peserta didik kelas V di SDN Kalisari 01 Pagi masih tergolong rendah, berdasarkan observasi ditemukan permasalahan terkait rendahnya critical thinking skill peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Setelah diberikan pretest sesuai indikator critical thinking, hanya terdapat 3 peserta didik yang tuntas. Apabila kondisi ini dibiarkan, tujuan dari pembelajaran PPKn tidak akan tercapai dan peserta didik pada abad ke-21 ini tidak mampu bersaing, karena tidak memiliki kecakapan yang mumpuni. Oleh karena itu, peneliti mengemukakan solusi dengan penerapan model pembelajaran RADEC yang bertujuan untuk critical thinking skill khususnya pada mata pelajaran PPKn. Dalam penelitian ini memakai metode penelitian tindakan kelas dari model Kemmis & McTaggart, melalui berbagai tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik pada kelas V, dengan teknik pengumpulan data seperti adanya dilakukan wawancara, dilakukan dokumentasi, pengamatan, serta tes akhir. Lalu, teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif untuk menelaah hasil dari tes evaluasi dan analisis kualitatif akan menggambarkan proses penelitian menggunakan hasil observasi. Pada saat siklus I terdapat peningkatan dengan persentase 37% peserta didik yang tuntas dengan rata-rata 62,5. Penelitian ini dilanjutkan hingga siklus II dan memperoleh rata-rata nilai 75,8 dengan 63% peserta didik memiliki nilai tuntas.
Unduhan
Referensi
Alwiyah. (2020). Universitas Wiraraja. Universitas Wiraraja, 5(2). http://setnas-asean.id/site/uploads/document/journals/file/59b0f4b6b8306-20-cluster-ekonomi-univ-sumenep.pdf
Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/960
Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457
Dari, D., & Belajar, P. (2020). No Title. 1(2), 127–134.
Hanum, F. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lanjut Tingkat Nasional Bagi Guru Pamong Belajar, 9-10 Agustus 2008, 1–12. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/diklat PTK 2008.pdf. Diakses 02 April 2016
Kurnia agriyana, R., & Sopandi, W. (2022). Implementasi Pembelajaran Read-Answer-Discuss- Explain-and Create (Radec) Dan Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Ekosistem Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 30.
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Rahmawati, I. (2022). The Impact of the RADEC Learning Model Oriented ESD on Students’ Sustainability Consciousness in Elementary School. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.11
Liesa-Orús, M., Latorre-Cosculluela, C., Vázquez-Toledo, S., & Sierra-Sánchez, V. (2020). The technological challenge facing higher education professors: Perceptions of ICT tools for developing 21st Century skills. Sustainability (Switzerland), 12(13). https://doi.org/10.3390/su12135339
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 34–46. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10082
Nurseptiani, K., & Maryani, N. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia dengan Membandingkan Model Pembelajaran RADEC dan Model Pembelajaran Konvensional (Penelitian Eksperimen di SD Negeri Sukamaju Tahun Pelajaran 2019 / 2020). Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 13–19.
Ortega-Sánchez, D., Alonso-Centeno, A., & Corbí, M. (2020). Socio-environmental problematic, end-purposes, and strategies relating to education for sustainable development (ESD) through the perspectives of Spanish secondary education trainee teachers. Sustainability (Switzerland), 12(14). https://doi.org/10.3390/su12145551
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Rahman, Fa. P. A. (2016). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 25–30. https://www.researchgate.net/profile/Rully_Prahmana/publication/304022469_PENINGKATAN_KEMAMPUAN_PENALARAN_MATEMATIS_SISWA_MENGGUNAKAN_PENDEKATAN_PENDIDIKAN_MATEMATIKA_REALISTIK/links/5763a4e508ae192f513e458e.pdf
Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89–100. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186
Satria, E., & Sopandi, W. (2019). Applying RADEC model in science learning to promoting students’ critical thinking in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032102
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2020). The influence of read, answer, disscuss, explain, and create (RADEC) learning model on the concept mastery of elementary school students on the water cycle topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042113
Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (S. Wahyudi, Y. Setyorini, & I. Basuki (eds.); Keempat). Bayumedia Publishing. https://books.google.co.id/books?id=TApZEAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=aWoyRJ6QTB&dq=Penelitian Tindakan Kelas&lr&hl=id&pg=PA12#v=onepage&q=Penelitian Tindakan Kelas&f=false
Wijayanti, I. D., Badarudin, ., & Hawanti, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 102–107. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2080
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten