Hubungan Kualitas Pelayanan “Keandalan” dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di IRNA Ambun Pagi RSUP. Dr. M. Djamil Padang

Authors

  • RIDA SURIANI UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.56667/jikdi.v3i1.821

Keywords:

keandalan, kepuasan pasien, pelayanan keperawatan

Abstract

IRNA Ambun Pagi merupakan salah satu Instalasi Rawat Inap yang ada di RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Instalasi ini memberikan pelayanan lebih jika dibandingkan dengan instalasi lain yang ada. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien. Kepuasan pelayanan jasa kesehatan tercapai jika apa yang didapatkan pasien melebihi harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan; keandalan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan. Desain penelitian ini adalah cross sectional study. Populasi adalah seluruh pasien dewasa yang dirawat di IRNA Ambun Pagi. Besar sampel 73 orang dengan teknik random blok dan pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang diberikan kepada responden setelah mendapat persetujuan dari responden.. Data dianalisis univariat dengan menggunakan distribusi frekuensi dan bivariat dengan chi-square. Hasil uji statistik didapatkan nilai P – Value sebesar 0,001, hasil uji statistik tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan; keandalan dengan kepuasan pasien. Karena nilai hitung P< Alpha  0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan; keandalan mempunyai hubungan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di IRNA Ambun Pagi RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Disarankan kepada pihak manajemen IRNA Ambun Pagi melalui pimpinan rumah sakit untuk dapat meningkatkan pelayanannya dengan lebih meningkatkan keandalan perawat antara lain kemampuan perawat menangani masalah perawatan pasien dengan tepat dan profesional, kemampuan memberikan informasi tentang fasilitas yang tersedia, hal-hal yang harus dipatuhi ataupun yang dilarang dalam perawatan pasien.

Abstract viewed = 300 times

References

Abdullah. (2012). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Erlangga.

Depkes RI. (2005). Indikator Kinerja Rumah Sakit. Depkes RI.

Hermanto, D, R. (2010). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan. Universitas Diponegoro.

Indriaty. (2010). Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien. Studi Pada Puskesmas Gunungpati Semarang.

Junaidi. (2002). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 17(1), 91–102.

Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran : analogi perencanaan implementasi dari kasus (XII). PT. Indeks.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (XIII). Erlangga.

Lupiyoadi. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Salemba Empat.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan; Aplikasi dan Praktek Keperawatan Profesional (3rd ed.). Salemba Medika.

Pohan, S, I. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan; Pengertian dan Penerapan. EGC.

Sabarguna, B, S. (2004). Sistim Informasi Manajemen Rumah Sakit (Revisi). Konsorsium RSI.

Suryawati, C., Dharminto, Shaluhiyah, Z. (2006). Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Provinsi Jawa Tengah. JPMK.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi.

Tjiptono, F. (2012). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Andi.

Widagno. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepausan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Published

2023-06-30

How to Cite

SURIANI, R. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan “Keandalan” dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di IRNA Ambun Pagi RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Jurnal Ilmu Kesehatan Dharmas Indonesia, 3(1), 13–18. https://doi.org/10.56667/jikdi.v3i1.821