IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MOODLE PADA MATAKULIAH EKONOMI REGIONAL
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.990Kata Kunci:
Discovery Learning, Moodle, E learningAbstrak
Permasalahan dari penelitian ini dalam pembelajaran dosen kurang tepat dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga mahasiswa kurang aktif dan hasil belajar atau nilai mahasiswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran menggunakan metode discovery learning berbantu moodle, mengetahui kelebihan dan kelemahan pembelajaran moodle. Desain penelitiannya menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Tk3. Teknik pengumpulan data observasi dan interview. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini pembelajaran menggunakan metode discovery learning berbantu moodle dapat membantu pembelajaran e-learning pada mahasiswa dan sangat efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Dalam pembelajaran menggunakan moodle dosen memberikan penjelasan kepada mahasiswa melalui power point dan youtube yang diupolad dengan tujuan mahasiswa dapat memahami materi kapan saja dan mahasiswa dapat berdiskusi dengan temannya. Kelebihan melakukan pembelajaran Moodle adalah pembelajarannya lebih mudah, lebih santai, materi yang diberikan dosen lebih ringkas dan mahasiswa lebih mudah dalam mengakses materi pelajaran, dalam mengerjakan tugas waktunya cukup lama. Kekurangan dari Moodle yaitu proses pembelajaran kurang efektif, terdapat mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi karena tidak mendapatkan penjelasan langsung dari dosen, dan jaringan internet kurang mendukung
Unduhan
Referensi
Amelia, P., Nita, D., & Vara, N. (2020). Implementasi Model Guided Discovery Learning Berbantuan Moodle Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang, 2(1),1-6. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/949/804.
Badruttamam, I., & Neng, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 74-80. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i1.1464.
Dhika, H., & Dkk. (2020). Implementasi Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) 2, 228-234. https://tunasbangsa.ac.id/seminar/index.php/senaris/article/view/166
Dwihartanti, M., & Dkk. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Di Fakultas Ekonomi UNY. Jurnal Efisiensi- Kajian Ilmu Administrasi, xv(2), 51-63. https://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/view/24494
Handayanto, A., Supandi, R., & Ariyanto, L. (2015). Pembelajaran E-Learning Menggunakan Moodle Pada Matakuliah Metode Numerik. Jurnal Infomatika UPGRIS, 1, 42-48. https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/808
Hanum, S. (2015). Pemanfaatan E-Learning Berbasis LCMS Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), 86-99. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/429
Kukuh, S. (2005). Membangun E-Learning dengan MOODLE. Andi.
Maimi,S.(2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VI. De_Journal: Dharmas Education Journal, 3(2), 238-247. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Setyaningsih, N. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Discovery Learning Melalui Learning Management System Berbasis Moodle. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 4(1), 100-108. https://jurnal.uns.ac.id/habitus/article/view/45759
Sugiharyanti, E. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 438-444. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/539
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian; Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Widayati, U., & Witasari, N. (2023). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Sejarah Pada Kelas X SMK Negeri 3 Magelang. IJHE: Indonesian Journal of History Educatio, 8(1). https://journal.unnes.ac.id/ Indonesian Journal of History Education
Widianingrum, & Jayanti, P. (2021). Pengembangan Kemampuan Pemahaman Matematik Menggunakan Moodle Dengan Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), 67-74. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm
Yoga, P., & Putu, G. (2022). Rancangan dan Implementasi Sistem E-Learning Berbasis Web. JP2, 3(3), 367-374. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/29050
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten