IDENTIFIKASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Penulis

  • Ni Putu Juni Artini Fakultas Pendidikan, Universitas Triatma Mulya, Bali, Indonesia
  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Fakultas Dharma Acarya, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.951

Kata Kunci:

Keterampilan Generik Sains, Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstrak

Keterampilan generic sains penting dikuasai agar siswa memiliki penguasaan akan konsep IPA, sikap ilmiah dan keterampilan proses sains yang baik. Di era Kurikulum Merdeka ini, pembelajaran termasuk IPA diarahkan untuk menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan generik sains yang terdapat pada model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian studi kepustakaan. Sumber data dari penelitian ini berasal dari buku, makalah dan pustaka lainnya yang berhubungan dengan keterampilan generik sains dan model pembelajaran berbasis proyek. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan berbagai keterampilan generik sains yaitu pengamatan langsung, pengamatan tidak langsung, kerangka logika, inferensi logika, pemodelan matematis dan hubungan sebab akibat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brotosuwiryo. (2000). Hakekat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Darmayanti, N. W. S., Artini, N. P. J., Juniartina, P. P., Wahyuni, N. N. T., Wijaya, I. K. W. B., Setiawati, G. A. D., … Januariawan, I. W. (2022). Strategi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD). Banyumas: Penerbit Pena Persada.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226.

Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah. (2019). Modul Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berorientasi HOTS. Jakarta: SEAMEO QTEP in Language.

Kamsah, M. . (2004). Developing Generic Skills in Classroom Environment: Engineering Students’ Perspective. In Conference On Engineering Education ., 14–15.

Larmer, J. (2015). Setting the standard for project based learning: A proven approach to rigorous classroom instruction. USA: Buck Institute for Education.

Mujiburrahman, Suhardi, M., & Hadijah, S. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di Era Kurikulum Merdeka. Communiti, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–99. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Nadiyah, M. I., Jannah, S. H., Difiani, P. A., & Fauzi, I. (2022). The Impementasi Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V Mi/SD. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 3(2), 220–227. https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.778

Nurhayati, A. S., & Harianti, D. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning. Retrieved from https://sibatik.kemdikbud.go.id/

Rosidah, T., Astuti, A. P., & Wulandari, V. A. (2017). Eksplorasi Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 1301–1337. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.130-137

Sandy, S. F. (2019). Analisis Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sudianah, S., Makhrus, M., & Taufik, M. (2021). Keterampilan Generik Sains Melalui Model Pembelajaran Perubahan Konseptual pada Materi Alat-Alat Optik Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 16(1), 18–23. https://doi.org/. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.1394

Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416

Syugiyanto, A. (2021). Analisis Kemampuan Keterampilan Generik Sains Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP Uhamka. Academia : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(2), 247–252. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/academia.v1i2.742

The George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional Module Project Based Learning. Online. Tersedia: http://www.edutopia.org/modules/pbl/ project-basedlearning/whatpbl.php.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yamin. (2022). Modul Pembekalan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Bagi Mahasiswa Asistensi Mengajar Program Studi Pendidikan IPA Universitas Trunojoyo Madura. Madura: Universitas Trunojoyo.

Yohana, I., Sudarmin, Wardani, S., & Mohyaddin, S. N. B. (2018). The Generic Science Skill Profile of Fourth Grade Students on Acid And Base Topic in Guided Inquiry Learning Model. International Journal of Active Learning, 3(2), 110–116.

.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Juni Artini, N. P. ., & Budi Wijaya, I. K. W. . (2024). IDENTIFIKASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 186–193. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.951

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.